Larantuka atau The City of Reinha Rosary terletak di Kabuparen Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Daerah ini termasuk salah satu daerah tujuan wisata di NTT yang cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Kawaliwu dan menikmati keindahan saat matahari terbenam.

Selain keindahan pantainya, kota ini sering pula menjadi tujuan wisata rohani bagi kaum nasrani. Ada pula Gereja Katedral Reinha Rosari dengan arsitekturnya yang indah memukau banyak pengagumnya.

Di ujung jalan kota Larantuka, juga terdapat taman dengan patung Bunda Maria, atau patung Reinha Rosary. Tiap tahunnya, di kota ini diadakan tradisi Semana Santa, perayaan Pekan Suci bagi umat Katolik. 

Hal inlah yang membuat kota Larantuka memiliki daya tarik yang kuat, hal itu terbukti menjadikan Larantuka menjadi "Sister City" dengan Lisabon.

Gagasan kerja sama kota kembar ini lahir saat dirinya menghadiri undangan makan malam dari Kedutaan Besar Portugal di Jakarta, setelah Dubes Portugal menghadiri Prosesi Jumat Agung di Larantuka pada beberapa tahun lalu.

Saat itu, Dubes Portugal berjanji akan membantu mendorong realisasi kerja sama antara Pemerintah Portugal dan Pemerintah Kabupaten Flores Timur menjadikan Larantuka sebagai “sister city” atau Kota Kembar dengan Lisabon.


Peresmian Larantuka sebagai kota kembar dengan Lisabon ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pemerintah Portugal yang diwakili Wali Kota Ourem Paulo Fonseca dan Bupati Flores Timur, Yoseph Lagadoni Herin di Jakarta.

Yoseph Lagadoni Herin dan Ourem Paulo Fonseca 

“Penandatanganan kesepakatan kerja sama untuk menjadikan Larantuka Ibu kota Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari 20 Kelurahan ini sebagai ’sister city’ dengan Lisabon.” 

Yoseph Lagadoni Herin mengatakan, penandatanganan kesepakatan kerja sama kota kembar itu dilakukan di museum nasional Jakarta dan disaksikan langsung oleh Presiden Portugal Anibal Antonio Cavaco Silva.

Pada acara penandatanganan kerja sama itu, Duta Besar Portugal untuk Indonesia Manuel Carlos Leitao Frota juga berjanji akan mempromosikan perayaan suci “Semana Santa” dan Prosesi Jumat Agung atau “Sesta Vera” di Larantuka, Flores Timur.

Larantuka akan dipromokan di Lourdes,Prancis. Promosi ke Lourdes ini karena pertimbangan, setiap tahunnya sekitar lima sampai enam juta orang peziarah mengunjungi Lourdes, sebuah kota di kaki gunung berhutan di pegunungan Pyrenees, Prancis.

Lourdes adalah sebuah kota di kaki gunung berhutan di pegunungan Pyrenees, Prancis. Kota ini menjadi sangat terkenal setelah peristiwa imani seorang gadis desa yang miskin berusia 14 tahun (peristiwa penampakan terhadap gadis bernama Bernadette Soubirous).

Saat ini, Lourdes merupakan salah satu pusat ziarah umat Katolik yang besar. Setiap tahun ada sekitar lima sampai enam juta peziarah yang berkunjung ke sana yang datang dari berbagai negara dan bangsa.

Dan lebih dari setengahnya berasal dari luar Prancis. Dari Benua Eropa, Asia, termasuk didalamnya Indonesia, Afrika, Amerika dan Australia.

“Kalau dari lima sampai enam juta peziarah, kita bisa menggaet satu atau dua persen saja untuk datang ke Flores Timur, mengikuti proses Jumat Agung, luar biasa apa yang akan Larantuka dapatkan.”

Sumber : Berbagai Sumber

Sumber Gambar : portal.Kemlu.go.id
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Unik! Garam di tempat ini bukan dari laut
Unik! Garam di tempat ini bukan dari laut
Peribahasa garam di laut dan asam di gunung ternyata tidak selamanya benar. Di Desa Long Midang, Kalimantan Timur, garam justru dihasilkan di atas gunung. Ada hal tak biasa yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Garam yang biasanya berasal dari laut, bisa Anda temukan di gunung Kaltim, tepatnya
Industri Alutsista Indonesia, Amunisi Pertahanan Nasional
VIDEO 9 hours ago
Family Help Family, Program Merentaskan Kesenjangan Sosial dari Bandung
Family Help Family, Program Merentaskan Kesenjangan Sosial dari Bandung
Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Bandung akan meluncurkan sebuah program baru bernama “Family Help Family”, yaitu sebuah program sosial dimana Pemkot Bandung akan memfasilitasi keluarga kurang mampu untuk dipertemukan dengan keluarga asuh.
Tulehu, Negeri Samba di Tanah Maluku
Tulehu, Negeri Samba di Tanah Maluku
Siapa yang tak mengenal Lionel Messi, Neymar, hingga Cristiano Ronaldo. Legenda-legenda baru dari tanah Eropa dan Amerika ini memang telah mempesona banyak orang dengan sihir permainannya yang memukau. Tapi siapa sangka, di sebuah kampung di Maluku terdapat sebuah kampung bernama Negeri Tulehu, yang dikenal sebagai Negeri Samba dari tanah Maluku. Di negeri Tulehu talenta-talenta pesepakbola tangguh tanah air lahir disini.
Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
Sebagai negeri dengan latar belakang budaya dan kesenian yang sangat kaya dan beragam, Indonesia melahirkan para perancang-perancang busana dengan karya yang luar biasa. Seni dan budaya bangsanya menginspirasi karya karya mereka yang diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya:Harry HalimCiri dari karya Harry Halim adalah perpaduan keindahan yang elegan dan berani. Salah satu
Menengok Tiga Desa Terbersih di Dunia
Menengok Tiga Desa Terbersih di Dunia
Seringkali kita lihat, desa-desa di Indonesia adalah sebuah 'laboratorium' sosial yang begitu kompleks dan menawan, menawarkan berbagai hal untuk kita pelajari. Tata sosial mereka, cara mereka terus menjaga hubungan kekerabatan antar anggota warga pedesaan, hingga kearifan lokal mereka dalam menjadi lingkungan hingga asri dan nyaman. Di desa saya dulu di