Unpad di London

1. February, 2013 MSN No comments

18 Mahasiswa Universitas Padjadjaran Wakili Indonesia dalam London International Model United Nations 2013

Untuk kedua kalinya, Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam London International Model United Nations 2013 (LIMUN) yang ke-14 pada tanggal 15 Februari – 17 Februari 2013 dan akan diadakan di Central Hall Westminster dan Imperial College, London, Inggris. Acara ini akan diikuti oleh 1.500 delegasi yang merupakan mahasiswa dari berbagai Negara di seluruh dunia.

Universitas Padjadjaran sendiri, setelah melalui tahap penyeleksian yang ketat, telah memilih dan akan mengirimkan 16 mahasiswanya menjadi delegasi dalam perhelatan ini. Ke 16 mahasiswa tersebut adalah Annisaa Rahmi Said (Fakultas Ilmu Komunikasi 2010), Audia Syafa’atur Rahman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2009), Bryan Mikail Zaharias (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2011), Cesara Roesselin (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2009), Citra Kumala (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2011), Daniel Doloksaribu (Fakultas Hukum 2009), Eka Novia Endriany (Fakultas Pertanian 2009), Fuad Arrasyid (Fakultas Ilmu Komunikasi 2009), Jessica Krisheila (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 2011), Leo Chris Evan Sinulingga (Fakultas Hukum 2009), Ludwina Nofrida (Fakultas Hukum 2011), M. Vasser Khaya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2009), Maichel Galileo Sitompul (Fakultas Teknik Industri Pangan 2009), Rachmayanti Putri (Fakultas Hukum 2011), Sabrina Munggarani Yusuf (Fakultas Kedokteran 2009), dan Sasfia Candrianita (Fakultas Kedokteran 2009) serta 2 orang Faculty Advisor yaitu Rizkita Widya Murwani (Fakultas Hukum 2011) dan Yugo Dwi Sampurno (Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2009).

Dengan berbekal pelatihan selama berbulan-bulan, delegasi UNPAD akan bergabung dengan delegasi dari 340 universitas di seluruh dunia untuk melaksanakan simulasi konferensi sidang PBB dengan topik MDGs (Millennium Development Goals). Delegasi UNPAD akan menjadi representative suatu Negara dalam komite yang telah dipilih oleh pihak panitia.  Annisaa akan mewakili Thailand, Cesara (Namibia), Citra (Singapore), dan Daniel (Honduras) akan berada dalam komite United Nations Human Rights Council (UNHRC). Audia (Namibia), Leo (Honduras) dan Vasser (Singapore) akan berada dalam komite World Trade Organisation (WTO). Bryan (Thailand) dan Sasfia (Paraguay) akan berada dalam komite United Nations Development Programme (UNDP). Eka (Namibia), Maichel (Thailand) dan Racmayanti (Honduras) berada dalam komite United Nations Environmental Programme (UNEP). Fuad berada dalam komite International Atomic Energy Agency (IAEA) dan mewakili negara Australia, Jessica dengan negara Namibia berada dalam komite ketiga General Assembly – Social and Humanitarian and Cultural (SOCHUM), Ludwina mewakili Chad dalam komite African Union (AU), dan Sabrina mewakili Kuwait dalam komite League of Arab States (LAS).

Selama tiga hari mereka akan menyimulasikan dan mengikuti serangkaian kegiatan persidangan di komite masing-masing, sesuai dengan topik area yang berhubungan dengan topic umum, yaitu MDGs hingga mendapatkan resolusi yang merupakan hasil dari sidang PBB tersebut. Kegiatan ini memberikan manfaat yang positif bagi delegasi UNPAD. Selain akan melatih kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dalam bahasa Inggris yang formal dan meningkatkan kemampuan bernegoisasi dengan delegasi lain, mereka juga akan mendapatkan pengalaman dan tentunya ilmu serta pengetahuan baru, terutama yang berkaitan dengan negara yang akan mereka wakilkan. Mendapat kenalan baru dari negara lain dan mengetahui latar belakang negara serta budaya delegasi lain yang berbeda, juga akan menjadi kesan tersendiri bagi setiap delegasi. Apalagi, pihak panitia juga menyelenggarakan ajang Social Event yang akan menjadi kesempatan untuk mengenal delegasi lain dimana seluruh delegasi yang berpartisipasi dalam acara LIMUN 2013 ini akan disuguhi berbagai acara hiburan dengan kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain.

Diharapkan dengan partisipasi delegasi Universitas Padjadjaran di dalam acara London International Model United Nations 2013 ini dapat semakin mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional, dan menjadi inspirasi bagi anak bangsa yang lain untuk turut serta mengharumkan nama Indonesia yang tercinta ini.

About author
Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment