Dimana Kota Terbersih se Asia Tenggara?

Bila dihadapkan dengan pertanyaan Dimana kota terbersih Se Asia Tenggara, banyak orang pasti menyangka jawabannya adalah Singapura atau Kuala Lumpur. padahal, Palembanglah yang memegang predikat tersebut dengan berhasil menyabet piala ASEAN Environmentally Sustainable City Award.

Piala yang diterima oleh walikota Palembang tanggal 5 Maret 2012 kemarin di Phnomh Penh, Kamboja, adalah bentuk penghargaan yang diadakan sebagai salah satu cara meningkatkan lingkungan hidup di kawasan ASEAN. Palembang sukses meraih penghargaan ini karena berhasil mengesankan tim penilai dari ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC).

Mengapa Palembang bisa menang? usut punya usut, kota mpek – mpek ini ternyata memukau tim penilai dengan konsep pembersihan kotanya. adanya sistem pembuangan limbah yang teratur, sanitasi yang semakin baik, serta pemerintah dan masyarakat yang sadar akan kebersihan membuat lingkungan kota Palembang senantiasa terjaga kebersihannya.

Kekompakan antara pemerintah dan masyarakat dalam merubah kota membuat ibu kota Sumatra Selatan yang pernah dicap sebagai salah satu kota paling kotor ini kini menjadi kota terbersih di Asean. Palembang adalah contoh keberhasilan bangkitnya kota yang terjadi karena semua lapisan masyarakat sadar akan kebersihan.

ditulis oleh Farah Fitriani ([email protected] / @farafit)

VN:F [1.9.13_1145]
Rating: 4.2/5 (6 votes cast)
VN:F [1.9.13_1145]
Rating: +3 (from 3 votes)
Dimana Kota Terbersih se Asia Tenggara?, 4.2 out of 5 based on 6 ratings

Popularity: 2% [?]


About author

Farah Fitriani

a single young woman full of spirit in making a better Indonesia, Bandung citizen, Law UNPAD'09 student, english teacher and a shopkeeper. you can contact her by mentioning @farafit in twitter or adding farahfitrianifaruq to have a little chitchat via GTalk.

View all posts by Farah Fitriani

Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment