Seorang modifikator bernama Wahyu Pamungkas dari Semarang sukses menciptakan 'limousine' dari basis minibus VW Kombi. Kendaraan dengan panjang mencapai 7,6 meter ini dikatakan sebagai Kombi terpanjang di dunia.

Buah kreativitas dari Wahyu Pamungkas ini berhasil menyita media internasional asal Inggris, Dailymail. Media ini menyoroti keberhasilan Wahyu yang sukses membangkitkan kembali minibus tua ikon kalangan hippies dalam wujud yang menakjubkan. Menurut Dailymail, panjang VW Kombi ciptaan modifikator berusia 30 tahun tersebut mencapai tiga kali lipat dari mobil mungil Smart yang hanya 2,6 meter.

Minibus dengan nama asli Volkswagen Type 2 ini sanggup mengakomodasi 20 penumpang. Untuk membangun VW Kombi terpanjang ini, Wahyu dibantu dengan 30 orang karyawan di bengkelnya dengan waktu lebih dari setahun.

( VW Terpanjang di Dunia, Foto : Barcroft Media )

Adapun VW Kombi terpanjang ini dibangun dengan memanfaatkan dua sasis menjadi satu. Lebih lanjut, Wahyu juga melakukan engine swap atau menukar mesin bawaan dengan kapasitas 1,5 liter menjadi 2,0 liter sehingga mampu mengatasi bobot kendaraan yang kian berat.

Selain itu, as roda belakang bertambah satu menyesuaikan dimensi kendaraan. Dijelaskan, biaya modifikasi yang dilakukan oleh pria fanatik VW ini mencapai lebih dari 20 ribu pound sterling atau Rp 400 jutaan.

VW Kombi sepanjang 7,6 meter ini bukanlah yang pertama diciptakan oleh Wahyu. Pada 2009 ia pernah menciptakan VW Kombi sepanjang 6,9 meter. Mobil ini kemudian dijual ke Australia seharga 11.200 pound sterling atau sekira Rp 222,64 jutaan.

Sebagai informasi, VW mulai memproduksi Type 2 pada 1950-an. Minibus ini akhirnya berhenti produksi pada 2013 lalu karena masalah keselamatan, dimana Kombi belum didukung airbag dan antilock braking system. Brazil merupakan negara yang memproduksi generasi terakhir Kombi atau Type 2.

Source : Liputan6

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
1 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 24 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.