Salah satu masalah banyak pendaki saat naik gunung adalah ketika ingin buang air, lebih-lebih bagi pendaki wanita.

Namun masalah buang air tadi akan hilang jika kamu sedang melakukan pendakian ke Gunung Papandayan, kenapa ?

Ini karena Gunung Papandayan memiliki fasilitas toilet, boleh jadi gunung Papandayan adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki fasilitas toilet diatas gunung yang paling bersih dan terawat layaknya toilet atau kamar mandi yang ada di rumah.

Menurut Yunus salah seorang relawan dan penjaga di camping ground  Pondok Salada, toilet dan sumber air dibangun berawal dari ide seorang pendaki asal Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan panggilan Pak Aris pada tahun 2014. Ia menceritakan, warga di sekitar Gunung Papandayan ditawari untuk membangun toilet di Pondok Salada.

(Toilet Papandayan/kompas.com)
(Toilet Papandayan/kompas.com) 

"Dulu, dia suka bawa tamu untuk mendaki Gunung Papandayan, tetapi kok ngerasa kesulitan kalau mau buang hajat. Nah, dia izin ke BKSDA, dan sempat nawarin uang atau bahan toilet. Kami ambil bahannya aja," cerita laki-laki asal Desa Kramat Wangi itu.

Di Pondok Salada terdapat tiga toilet bercat biru berbentuk tabung yang berdekatan dengan Mushalla. Di bagian atas toilet itu tertulis "abalaba sauyunan ngarumat" yang berarti "kelompok pekerja dan saling menjaga bersama".

Toilet di Gunung Papndaya/tumblr.com
Toilet di Gunung Papandayan/tumblr.com

Kondisi toilet yang ada di Pondok Salada ini tentu mengejutkan para pendaki yang mengaku baru pertama kali melihat adanya fasilitas yang tergolong mewah di atas gunung.

“Awalnya saya pikir susah untuk buang air atau bersih-bersih saat naik gunung, tapi pas melihat ada toilet disini saya kaget dengan kondisinya yang bersih dan sangat terawat, kita seperti ada di penginapan,” tutur salah satu pendaki bernama Riska.

Pendaki lain berpendapat, bahwa fasilitas toilet di Gunung Papandayan merupakan fasilitas yang patut dicontoh di gunung lain. “Bertahun-tahun saya naik gunung, baru pertama liat fasilitas bagus begini, ini patut dicontoh di gunung-gunung lain”.


Sumber : portalindonesianews.com, travel.kompas.com 
Gambar utama : asliindonesia.net

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP