Kekayaan alam budaya Indonesia selalu memiliki cerita menarik. Cerita terbaru terungkap belum lama ini setelah Putri Astrid dari Belgia, putri dari Raja Philippe dan sejumlah delegasi Menteri Belgia yang tergabung dalam Misi Ekonomi Belgia di Indonesia mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/3/2016). Bahwa ternyata terdapat sejarah keluarga kerajaan Belgia di Kebun Raya kebanggan bangsa Indonesia tersebut.
 
Putri Astrid menelusuri jejak nenek moyangnya dan menyempatkan waktu mengunjungi Jalan Astrid di kawasan Kebun Raya Bogor. Jalan tersebut diberi nama sesuai mendiang neneknya.
 
Pemberian nama tersebut didasarkan pada momen di tahun 1928, pada saat itu Pangeran Leopold III dan Ratu Astrid mengunjungi Kebun Raya Bogor. Untuk menghormati kunjungan mereka, Pemerintah Hindia Belanda saat itu memberikan menanami sebuah jalan di Kebun Raya Bogor dengan bunga tasbih. Bunga ini dipilih karena mempunyai kelopak dan daun berwarna hitam, kuning, dan merah sesuai dengan warna bendera nasional Belgia.
 
Putri Astrid saat berada di Penunjuk Jalan Astrid (Foto: Sonya Michaella / Metrotvnews.com)
 
 
"Hubungan emosional antara Kebun Raya Bogor dengan Kerajaan Belgia telah ada sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak kunjungan Ratu Astrid dan Raja Leopold III untuk berbulan madu," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati, seperti dikutip dari Kompas.com
 
Jalan Astrid sendiri juga akan mendekati usia 100 tahun, sehingga Enny menawarkan pembangunan hubungan yang lebih kuat melalui kolaborasi konkret dalam hal riset, perkebunrayaan, konservasi dan hortikultur, serta program pertukaran staf untuk transfer knowledge.
 
"Bunga-bunga tetap dirawat, nama jalannya pun tetap diabadikan hingga kini dan nanti sebagai bagian dari heritage dan sejarah Kebun Raya Bogor dan hubungan baik antara Indonesia dengan Kerajaan Belgia," kata Enny.
 
Kunjungan Putri Astrid bersama dengan delegasi bisnis Belgia ke Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan bisnis antar kedua negara.
 
Selama kunjungannya ke Indonesia, selain ke Bogor, Putri Astrid juga melakukan serangkaian agenda di Jakarta dan Bandung.

Sumber : Kompas.com
Sumber Gambar : Royalcorrespondent.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Teliti Ragi dan Padi, Dua Perangkat Eksperimen Siswa Indonesia Terbang ke Antariksa
Teliti Ragi dan Padi, Dua Perangkat Eksperimen Siswa Indonesia Terbang ke Antariksa
Kemarin (23/03) dua perangkat eksperimen siswa Indonesia diluncurkan ke antariksa dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat dengan Cygnus Cargo Freighter di atas roket Atlas
Tim Hoki Es Indonesia Ukir Prestasi di Singapura
Tim Hoki Es Indonesia Ukir Prestasi di Singapura
Cabang olah raga hoki es memang belum terlalu populer di Indonesia. Namun, cabang ini terus berkembang bahkan telah menorehkan segudang prestasi di ajang internasional.
HOLA, Ajak Anak Jadi Duta Bangsa Indonesia di Amerika
HOLA, Ajak Anak Jadi Duta Bangsa Indonesia di Amerika
Sekelompok anak – anak usia sekolah dasar ramai mengunjungi sebuah rumah di jalan Dickinson, wilayah selatan kota Philadelphia. Rumah yang diberi nama “House of
Berkat Cantik Itu Luka, Tasikmalaya Mendunia
Berkat Cantik Itu Luka, Tasikmalaya Mendunia
Novel karya Indonesia mendapatkan penghargaan tingkat dunia, sebuah novel berjudul Cantik itu Luka karya dari Eka Kurniawan. Karya yang disebut berkesan tersebut memenangkan penghargaan
Aku Sangat Muda, Aku Sulut "Bandung Lautan Api" di Tanah Sunda
Aku Sangat Muda, Aku Sulut "Bandung Lautan Api" di Tanah Sunda
Sepuluh tahun yang lalu dia terbaringTetapi bukan tidur, sayangSebuah lubang peluru bundar di dadanyaSenyum bekunya mau berkata, kita sedang perang Dia tidak ingat bilamana dia
Karya Pujangga-pujangga Indonesia, dalam Format Digital
Karya Pujangga-pujangga Indonesia, dalam Format Digital
Indonesia kaya akan karya sastra pujangga-pujangga di masa lalu. Mereka lah yang, seolah, memberikan gambaran kepada kita akan kehidupan sehari-sehari pendahulu-pendahulu kita di masanya.