Departemen Pengabdian..FEUI

Baru tahu, di FEUI ada sebuah departemen dengan nama yang menggetarkan, Departemen Pangabdian. Dan mereka sedang bersiap meluncurkan program bagus, namanya Master FEUI.

Master FEUI merupakan sebuah program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEUI 2012. Konsentrasi Master FEUI adalah membina siswa/i SMA Master yang berada di Terminal Depok untuk dapat lolos seleksi masuk perguruan tinggi melalui berbagai jalur. Siswa/i SMA Master sendiri berasal dari kalangan yang kurang mampu, yang sebagian besar bekerja sebagai pengamen, pekerja rumah tangga, dan pekerja serabutan lainnya. Melaui tujuan jangka pendeknya ini, Master FEUI merupakan salah satu proker yang memiliki bukti nyata keberhasilan mahasiswa dalam memperbaiki kehidupan anak-anak yang kurang beruntung.

Master FEUI berawal dari keprihatinan kaum mahasiswa akan kemiskinan, yang salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan generasi mudanya untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi untuk memutus garis kemiskinan pada generasi mereka. Maka, pada saat itu pulalah Master FEUI dibentuk. Perjalanan master FEUI kini telah memasuki tahun keenam, sebuah umur yang  dapat dikatan telah beranjak dewasa dari segi kuantitas dan kualitas program kerja.  Lebih dari sekadar pencapaian parameter kuantitatif suatu proker, selama enam tahun ini Master FEUI telah menanamkan “ruh” ke dalam siswa/i binaannya untuk terus bermimpi, sehingga mampu mengubah cara pandang anak-anak kurang beruntung bahwa mereka dapat mencapai kehidupan yang lebih baik. Mimpi pula yang membakar semangat mereka untuk terus berusaha belajar siang dan malam dan pantang menyerah mencoba berbagai tes masuk perguruan tinggi.

Selalu ada perubahan menuju perbaikan dalam setiap kepengurusan Master FEUI. Demikan halnya dengan Master FEUI 2012/2013. Sebagai proker pengabdian masyarakat di bidang pengajaran, di tahun keenam ini Master FEUI mengangkat tema “Mendidik dengan Hati’’. Kini Master FEUI memiliki 25 siswa kelas XII maupun alumni SMA Master yang  telah melalui proses seleksi dan selanjutnya akan dibina untuk mengikuti berbagai tes masuk perguruan tinggi. Rangkaian belajar Master FEUI 2012/2013 akan dimulai pekan pertama bulan November 2012. Dalam sela-sela proses pengajaran, Master FEUI juga menyelipkan pelatihan kewirausahaan dan pembentukan karakter, sehingga proker Master FEUI selama setahun ke depan bukan sekedar membuat siswa/i Master FEUI mampu mengerjakan soal ujian masuk PTN dengan sebaik-baiknya, namun juga membentuk karakter pemimpin muda yang mampu bersaing dan berprestasi di perkuliahan dan dunia kerja, karakter pemuda/i yang memiliki mimpi, harapan, dan nasionalisme untuk memajukan bangsanya.

About author
Comments
  1. uyung

    1 / 25 / 2013 6:28 pm

    alhamdulillah, moga kalangan yang selama ini menganggap pendidikan tinggi cuma mimpi bisa mewujudkannya jadi realita, tahniah!

    Reply

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment