Selamat Hari Raya Jazz


Gelaran festival musik jazz kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada tanggal 2-4 Maret 2012 dengan tajuk “where jazz finds a home” ini mendatangkan lebih dari 1500 artis, mulai dari artis lokal hingga internasional ternama seperti Dave Koz, Al Jerrau, Erykah Badu, Herbie Hancock hingga Stevie Wonder.

Jakarta International Mild Java Jazz Festival 2012 sukses menghibur para penggemar musik jazz di Indonesia. Dave Koz membawa kesan tersendiri bagi penonton, selain itu ia juga menceritakan kesan-kesannya terhadap Indonesia di sela-sela konsernya, mulai dari makanan, budaya hingga orang Indonesianya.

Dave Koz, artis jazz asal Amerika Serikat ini mengatakan, “it’s been a long time without love from indonesian people” ujarnya. “i love your food, culture and you have a beautiful country and Bali, and i love nasi goreng” sambungnya disambut dengan tawa dari penonton.

Awal konser dimulai dengan lantunan lembut saxophone-nya yang membawakan lagu Ada Band, Manusia Bodoh yang dimedley dengan lagu dari Ruth Sahanaya yang berjudul, Aku Cinta Kepadamu.

Sepanjang konser, Dave Koz tidak hentinya membuat penonton tertawa. “you guys know i’m not a singer like Tompi, Ayu Tingting or Briptu Norman” guyon Dave Koz. Bahkan ketika akan membawakan salah satu lagunya, ia menirukan gaya Syahrini, “This song is sesuatu banget” dengan logatnya yang terbata-bata mengucapkan kata “sesuatu”.

Tidak hanya sampai disitu, ia juga mengajak musisi jalanan asal Bandung, 57kustik untuk satu panggung dengan Dave Koz membawakan  lagunya “You Make Me Smile.”  Riuh tepuk tangan penonton semakin membahana ketika 57kustik menampilkan aksi solo mereka bermain biola, gitar dan perkusi. Saya salut, karena bagi 57kustik sendiri ini merupakan kali pertama mereka tampil di panggung dan berhasil mengundang decak kagum penonton dan Dave Koz menutup konsernya dengan hits dari Michael Jackson, Dont Stop Till You Get Enough.

Tidak hanya Dave Koz, Stevie  Wonder yang menjadi sajian utama acara itu pun tidak kalah luar biasa. Ia membawa keyboard putih dan memberi aba-aba yang langsung disambung lagu “How Sweet It Is (To Be Loved By You)”.

“Lagu ini adalah tentang sebuah hubungan. Apapun agamanya, musik dan cinta yang menyatukan kita. Bagaimana kamu menunjukkan cinta dengan mencintai sesama,” ucap Stevie.

Stevie kemudian memainkan keyboard sambil duduk untuk membawakan “The Way You Make Me Feel” yang merupakan salah satu hits dari raja pop, Michael Jackson, ia juga menunjukkan kelihaiannya memainkan harmonika di lagu “My Love is on Fire”. Suasana berubah menjadi syahdu saat Stevie membawakan lagu berjudul “You and I” dipadu dengan sorotan lembut lampu panggung.

Penampilan di puncak acara dari Stevie Wonder yang maksimal ini seakan menjadi penawar rindu bagi para penggemar jazz, acara yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut itu pun sukses ditutup dengan penampilan luar biasa dari Stevie Wonder!

 

 

 

About author

mrusydan

Gooner | Former Editor-in-Chief BUMHI | GNFI Contributor | Communication and External Partnership IFL | Media Relations Jakarta MUN 2012 | UIN IR 08

View all posts by mrusydan

Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment