Belum lama ini aksi terorisme menghebohkan negeri. Sebuah serangan tak bertanggung jawab menewaskan tujuh orang dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Publik Indonesia pun dibuat kagum dengan kinerja Kepolisian Republik Indonesia yang tak butuh waktu lama dapat meredam aksi tersebut.

Untuk terus berjuang melawan aksi terorisme, kini Kepolisian Indonesia menggandeng seorang pengembang aplikasi, Adjie Pratama, meluncurkan aplikasi bernama “Stop Terorisme”. Aplikasi ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat secara langsung terkait terorisme di lingkungan mereka. Masyarakat dapat melaporkan hal – hal mencurigakan hingga berdiskusi tentang terorisme di aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan Amazone Store tersebut.

"Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melapor langsung bila ada tindak terorisme atau kalau mencurigai pelaku teroris di lingkungan mereka," kata Adjie, di Jakarta, Rabu (27/01).

Ia menjelaskan, dalam aplikasi tersebut tersedia lima fungsi utama.

Pertama, fungsi pengaduan warga. Dalam membuat laporan, masyarakat harus mengisi lembar pengaduan warga yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang harus dijawab. "Warga juga wajib memasukkan nomor SIM atau KTP dan nomor telepon selular," katanya.

Laporan tersebut langsung terhubung dengan Humas Kepolisian Indonesia untuk selanjutnya dipilah berdasarkan tempat kejadian yang dilaporkan. Selain itu di aplikasi tersebut tersedia nomor darurat yang bisa dihubungi warga sewaktu-waktu dalam keadaan darurat. Pengguna juga bisa menggunakan Twitter melalui aplikasi Stop Terorisme tersebut, karena aplikasi tersebut terhubung langsung dengan Twitter.

Fungsi selanjutnya, pengguna bisa melihat berita-berita terkini seputar terorisme. Dalam aplikasi tersebut juga ada forum online sebagai wadah diskusi para pengguna aplikasi dengan aparat berwenang. Menurut Adjie, aplikasi ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan dan berukuran kecil sehingga tidak membebani kapasitas sistem pengguna ponsel pintar.

Untuk saat ini aplikasi Stop Terorisme diperuntukkan bagi pengguna Android serta Blackberry 10. 


Sumber: Antara

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
"..dan Perahu Kami Seolah Melayang di Udara"
"..dan Perahu Kami Seolah Melayang di Udara"
 Ada pemandangan istimewa di Dermaga Alor Kecil di Pulau Alor pagi tadi. Di pelabuhan kecil yang melayani pelayaran ke pulau-pulau terdekat Alor itu saya melihat ada tiga anak kecil yang sedang mengambil ikan-ikan yang mengapung di permukaan laut. Ikan-ikan itu mereka ambil tanpa susah payah, karena sudah mati atau sedang
Pasangan Musisi Indie Penuh Prestasi
Pasangan Musisi Indie Penuh Prestasi
Endah N Rhesa, bagi kawan muda siapa yang tak mengenalnya? Lewat lagu When You Love Someone – nya, EAR, sebutan bagi Endah N Rhesa mereka mulai dikenal oleh penikmat lagu di Indonesia. Selain itu EAR juga sering membawakan lagu soundtrack untuk film seperti Cinta Dalam Kardus dan Bidadari Terakhir.
Ini Alasan Mengapa Yogyakarta Terpilih Menjadi Pusat Riset Energi Listrik Tenaga Surya
Ini Alasan Mengapa Yogyakarta Terpilih Menjadi Pusat Riset Energi Listrik Tenaga Surya
Kebutuhan Indonesia untuk energi semakin meningkat. Pemerintah bahkan bertekad untuk memenuhi target pemenuhan energi listrik sebesar 35 ribu Mega Watt listrik. Pembangunan infrastruktur pembangkit pun terus menerus dibangun untuk mencapai angka tersebut. Namun tentu saja proses riset harus tetap diperhatikan, oleh karena itu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT
382 Komunitas Siap Bergerak Untuk #BebasSampah2020
382 Komunitas Siap Bergerak Untuk #BebasSampah2020
Indonesia masih punya pekerjaan rumah besar terkait masalah sampah. Oleh sebab itu diperlukan upaya serius dalam pengolahan sampah yaitu dengan penyadaran masyarakat. "Pada 21 Februari nanti gerakan bebas sampah di seluruh Indonesia, semua masyarakat harus terlibat."
Manfaatkan Singkong, Tim Mahasiswa dari UGM ini Ciptakan Papan Partikel Berkualitas
Manfaatkan Singkong, Tim Mahasiswa dari UGM ini Ciptakan Papan Partikel Berkualitas
Siapa tak kenal dengan singkong? Tanaman ini disukai banyak orang karena selain memiliki umbi yang bisa diolah menjadi beragam penganan, daunnya pun dapat diolah menjadi sayuran. Namun, tahukah Anda jika ada bagian lain yang masih bisa dimanfaatkan dari tanaman ini. Bagian itu adalah batang tanaman singkong. Di tangan sekelompok mahasiswa UGM,
Kompor Bahan Bakar Limbah Pertanian Karya Anak Bangsa, Lebih Hemat
Kompor Bahan Bakar Limbah Pertanian Karya Anak Bangsa, Lebih Hemat
Kebutuhan energi dipedesaan yang umumnya masih sulit dijangkau oleh kompor-kompor modern berbasis listrik ataupun LPG tampaknya menjadi perhatian khusus. Produk kompor inovatif baru pun diciptakan untuk menjawab keterbatasan tersebut. Kompor tersebut beroperasi dengan menggunakan bahan bakar pellet berbasis limbah pertanian. Produk tersebut dipamerkan dalam Bali Clean Energi Forum di Bali