Ada Pulau Bali di Inggris?

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Ada pulau Bali di tanah Inggris, tentu terdengar aneh bukan. Bali yang dimaksud bukanlah Bali sebagai wilayah Inggris, namun Bali-Indonesia sebagai bagian dari sebuah kebun binatang di Inggris. Tepatnya di kota Chester, lokasi dari Kebun Binatang Chester (Chester Zoo) yang merupakan proyek kebun binatang terbesar di Inggris.

Bukan hanya Bali saja yang menjadi bagian dari kebun binatang ini. Ternyata banyak pulau Indonesia lain yang juga menjadi bagian kebun binatang, seperti Pulau Sumatera, Sulawesi dan Sumba. Bahkan juga terdapat Papua di kebun binatang yang dibangun dengan menghabiskan biaya ratusan juta dolar ini. Tapi tentu saja itu semua hanya atraksi miniatur dari situasi aslinya saja.

Pulau-pulau Indonesia di Chester Zoo (Foto: Chester Zoo)

Pulau-pulau Indonesia di Chester Zoo (Foto: Chester Zoo)

Apa yang dilakukan oleh yang kebun binatang yang dinobatkan sebagai kebun binatang terbaik di Inggris dan terbaik peringkat tujuh dunia ini adalah berusaha menyajikan suasana sedetil mungkin dari pulau-pulau dan wilayah eksotis Indonesia tersebut. Mereka bahkan mendatangkan banyak artefak-artefak asli dari Indonesia sebagai dekorasinya, tentu saja juga dengan flora dan fauna khas dari masing-masing pulau.

Direktur Jendral Kebun Binatang Chester, Mark Pilgrim mengatakan proyek yang digarap selama lima tahun ini ingin memberikan pengalaman yang sangat berbeda bagi para pengunjung dengan menciptakan, “suara, bau, warna dan budaya pulau-pulau di Asia Tenggara.”

foto-pulau-pulau-indonesia-di-kebun-binatang-chester-inggris1

“Setiap elemen dibuat sedemikian rupa dengan perhatian pada rincian, sampai ratusan artefak asli yang dikirim dari Indonesia, pahatan di gedung serta jerami di atap-atap,” jelas Pilgrim.

Pulau-pulau – habitat binatang yang dilindungi dan spesies berbagai tanaman ini- diharapkan akan mengangkat pentingnya konservasi dan ancaman yang dihadapi di kawasan.

Ia juga mengatakan pulau-pulau ini merupakan “babak baru dalam sejarah kebun binatang, dan inilah untuk pertama kalinya kebun binatang di Inggris mencoba sesuatu dalam skala seperti ini.”

nationalgeographic.co.id

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ