Seringkali kita lihat, desa-desa di Indonesia adalah sebuah 'laboratorium' sosial yang begitu kompleks dan menawan, menawarkan berbagai hal untuk kita pelajari. Tata sosial mereka, cara mereka terus menjaga hubungan kekerabatan antar anggota warga pedesaan, hingga kearifan lokal mereka dalam menjadi lingkungan hingga asri dan nyaman. Di desa saya dulu di Sleman, Yogyakarta, ada larangan menebang pohon besar, karena pohon-pohon inilah yang 'meneduhi hati' para warga dan leluhur. Di tempat lain saya temukan ada tradisi di sebuah desa yang mengharuskan setiap rumah menanam pohon pisang dan menanam tanaman-tanaman asli yang tumbuh di hutan dekat desa, untuk melestarikan tanaman tersebut, sekaligus mengenalkannya ke anak cucu. Sungguh, kearifan lokal yang harus contoh. 

 Berikut akan diulas tiga desa yang tercatat paling bersih di dunia sebagaimana ditulis oleh jurnalis Rizka Diputra. 

Desa Giethoorn

Desa yang terletak di Overijssel, Belanda ini dikenal sangat asri lantaran bebas asap kendaraan bermotor. Ya, hal itu sangat beralasan karena tidak ada jalan raya di desa ini. Hanya ada kanal-kanal dan jalan setapak yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Akses utama transportasi di desa ini yakni sebuah kanal sepanjang empat kilometer.

 

Desa Giethoorn (foto: amusingplanet.com)

Saking asri dengan pepohonan rindangnya, desa berpenduduk 2.620 orang itu mendapat julukan ‘Venesia dari Belanda’. Tak pelak desa ini menjadi salah satu objek wisata terpopuler di negeri kincir angin itu.

Desa Mawlynnong

Desa Mawlynnong Meghalaya yang terletak di India ini juga mendapat predikat desa paling bersih di dunia. Sebab, desa ini banyak ditumbuhi tanaman dan bunga-bunga cantik di sekitarnya. Tak ada tumpukan ataupun sampah yang bertebaran di jalan-jalan di desa itu.

 

Desa Mawlynnong (foto: padhaaro.com)

Di setiap sudut jalan disediakan tempat sampah yang terbuat dari bambu. Di sejumlah ruas jalan di desa itu juga dipasangi papan peringatan berukuran besar yang melarang masyarakat membuang sampah sembarangan. Selain memang peduli lingkungan, warga dan para relawan sangat rajin menyapu jalanan secara rutin hingga desa berpenduduk 500 jiwa itu senantiasa bersih.

Ternyata, budaya hidup bersih sudah diterapkan sejak 130 tahun silam di desa tersebut ketika wabah kolera melanda. Seorang pendeta mengatakan pada nenek moyang para warga bahwa menjaga kebersihan badan, makanan, rumah, dan lingkungan bisa melindungi diri mereka dari kolera. Sejak itulah mereka benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Barulah pada tahun 2003 larangan tersebut dihapus.

Desa Penglipuran

Di Indonesia juga ada desa yang dikenal bersih dan asri. Desa itu bernama Desa Penglipuran yang terletak di Bali. Desa kecil ini terkenal bersih dan asri dengan kehidupan tradisionalnya yang tetap lestari.

Desa Penglipuran (foto: vilondo.com)

Ratusan rumah bergaya tradisional di desa itu nampak berderet rapi di jalanan menanjak. Track jalan terbuat dari batu alam dan dikelilingi bunga warna-warni. Hebatnya, mobil dan sepeda motor dilarang masuk ke area desa sehingga lingkungannya bebas polusi.

Sumber: news.okezone.com 

gambar utama : gpswisataindonesia.blogspot.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Kangen pada "Apel Jawa", yang Ternyata... bukan Buah Apel
Kangen pada "Apel Jawa", yang Ternyata... bukan Buah Apel
Tiba-tiba ingat Jogja. Ingat kampung halaman tempat saya lahir dan dibesarkan. Tiba-tiba ingat buah Mundu. Buah ini tumbuh di halaman belakag rumah, hanya ada
Hanya di Kediri, Minum Es Pake Sumpit
Hanya di Kediri, Minum Es Pake Sumpit
Makanan mie jelas sudah tidak asing, dan bahkan menjadi makanan favorit bagi beberapa orang. Namun bagaimana dengan es mie asal Kediri? Bagaimana rasanya mie
Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja
Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja
Jika sempat berkunjung ke Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir ke Pusat Oleh-oleh dan Kuliner Belut Godean. Ada banyak jajanan dengan bahan dasar belut di tempat
Siswa SMA Teliti Tempe Untuk Jadi Makanan Luar Angkasa
Siswa SMA Teliti Tempe Untuk Jadi Makanan Luar Angkasa
Angkasa luar memang wilayah yang sangat asing bagi manusia. Itu akibatnya untuk mampu bertahan hidup di atas sana  akan sangat sulit, utamanya dalam hal
7 Perusahaan Indonesia di Daftar 2000 Perusahaan Terbesar Dunia
7 Perusahaan Indonesia di Daftar 2000 Perusahaan Terbesar Dunia
Setiap tahun, Forbes merilis  daftar berupa Global 2000, yang berisikan daftar 2000 perusahaan-perusahaan besar dunia, dinilai dari aset, omzet, laba, market value, dan kapitalisasi pasar.
Pulo Cinta berbentuk hati di Indonesia
Pulo Cinta berbentuk hati di Indonesia
Pulau diatas pasir berbentuk Hati itu terdapat di Gorontalo, kabupaten boalemo. Pulau yang unik itu terlihat berbentuk hati jika dilihat dari atas (google map)/satelitPulo ini