Indonesia Semakin Berperan di Tingkat Internasional


Indonesia melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan kesiapan Indonesia dalam memikul tanggung jawab yang lebih besar di kancah internasional. Hal ini diutarakan saat kunjungan Sekjen PBB  Ban Ki-Moon di Istana Bogor, 20 Maret 2012 lalu.

“kami (Presiden SBY dan Sekjen PBB) merancang hubungan kemitraan strategik baik antara pemerintah Indonesia denga Perwakilan PBB di Jakarta maupun dengan PBB pada umumnya” terang Presiden SBY.

Ban Ki-Moon juga menyatakan rasa senangnya atas hubungan baik Indonesia yang terjalin dengan PBB selama ini.

Selain membicarakan masalah bilateral PBB-Indonesia, keduanya juga bertukar pikiran soal perkembangan Timur Tengah dan Afrika Utara, pentingnya Millenium Development Goals (MDGs), perubahan iklim dan KTT Rio+20.

Selain itu, mereka juga berdiskusi soal perkembangan isu Laut China Selatan, proses demokasi di Myanmar, Semenanjung Korea dan perbatasan Thailand dan Kamboja.

Saat membicarakan tentang Indonesia, Ban Ki-Moon memuji kemajuan yang telah dicapai oleh Indonesia, salah satunya adalah peran keketuaan Indonesia di ASEAN 2011, upaya dalam memelihara kerukunan dan keharmonisan dan pencapaian di bidang sosial dan ekonomi.

 

News Source: Deplu

About author

mrusydan

Gooner | Former Editor-in-Chief BUMHI | GNFI Contributor | Communication and External Partnership IFL | Media Relations Jakarta MUN 2012 | UIN IR 08

View all posts by mrusydan

Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment