Lalu lintas transportasi selalu menjadi hal utama bagi setiap moda mobilitas. Sebab, semakin ramainya masyarakat yang bepergian maka akan meningkatkan terjadinya kepadatan lalu lintas baik di darat, air, maupun udara. Khususnya transportasi udara, mengatur lalu lintas penerbangan yang semakin pada bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Menyadari hal tersebut Perusahaan umum (perum) Lembaga Penerbangan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia saat ini telah resmi menggunakan teknologi Air Traffic Control System (ATS) yang baru bernama Top Sky. Penggunaan ATS Top Sky ini adalah yang pertama kali digunakan AirNav Indonesia untuk Bandara Makassar.

Menteri perhubungan Iganasius Jonan turut hadir dalam peresmian sistem baru ini. Dirinya menuturkan, perubahan ATS Eurocat-X menjadi Top Sky merupakan peningkatan navigasi udara. Dengan peningkatan navigasi ini, salah satu perubahannya adalah Flight Plan yang seharusnya menggunakan converter dan alat bantu lain, kini seluruhnya menjadi otomatis.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Menurut Jonan, dengan jumlah penerbangan di Indonesia setiap tahunnya frekuensi penerbangan terus bertambah dan meningkat lebih dari delapan persen. Pemutakhiran teknologi dianggap sangat perlu dilakukan.

"Makanya ini harus ada peningkatan dengan peralatan navigasi yang lebih modern dan lebih baik," ujar Jonan usai meresmikan ATS Top Sky di kantor Makassar Air Traffic Service Centre (MATSC).

Penggunaan Top Sky pertama di Flight Information Region (FIR) memilih lokasi Makassar bukan tanpa alasan. Makassar dianggap memiliki ruang udara lebih luas dari FIR di Jakarta. Jika dibandingkan, ruang udara FIR Makassar mencapai 60 persen sedangkan FIR Jakarta ?hanya 40 persen. Bahkan penerbangan luar negeri lebih banyak yang melewati Makassar sebelum Jakarta.

Direktur Utama AirNav Indonesia Bambang Tjahjono mengungkapkan bahw sebenarnya sistem Top Sky telah digunakan MATSC sejak 21 Desember 2015 yang lalu.? Sistem ini dianggap telah mendukung format flight plan baru yang sesuai dengan standard ICAO, sebuah sistem baru dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih optimal dengan penambahan perhitungan separasi.

Kemapuan Top Sky sama dengan Eurocat yang merupakan generasi lama. Namun semua fitur dalam top sky berbasis Web sehingga dapat diakses dari manapun. Seperti dalam hal komunikasi dengan pilot, sistem lama menggunakan koneksi serial X-25 yang sudah tidak diproduksi lagi. Sedangkan sistem baru ini, komunikasi dengan pilot akan menggunakan koneksi IP.

Selain melakukan upgrade terhadap sistem, Bambang menuturkan, Airnav juga melakukan peremajaan sejumlah alat penunjang. "Kami mengganti 47 Work Station yang sudah tua, 30 server, jaringan dan interface," jelasnya.

sumber: Republika

0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Keren, Pindad Ciptakan Senapan ini Untuk Perang di Bawah Air
Indonesia sebagai negara yang memiliki komitmen tinggi untuk menjadi negara kelautan unggul di dunia tentu saja tidak hanya bergantung pada keunggulan ekonomi namun juga pada keamanan negara. Oleh sebab itu pihak-pihak terkait dibidang militer terus menerus meningkatkan kualitas alutsista dan personel.
Semarang diserbu Durian, ada apa?
Semarang diserbu Durian, ada apa?
Buah yang menjadi ciri khas ASEAN ini telah panen diberbagai tempat. Durian sangat populer bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Filipina, Malaysia dan Thailand. Kabarnya, Kota Semarang tidak lama lagi akan diserbu ribuan durian, ada apa ya?
Iron Man dari Karangasem, Bali
Iron Man dari Karangasem, Bali
Menyerah bukanlah sebuah pilihan. Hambatan, tantangan, dan batu besar di sepanjang jalan hidup adalah sebuah keniscayaan. Bahkan dikala tantangannya begitu besar dan sulit diatasi. Inilah inspirasi dari pulau Dewata. I Wayan Sumardana namanya. Seringkali dipanggil Sutawan alias Tawan (31), asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Karangasem, dijuluki sebagai manusia robot. Dia mampu 
Terbesar di Asia Tenggara. Terlengkap di Asia Pasifik
Terbesar di Asia Tenggara. Terlengkap di Asia Pasifik
Inilah sebuah taman nasional raksasa yang mungkin belum pernah kita kunjungi. Pun juga, banyak dari kita yang mungkin belum tahu betapa istimewa dan luar biasanya taman nasional yang terletak di kawasan timur Indonesia ini. Inilah Taman Nasional Lorentz. Taman nasiona merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara
Peduli Kesehatan Jiwa, Sejumlah Mahasiswa UGM ini Sediakan Layanan Konsultasi Psikologi Online
Kesehatan Jiwa sama pentingnya dengan primanya kekuatan fisik. Itulah sebabnya mengapa terdapat profesi-profesi yang melakukan penanganan kesehatan bukan dari segi fisik namun lebih kepada aspek mental dan kejiwaan seperti psikolog. Namun sayangnya, jumlah psikolog di Indonesia dianggap masih terbatas. Hingga kini jumlah psikolog lokal belum mampu memenuhi minimal kuota standar kesehatan
Kapal Tak Berawak Berbasis Wifi, Aset Alutsista Untuk Negeri
Pada wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut  (STTAL) yang bertempat di Gedung Mulyadi Bumimoro Kobangdikal, Surabaya pada Jumat(15/01) ada kegiatan menarik lain yaitu memamerkan hasil teknologi para mahasiswanya.Mereka membuat kapal penyusup tanpa awak yang memanfaatkan teknologi nirkabel wifi. Meskipun bukan penemuan baru namun karya para prajurit TNI AL ini mendapat apresiasi khusus. Semangat kemandirian dan