Bangkitkan Kreatifitas Anak Bangsa dengan ITS EXPO 2015

Written by putri ellasesi Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

ITS EXPO merupakan multi-event pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memadukan unsur seni, ilmu, dan budaya. Acara ini merupakan acara terbesar kampus ITS yang akan berlangsung selama 21-24 Oktober 2015 di Graha Sepuluh Nopember, ITS Sukolilo. ITS EXPO 2015 memiliki keunikan tersendiri dengan tema dan konsep yang diangkat, dengan mengangkat tema tersebut ITS EXPO 2015 memiliki dua tujuan utama, yaitu sebagai sarana untuk menyadarkan masyarakat tentang hal-hal kecil yang telah menjadi kebiasaan buruk serta memberikan stimulus optimisme kepada masyarakat untuk tetap berani melangkah menuju Indonesia yang lebih baik.

Mulai tahun 2015, ITS EXPO resmi didukung penuh oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum dan menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemprov Jawa Timur percaya bahwa ITS EXPO adalah acara yang bisa mengangkat berbagai ragam seni dan budaya yang ada di Indonesia, serta bisa menunjukkan karya-karya pemuda Indonesia yang selama ini masih belum terpublikasikan secara masif.

ITS EXPO 2015 menyajikan berbagai kesenian sebagai ajang hiburan bagi masyarakat, menghadirkan miniatur Indonesia sebagai representasi ragam kebudayaan yang dimiliki, memperkenalkan berbagai teknologi terbaru yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, serta sebagai pembangkit optimisme negara Indonesia untuk maju.

Ada tiga aspek penting yang ingin ditonjolkan dalam acara ini, yaitu aspek seni, ilmu dan budaya. Aspek seni direpresentasikan dengan mengundang sejumlah seniman-seniman muda yang ahli dalam Talkshow yang bertema Innovative and Bold People On-Talk with One-Stop Entertaiment , dan masih berbagai penampilan kesenian lainnya. Kemudian aspek ilmu diwakilkan dengan adanya sejumlah pameran teknologi yang dibuat oleh kalangan mahasiswa ITS yang tujuannya untuk mengenalkan penelitian atau penemuan mahasiswa ITS kepada masyarakat luas. Terakhir, aspek budaya diisi oleh beberapa acara dan wahana seperti Pagelaran Seni dan masih banyak lagi.

Dari unsur ilmu, terdapat pameran karya-karya mahasiswa ITS yang beragam, mulai dari karya tulis sampai dengan prototype hasil penemuan. Beberapa karya yang akan dipamerkan adalah Electric Solar Bus, Motor Listrik, super car, Jalapatih (kapal bertenaga cahaya matahari), Jatayu (robot terbang), rumah tahan gempa, dan masih banyak lagi. Sedangkan dari unsur seni dan budaya, terdapat paguyuban daerah-daerah yang membentuk miniatur Indonesia, pagelaran seni, persembahan lagu-lagu tradisional dari Kunokini (musisi tradisional yang telah berkancah di Internasional), dan masih banyak lagi .

Written by putri ellasesi Member at GNFI

ITS

More post by putri ellasesi