Sebagai negeri dengan latar belakang budaya dan kesenian yang sangat kaya dan beragam, Indonesia melahirkan para perancang-perancang busana dengan karya yang luar biasa. 
Seni dan budaya bangsanya menginspirasi karya karya mereka yang diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya:

Harry Halim


Ciri dari karya Harry Halim adalah perpaduan keindahan yang elegan dan berani. Salah satu koleksinya bernama "Vena" yang terinspirasi dari urat-urat nadi manusia dituangkannya dalam balutan busana yang didominasi warna merah dan hitam.

Dian Pelangi



Fashion Designer yang berfokus pada busana muslim (hijab/ jilbab / kaftan) dengan sentuhan modern pernah masuk dalam 500 orang paling berpengaruh di dunia fashion versi Business of Fashion magazine. Dian bahkan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. 

Farah Angsana 



Farah Angsana adalah perancang busana asal Indonesia yang pertama kali mementaskan karya-karyanya di Haute Coutre Fashion Week(Pekan Adibusana) berbagai pusat mode dunia.

Tex Saverio


Karyanya tak hanya mengharumkan industri mode Indonesia, tapi juga membanggakan saat namanya dikaitkan dengan nama-nama selebriti internasional yang pernah mengenakan rancangannya. Sebut saja Lady Gaga (di majalah Harper’s Bazaar), lalu Kim Kardashian (di majalah Elle), selanjutnya Jennifer Lawrence di film layar lebar The Hunger Games: Catching Fire berupa gaun putih dengan perhiasan kristal Swarovski dan korset organza yang memukau dan Ayumi Hamasaki dalam video klip musiknya yang terbaru.

Yosep Sinudarsono



Dua gaunnya menjadi pilihan dua selebriti Malin Akerman dan Terri Seymourpada panggung Golden Globe Awards 2015.

Peggy Hartanto


 
Ia pernah menyabet juara pertama kategori anyaman di Penghargaan Fesyen Wol Australia dan pernah dianugerahi 'Asian New Generation Fashion Designer Award' oleh sebuah majalah mode di Indonesia pada tahun 2013.
 
Arantxa Adi


 
Arantxa Adi yang menjadi satu-satunya perancang yang ikut mendesain jins merek internasional, Citizens of Humanity.
 
 
Ardistia Dwiasri