Bijih Pahit Endemik Indonesia ini Ternyata Bisa Membuat Awet Muda

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Siapa sangka bahwa melinjo yang merupakan buah/biji endemik Indonesia ternyata sangat baik bermanfaat yaitu membuat manusia awet muda. Biji/buah melinjo tersebut ditemukan dapat menghambat penuaan tubuh manusia. Seperti hasil penelitian dari satu tim yang terdiri dari lima peneliti senior di Jepang.

“Dengan makan melinjo, penuaan manusia dapat terhambat, anti aging dapat berjalan dengan baik pada manusia,” kata Takahiko Shimizu, PhD, peneliti senior, Associate Professor Universitas Chiba, ahli anti aging, salah satu anggota tim tersebut, seperti dikutip dari Tribunnews, Jumat (11/9/2015).

melinjo

Upaya diet sampai sekarang, menurutnya, umum terjadi di masyarakat. Untuk mencegah penipisan kulit dilakukan dengan pertumbuhan dan antioksidan dari sel-sel kulit. Upaya anti penuaan kulit dapat diharapkan dengan berbagai upaya dan ternyata melinjo sangat ampuh untuk hal tersebut.

“Saya telah meneliti selama dua tahun dari sekitar tahun 2012 hingga tahun lalu dan hasilnya cukup menarik,” tambahnya.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah di Amerika Serikat dan Inggris dengan tema “Oksidatif Kedokteran dan Seluler Panjang Umur”. Sebuah kemungkinan masa depan menciptakan kulit indah, dan antisipasi penuaan melalui perawatan terbaiknya.

Ketika kita memiliki usia tua, metabolisme kulit berkurang, ketebalan epidermis dan dermis lapisan hilang. Ini adalah penipisan kulit. Ketika terjadi perubahan kulit menipis dengan cepat, terjadi perubahan seperti elastisitas kulit berkurang, keriput, bintik-bintik usia, kering.

Hal ini dapat menyebabkan penyembuhan luka lambat. Tapi kali ini, menurut Shimizu, dengan mengonsumsi melinjo setiap hari, terjadi regulasi ekspresi pertumbuhan dan penuaan gen dari sel-sel kulit, produksi kolagen dan tindakan antioksidan.

“Percepatan penipisan kulit ditemukan ternyata dapat dicegah,” katanya.

Menariknya Doktor Shimizu sendiri ternyata belum pernah memegang melinjo asli.

“Yang saya kerjakan adalah sari melinjo dari sebuah produsen obat YB yang bekerjasama dengan universitas Chiba,” tambahnya.

Perusahaan ini umumnya memproduksi produk terkait madu. Tapi kali ini juga memproduksi yang terkait melinjo sebagai obat anti aging yang efektif.

Shimizu pun bahkan baru tahu bahwa melinjo selalu dipakai dalam makanan Sayur Asem jika di Indonesia, serta bisa dibuat emping.

“Jarang sekali yang tahu melinjo di Jepang dan mulai sekarang saya akan lebih banyak lagi melihat melinjo dengan mendatangi restoran Indonesia yang ada di Jepang, pesan Sayur Asem ya,” ungkapnya lagi sambil tertawa.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ