Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang tahun 2015 sebesar 4,57 persen.

Selama kuartal IV, industri yang rata-rata menyerap tenaga kerja di atas 20 orang mampu naik 4,02 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2014. Sementara itu di industri mikro dan kecil yang menggunakan tenaga kerja kurang dari 20 orang tumbuh 5,71 persen dibandingkan tahun 2014. 

Kepala BPS, Suryamin menjelaskan terdapat tiga subsektor industri yang berhasil tumbuh di tengah perlambatan ekonomi global. Ketiga subsektor itu adalah, industri kulit barang dan alas kaki sebesar 7,66 persen, industri barang galian bukan logam sebesar 5,81 persen, dan industri barang logam bukan mesin dan peralatannnya sebesar 5,62 persen.

Selain itu juga disebutkan kenaikan industri skala besar tersebut disumbang oleh peningkatan produksi di bidang farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, industri barang logam bukan mesin dan peralatannya, serta industri barang galian dan industri makanan.

"Itu semua adalah industri barang berorientasi ekspor, jadi ada bukti bahwa meski perekonomian negara lain melambat, ekspor barang tetap besar," ujar Suryamin dalam konferensi pers di kantor pusat BPS, Senin (1/2).

Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan IV tahun 2015 secara kuartalan yang mengalami pertumbuhan tertinggi pada tingkat provinsi adalah Provinsi Jawa Tengah naik 8,21 persen, Provinsi Riau naik 4,92 persen, dan Provinsi Papua naik 4,61 persen.

Senada dengan pertumbuhan di bidang Industri sedang dan besar yang naik, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada kuartal IV juga mengalami kenaikan yang signifikan, melaju hingga menembus level 4.700.

Lebih lanjut, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV tahun 2015 tumbuh 5,04 persen, atau naik 0,31 persen dibandingkan kuartal sebelumnya pada 4,73 persen.

Tercatat hingga sekitar pukul 09.45 WIB pada (5/2), IHSG melejit 70,99 poin (1,51 persen) ke posisi 4.736,8., dengan tercatat ada 159 saham naik.

Adapun nilai transaksi mencapai Rp 1,48 triliun dengan volume lebih dari 1 miliar lot saham. Sementara investor asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp 429 miliar.


Source : Kompas, CNN

Sumber Foto : http://smeaker.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Di Kota Seribu Kelenteng, di Salah Satu Komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia.
Di Kota Seribu Kelenteng, di Salah Satu Komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia.
Inilah salah satu tempat favorit saya di Indonesia. Memang baru sekali ke sana. Kota ini begitu kental dengan budayanya, bersih, namun tidak seperti kota-kota di Jawa yang biasanya penuh 'sesak', kota ini tak terkesan metropolis. Asap dari tong berisi sup mie tionghoa bercampur kepulan jelaga dari sotong pangkung membumbung dan menebarkan bayangan
Mungkin Masih Ada yang Belum Mengetahui Arti dari "Gong Xi Fa Chai"?
Mungkin Masih Ada yang Belum Mengetahui Arti dari "Gong Xi Fa Chai"?
 Dulu, kita yakin 100% bahwa arti dari Minal Aidizin wal Faidzin adalah Mohon Maaf Lahir dan Batin. Bahkan hingga kini pun, masih banyak yang memahami maknanya seperti itu. Penyebabnya adalah karena kedua kalimat dari bahasa yang berbeda itu, selalu muncul berbarengan. (Makna Minal Aidzin wal Faidzin sesungguhnya adalah "dari orang-orang
Bocah Bali, Peraih Nominasi Grammy Termuda Sepanjang Masa
Bocah Bali, Peraih Nominasi Grammy Termuda Sepanjang Masa
Musik Jazz dunia belakangan ini terkagum-kagumdengan kemampuan seorang anak berkemampuan khusus yang masih berumur 12 tahun. Siapa musisi Jenius musik yang pada bulan Januari lalu menempati peringkat 59 dalam 200 daftar musik terpopuler yang berasal dari Bali tersebut?
Hubungan Pelaut Bugis dan Aborigin (Australia) Jauh sebelum Bangsa Barat Datang
Hubungan Pelaut Bugis dan Aborigin (Australia) Jauh sebelum Bangsa Barat Datang
Hubungan antara orang Indonesia dan orang Aborijin Australia telah dimulai jauh sebelum adanya penghuni Eropa. Para pelaut dari Makasar dan Bugis mengunjungi pantai utara Australia setiap tahun setidaknya sejak tahun 1720-an sampai 1906 untuk mencari ikan teripang. Mereka memperdagangkan ikan teripang itu dengan pedagang Cina. Armada kapal laut yang jumlahnya antara 30
Mengarungi Persamaan Kosa Kata Bahasa Tagalog (Filipina) dan Indonesia
Mengarungi Persamaan Kosa Kata Bahasa Tagalog (Filipina) dan Indonesia
“Masih ingat lagu berjuduk “Anak”? Lagu berbahasa Tagalog ini pernah sangat popular di akhir tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an. Di Indonesia, lagu dengan versi bahasa Inggris juga sangat popular. Lagu yang kata-katanya sangat menyentuh dan nadanya sangat indah inilah yang pertamakali mengenalkan saya akan satu kata dalam bahasa
Suku Titisan Dewa di Tanah Papua
Suku Titisan Dewa di Tanah Papua
Pada jaman dahulu kala, satu Dewa bernama Fumeripitsy turun ke bumi. Ia menjelajah bumi dan memulai petualangannya dari ufuk barat matahari terbenam. Dalam petualangannya, Sang Dewa harus berhadapan dengan seekor buaya raksasa dan mengalahkannya. Walaupun menang, sang Dewa terluka parah dan terdampar di sebuah tepian sungai.( Tarian Perang suku Asmat |