Sebagai negara yang terpilih menjadi Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) untuk periode 2015-2017 Indonesia berkomitmen melihat Samudera Hindia sebagai masa depan dunia.

Saat ini IORA beranggotakan 20 negara dari 4 kawasan yakni kawasan Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Bangladesh, India dan Srilangka. Kawasan Timur Tengah terdiri dari Iran, Oman, Uni Emirat Arab dan Yaman.

Kawasan Afrika terdiri dari Komoro, Madagaskar, Mauritius, Afrika Selatan, Tanzania, Seychelles, Kenya dan Mozambik. Selain itu ada pula Australia yang menjadi anggota IORA.

IORA memiliki tiga pilar kerja sama yang salah satunya terkait ilmu pengetahuan yakni Indian Ocean Rim Academic Group (IORAG) dimana Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ditetapkan menjadi focal point IORAG Indonesia.

Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI yang juga bagian Focal Point IORAG Indonesia Adriana Elisabeth mengatakan selama menjadi ketua, Indonesia diharapkan membuat legacy dan mewujudkan visi dan misi pemerintah sebagai poros maritim dunia.

"Kawasan Samudera Hindia merupakan kawasan masa depan. Semua kerja sama yang dibangun bagaimana saling mendukung kerja sama perdagangan dan investasi," katanya di Puslit Politik LIPI, Jakarta, Senin (21/9).

Di samping itu, sebagai focal point Indonesia akan mengembangkan kerja sama akademik dan ilmu pengetahuan sesuai dengan enam isu prioritas yakni keselamatan dan keamanan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, manajemen sumber daya perikanan, kerja sama akademik dan iptek, pengelolaan risiko bencana dan perubahan iklim serta pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

Di samping itu terkait perubahan iklim, posisi Indonesia dimana LIPI sudah memiliki pusat studi laut dalam Indonesia berada dalam posisi strategis terkait upaya penanganan perubahan iklim.

Semua pembahasan itu akan dibahas dalam pertemuan anggota-anggota IORA dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama sejak Indonesia menjadi ketua yang akan dilakukan pada 20-23 Oktober 2015 mendatang.

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Aplikasi Made In Bandung ini Berusaha Bantu UKM Untuk Lebih Sukses
Aplikasi Made In Bandung ini Berusaha Bantu UKM Untuk Lebih Sukses
Perngkat digital saat ini hampir dimiliki setiap orang. Data yang terhimpun bahkan menyatakan bahwa jumlah populasi ponsel di Indonesia sudah melebihi populasi penduduk. Fakta tersebut akhirnya mengubah situasi bisnis termasuk dengan perilaku iklan. Setiap ponsel saat ini sudah bisa menjadi tempat beriklan. Namun sekelompok pekerja dan penggemar teknologi informasi di
Peluang Besar MEA
Peluang Besar MEA
INFOGRAFIS 4 hours ago
Keren, Pedagang Pasar Tradisional di Indonesia Akan Gunakan Aplikasi Online
Keren, Pedagang Pasar Tradisional di Indonesia Akan Gunakan Aplikasi Online
Persepsi tentang pasar tradisional tampaknya sebentar lagi akan berubah. Dahulu pasar tradisional identik dengan lokasi yang kumuh, harga fluktuatif dan tidak ada transparansi. Kesan itu sepertinya tidak lama lagi akan menghilang berkat inisiatif dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) yang akan memperkenalkan aplikasi teknologi online kepada para pedagang pasar
5 Keajaiban Papua yang Mungkin Belum Anda Ketahui
5 Keajaiban Papua yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Mendengar kata Papua, pasti yang terlintas di benak Anda adalah suku-suku pedalaman. Rupanya, Papua memiliki keajaiban yang belum diketahui banyak orang. Siap-siap terkejut karena selain salju, Papua punya beberapa keajaiban lain yang..banyak dari kita mungkin belum tahu.  Keajaiban tersebut ada yang berasal dari alam, buatan manusia, atau pun misteri yang belum
Pulau di Bima ini Penuh Dengan Ular. Tak Berbisa
Pulau di Bima ini Penuh Dengan Ular. Tak Berbisa
Tersebutlah sebuah pulau kecil di wilayah Kabupaten Bima bagian timur, tepatnya di Kecamatan Wera Desa Pai. Pulau ini terletak dekat sekali dengan daratan Pulau Sumbawa hanya lebih kurang 400-500m. Pulau Ular demikian Orang Bima menyebutnya, karena mungkin pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok ular-ular jinak yang tidak mengganggu penduduk. Yang menarik
 MACAN Merambah Jakarta di 2017
MACAN Merambah Jakarta di 2017
Museum seni kontemporer internasional pertama di Indonesia akan dibuka pada awal tahun 2017 mendatang yang akan berlokasi di Jakarta Barat. Museum ini akan diberi nama MACAN yang merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.