Suatu hari di bulan Juni 1947, 2 kapal Amerika yang sedang berada di Selat Malaka --  City of Baltimore dan Silver Star -- menerima pesan darurat dari kapal dagang milik Belanda, SS Ourang Medan Atau "Orang Medan".

Seorang operator di kapal Ourang Medan mengirimkan kode Morse. Isinya: "Semua awak kapal, termasuk kapten terbaring sekarat di ruang peta (chartroom) dan anjungan. Mungkin semuanya telah meninggal dunia."

Kemudian kalimat terakhir diterima. "Aku (akan) mati," seperti dikutip dari Daily Mail, Setelah itu pesan radio terputus.

Pesan mengerikan tersebut juga didengar pos pemantauan milik Belanda dan Inggris yang ada di sekitar Selat Malaka.

Kemudian, para operator radio penerima berusaha melacak sumber sinyal dan menentukan bahwa pesan tersebut datang dari SS Ourang Medan, yang juga ada di Selat Malaka.

Kapal Silver Star adalah yang terdekat. Nahkodanya lalu memutar haluan mendekati lokasi Ourang Medan. Mereka menemukan kapal itu terapung-apung di lautan.

Yang mengerikan, jasad-jasad para krunya bertebaran di dek. Semuanya dalam kondisi mengerikan "mata terbelalak".

Ekspresi ketakutan dan horor terlihat jelas dalam wajah-wajah beku. Pun dengan anjing kapal yang ditemukan mati.

(Pemberitaan SS. Ourang Medan di Masa Lampau)


Awak kapal AS, Silver Star yang melakukan pengecekan tak menemukan tanda-tanda kekerasan, tak ada darah yang merembes, tiada tanda-tanda perlawanan.

Kapten Silver Star memerintahkan agar tali pengeret dipasangkan ke Ourang Medan, agar kapal tersebut bisa ditarik ke pelabuhan terdekat, agar aparat bisa menyelidiki apa gerangan penebar maut di bahtera tersebut.

Namun, sebelum niatan itu terlaksana, asap tebal mengepul dari bagian kapal. Kemudian, ledakan terjadi. Ourang Medan pun tenggelam. Semua bukti-bukti karam ke dasar laut.

Legenda Ourang Medan menyebar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Dijadikan artikel majalah-majalah spesialisasi kisah misteri.

Sebuah laporan resmi terkait kapal itu bahkan muncul dalam Proceedings of the Merchant Marine Council US Coast Guard edisi Mei 1952. Hingga kini belum diketahui, apakah Ourang Medan kisah nyata atau bohong belaka.

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
BUMN ini Akhirnya Membuka Kantor di Silicon Valley
BUMN ini Akhirnya Membuka Kantor di Silicon Valley
Perusahaan BUMN ini membuat membuat kejutan pada 18 Februari 2016 lalu, dengan membuka kantor pertamanya di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS). PT Telkom Indonesia, melalui anak perusahaannya Metra Digital Investama (MDI) membuka kantor di wilayah negara bagian California tersebut, dengan menggandeng Perusahaan AS Plug n Play (PNP) untuk mendukung aksinya membangun ekonomi digital.  PnP
 Printer 3D dari Cirebon
Printer 3D dari Cirebon
Perkembangan masa depan teknologi terus menerus tidak dapat diprediksi. Tren demi tren baru datang menggantikan teknologi yang lama. Tidak terkecuali pada dunia cetak atau printing yang metode dua dimensi lama mulai tergantikan oleh teknologi tiga dimensi. Saat ini teknologi cetak tiga dimensi disebut-sebut sebagai masa depan dari kreatifitas. Berdasarkan laporan yang
Menyambut Kembalinya Si Unyil. Kini 3 Dimensi
Menyambut Kembalinya Si Unyil. Kini 3 Dimensi
Anak-anak di era 80-an adalah anak-anak yang tumbuh di jaman Si Unyil, film serial boneka yang bercerita tentang anak SD bernama Unyil yang ceria bersama teman-temannya di sebuah kampung yang dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai latar belakang. Kata "Unyil" sendiri berarti "mungil" atau kecil. Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak
Di Tangan Crafter Ini Sampah Jadi Barang Bernilai Tinggi
Di Tangan Crafter Ini Sampah Jadi Barang Bernilai Tinggi
“Aku percaya pekerjaan yang dikerjakannya dari lubuk hati yang paling dalam pasti hasilnya akan baik dan bagus. Apapun itu pekerjaannya,” ungkap Mbak Pimpi di website pribadinya.
Darah Jawa Mengalir dalam Sosok Walikota di Negara Pasifik Ini
Darah Jawa Mengalir dalam Sosok Walikota di Negara Pasifik Ini
Diaspora Indonesia tersebar di seluruh dunia. Mereka ada tidak hanya di negara-negara besar, namun juga di negara-negara yang masih belum terdengar popouler. Seperti sebuah negara di lautan pasifik bernama New Caledonia atau Caledonia Baru.  Negara tersebut dahulu merupakan lokasi perkebunan yang dimiliki oleh Perancis dan dikerjakan oleh buruh yang kebanyakan datang
Inilah Film-film Indonesia di Ajang Oscar sejak 1987
Inilah Film-film Indonesia di Ajang Oscar sejak 1987
Indonesia telah mengirimkan film untuk nominasi Academy Award for Best Foreign Language Film sejak 1987. Penghargaan ini dianugerahkan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris