Indonesia itu lengkap!

12. February, 2012 Artikel, MSN No comments


“apa sih yang bisa dibanggain dari Indonesia?” kira-kira itulah suara-suara dan nada pesimisme yang kerap kali muncul dikalangan anak muda Indonesia sekarang. Pemberitaan di media yang tak ada habisnya tentang kasus korupsi, tingkah laku para anggota dewan yang bermacam-macam, arogansi polisi dan masih banyak lagi pemberitaan buruk tentang Indonesia lainnya.

Mungkin lebih banyak sekarang anak Indonesia yang malu atau tidak lagi bangga menjadi Indonesia, cita-cita mereka kerap kali tinggal di luar negeri berharap kehidupan yang lebih baik, belajar diluar negeri hingga mencari jodoh diluar negeri! Apa sebenarnya yang salah dengan negeri ini? Coba kita berhenti sejenak dari semua kepenatan negeri ini, pikirkan kembali apa yang salah sehingga banyak sekali nada pesimisme dari anak negeri kita sendiri.

Saya selalu percaya Indonesia bisa menjadi lebih baik, meski pun melalui proses yang memakan waktu lama tapi saya percaya. Indonesia pernah menjadi macan di Asia Tenggara, dengan segala potensi yang dimiliki harusnya tidak ada hambatan bagi Indonesia untuk terus melaju dan berkembang.

Jangan pernah tanya atau ragu dengan keindahan alam negeri ini, keragaman budaya dan satwa, ragam kuliner dan bahasa dan masih banyak lagi, bahkan sangat banyak! Ingat Belanda yang menjajah kita selama 350 tahun karena menginginkan rempah dan hasil bumi kita lainnya? Atau mungkin anda pernah mendengar kata-kata tentang Belanda; “God created human and human created Netherland” saya kurang setuju dengan kata-kata ini, ada elemen yang kurang terkait dengan perjalanan sejarah Belanda yang panjang, harusnya ada tambahan kalimat Indonesia developed Netherland.

Ya! Indonesia lah yang sebenarnya mengembangkan Belanda, apa jadinya Belanda saat menjadi negara baru dengan segala kekurangan dan kemiskinannya tanpa bantuan rempah-rempah dari Indonesia yang secara tidak langsung menghidupi Belanda selama 3,5 abad! Kekayaan alam yang luar biasa melimpah hingga bisa menghidupi Belanda.

Untuk politisi pun kita tidak kalah, kita pernah punya The Smilling General yang secara umum berhasil membangun Indonesia dan disegani di panggung internasional. BJ Habibie dengan otaknya yang brilian dan pemegang 46 hak paten di bidang aeronautika (teknik penerbangan dunia). Bapak pluralisme yang dikenal dengan nama Gus Dur dengan nama asli Abdurahman Wahid. Selain itu ada ibu Sri Mulyani yang sekarang sedang menjabar sebagai direktur Bank Dunia dan menjadi Menteri Ekonomi tersukses di Asia. Untuk urusan sastra ada Andrea Hirata dengan kisah “Laskar Pelangi” yang sukses dicetak dengan edisi internasional. Di dunia perfilman ada film “The Raid” yang tahun 2011 lalu menyabet suskses di Toronto, Kanada dan masih banyak lagi bahkan tidak akan cukup untuk saya tuliskan semua karena Indonesia memiliki semuanya dari A-Z, dari Sabang- Merauke.

Bangsa kita yang melimpah akan SDM yang 230jutaan ini tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk mencetak orang yang lebih baik lagi dari nama-nama diatas itu, apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi internet yang semakin memudahkan orang untuk mendapatkan dan saling bertukar informasi.

Jadi kenapa tidak bangga jadi orang Indonesia? :)

ditulis oleh Muhammad Q Rusydan (@qrusydan19 / [email protected])

About author

mrusydan

Gooner | Former Editor-in-Chief BUMHI | GNFI Contributor | Communication and External Partnership IFL | Media Relations Jakarta MUN 2012 | UIN IR 08

View all posts by mrusydan

Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment