Mendaki Elbus dengan Cara yang tidak Biasa dilakukan Anggota Kampala Bengkulu

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Anggota Kelompok Aktivitas Mahasiswa Pencinta Alam (Kampala) Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (FP Unib), menggelar ekspedisi pendakian ke Gunung Elbrus di Pegunungan Kaukasus Barat, Rusia yang memiliki ketinggian 5.642 di atas permukaan laut.

Pendakian dan Pemuncakan sebuang gunung tertinggi atau yang tersulit sudah banyak terjadi. Namun Tim Bengkulu Elbrus Expedition (BEE) ini memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pemuncakan gunung. Mereka memuncaki gunung dengan membawa misi pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) yaitu pemuncakan gunung menggunakan baju adat Bengkulu, sebagai bagian promosi budaya dan kampanye lingkungan.

Seperti dikutip dari Okezone, Ketua Umum Kampala FP Unib, Saadah Junika mengatakan, tim ekspedisi yang berangkat ke gunung tertinggi di lempeng benua Eropa dan perbatasan Rusia-Georgia itu, terdiri dari tiga anggota aktif Kampala, yakni Adnan Hidayat Hasibuan (25), Herydupen Malau (23), Ardi Pangestu (23) dan didampingi team leader dari Anggota Luar Biasa (ALB) D. Andalas (39).

Pendakian

Saadah menjelaskan bahwa pada tahun 1999, Kampala Unib telah mendaki puncak Cartensz Pyramid di Papua. Sehingga dirinya menambahkan, bahwa pendakian ke Gunung Elbrus ini merupakan misi kedua dari pendakian Seven Summit tertinggi di dunia yang dilakukan Kampala Unib.
”Misi BEE ini pemecahan rekor MURI menggunakan baju adat. Kampanye internasional penyelamatan hutan hujan Sumatera,” kata Saadah, Kamis (10/9/2015).
Sementara itu ketua tim Ekspedisi, D. Andalas mengatakan, program pendakian ke Elbrus selama delapan hari pendakian yang dimulai sejak, Kamis 17 September 2015 mendatang.

Selain itu, kata dia, saat melakukan pendakian nantinya pakaian adat Bengkulu akan dikenakan setiap pendaki. Serta tentu saja tidak ketinggalan mengibarkan bendera merah putih dan pengibaran bendera berlogo Provinsi Bengkulu di puncak tertinggi Benua Eropa itu. ”Semoga misi kami ini berhasil,” ucap Andalas.

Keberangkatan tim ekspedisi Bengkulu Elburs Expedition (BEE) tersebut dihelat di aula gedung daerah Gubernur Bengkulu dengan disaksikan oleh Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah dan Danrem Gamas 041 Kol (Inf) Fajar Budiman pada Kamis (10/9/2015) yang lalu.

okezone.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ