Mengubah Plastik jadi Minyak di Madiun

Lagi – lagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Madiun membawa berita bagus untuk Indonesia. setelah kemarin siswa SMKN 1 menghiasi banyak media karena keberhasilan mereka membuat mobil Esemka, sekarang giliran siswa SMKN 3 yang menjadi sorotan karena sukses membuat alat pengolah limbah sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif.

berbekal alat pembakaran dan penyulingan (plastic oil destilator) hasil rakitan sendiri yang dibuat dari tabung elpiji ukuran 3 kg, siswa – siswa ini bisa mengolah plastik jenis apapun menjadi bahan bakar minyak, alias minyak mentah. kualitas minyak dari plastik ini bahkan lebih baik dari minyak tanah karena nilai oktannya berkisar di angka 84-85.

alat pengolah limbah ini tentunya merupakan suatu terobosan bagus yang dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang nantinya akan berdampak ke lingkungan. Agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pengolahan sampah ini, Sekolah ini berencana untuk membuat Bank Sampah Plastik dan bekerja sama dengan para pemulung untuk pemasokan sampah plastik. selain itu, SMKN 3 Madiun juga membuat 15 alat pengolah model terbaru yang telah dibagikan ke 15 SMK lain di seantero Jawa Timur, sehingga masyarakat daerah lain juga bisa mengolah sampah mereka.

ditulis di Good News From Indonesia oleh Farah Fitriani (@farafit / [email protected])

VN:F [1.9.13_1145]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
VN:F [1.9.13_1145]
Rating: 0 (from 0 votes)

Popularity: 1% [?]


About author

Farah Fitriani

a single young woman full of spirit in making a better Indonesia, Bandung citizen, Law UNPAD'09 student, english teacher and a shopkeeper. you can contact her by mentioning @farafit in twitter or adding farahfitrianifaruq to have a little chitchat via GTalk.

View all posts by Farah Fitriani

Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment