It’s the ‘Jakarta Model United Nation’

Flash back

JMUN 2011

Jakarta MUN perdana yang diinisiasi oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS), sebuah NGO yang bergerak pada isu-isu internasional. Pada tahun pertama telah berhasil menghadirkan150 partisipan dengan beragam latar belakang dari seluruh Indonesia. Mulai dari pelajar SMA hingga mahasiswa. Selain itu, Social Events yangdiselenggarakan Jakarta MUN 2011 di kemudian hari menjadi indikator bagi MUN lainnya terkait penyelenggaraan agenda social events.

 

JMUN 2012.

2012 menjadi MUN pertama bertaraf internasional. Partisipan JMUN 2012 tidak hanya berasal dari kota-kota besar di Indonesia, melainkan juga dari berbagai negara: Amerika Serikat, Inggris, India, Selandia Baru, Australia, Malaysia, Singapura, Laos, dan bahkan aplikasi yang datang termasuk dari negara-negara Afrika, seperti Ghana.

Latar belakang JMUN 2013

Terinspi rasi dari kesuksesan dua program sebelumnya, maka pada tahun 2013 ini Jakarta Model United Nations (Jakarta MUN) kembali digelar. Jakarta MUN merupakan simulasi sidang Per serikatan Bangsa-Bangsa berskala Internasional yang pertama kali diadakan di Indonesia. Para partisipan akan berperan sebagai diplomat Negara tertentu yang kemudian membahas masalah internasional layaknya proses yang terjadi dalam suatu konferensi PBB.

Program ini telah berhasil membawa perubahan bagi generasi muda Indonesia khususnya dalam menyebarkan ide serta nilai-nilai diplomasi disamping mengembangkan pengetahuan mengenai isu-isu dan fenomena internasional.

Alasan mengapa Model United Nation penting àEmpowering Youth to Inspire

Visi: Terciptanya perdamaian dunia melalui diplomasi dengan meningkatkan peran pemuda sebagai inti diplomasi negara-negara.

Misi: Memperkenalkan kultur diplomasi di tingkat internasional kepada pelajar dan pemuda.

Tujuan:  Menjadi wadah bagi pemuda untuk mempraktekan kemampuan public speaking, wawasan mereka terhadap isu internasional, dan kemampuan mereka dalam mempersuasi pihak-pihak lainnya.

Tema tahun ini : Youth Participation in Ending the Crisis.

Tema Tahun ini diangkat karena latar belakang kompleksitas krisis global yang sedang dihadapi oleh dunia kini. Beraneka ragam krisis terentang mulai dari masalah keamanan, ekonomi, hingga sosial terjadi di berbagai belahan dunia. Melalui tema ini, Jakarta MUN 2013 berusaha mengajak pemuda dari seluruh dunia untuk turut serta mendiskusikan persoalan yang ada demi menemukan solusi yang tepat.

 

RANGKAIAN AGENDA JMUN 2013.

PRE-EVENT

Calling for School/Campus Ambassador        :Jakarta MUN ingin menyebarkan penggunaan diplomasi sebagai media pencapaian perdamaian dunia. Untuk itu, Jakarta MUN memilih pemuda-pemuda dari berbagai belahan dunia untuk menjadi School/Campus Ambassador. Tugas mereka adalah menyebarluaskan informasi tentang Jakarta MUN dan isu-isu seputar tema Jakarta MUN 2013.

Calling For Volunteer             : Jakarta MUN adalah sebuah acara besar yang membutuhkan banyak SDM. Di sisi lain, ada banyak anak muda yang ingin ikut berpartisipasi di Jakarta MUN tetapi tidak sebagai delegasi. Oleh sebab itu, dimulai dari tahun 2013, Jakarta MUN membuka rekrutmen volunteer yang akan membantu panitia inti di hari pelaksanaan Jakarta MUN.

 

CONFERENCE: 17 – 21 Juni 2013

MUN 101        : Tidak semua delegasi mempunyai pemahaman yang sama tentang MUN terlebih tentang Rules of Procedure. MUN 101 menjadi sarana untuk memperkenalkan Rules of Procedure yang digunakan di Jakarta MUN 2013 kepada peserta.

Conference      : Rangkaian kegiatan utama dalam JMUN 2013 adalah sesi simulasi siding dimana para peserta yang disebut sebagai delegates (delegasi) akan berdiplomasi, bernegosiasi, berdebat dan berargumen dalam merumuskan suatu resolusi terhadap isu yang diangkat dalam komite masing-masing.

SOCIAL EVENTS

Opening Ceremony     : Upacara Pembukaan Jakarta Model United Nations 2013, melibatkan beberapa tokoh ternama terkait dengan tema yang diusung tahun ini. Upacara akan diakhiri dengan santap siang bersama. Setelah itu akan ada seminar dengan krisis sebagai tema utama. Akan menghadirkan pembicara dari institusi pemerintah terkait seperti Kementrian Luar Negeri. Di sini pula akan ada sosialisasi tentang APEC 2013 di mana Indonesia menjadi tuan rumah

Committee Dinner       : Sebelum konferensi dimulai, peserta dari masing-masing komite sidang akan berkumpul untuk melakukan makan malam bersama. Ini merupakan media bagi delegasi untuk mengenal sesama peserta, komite, pemimpin sidang, dan topik area melalui cara yang santai

Cultural Night             : Menyediakan kesempatan bagi delegasi untuk memperkenalkan budaya masing-masing daerah. Acara ini juga akan memperkenalkan budaya Jakarta kepada seluruh delegasi. Akan terdapat pertunjukan maupun stand-stand kuliner khas Betawi yang akan mengisi acar ini. Acara ini akan diikuti dengan penampilan budaya yang dipersembahkan dari, oleh dan untuk para delegasi

Closing Ceremony      :  Merupakan penutup dari rangkaian acara JMUN 2013. Closing ceremony akan berbentuk Gala Dinner yang mengundang perwakilan-perwakilan dari kementerian, media dan lain sebagainya. Di acara ini juga akan dilangsungkan pemberian penghargaan bagi delegasi yang memberikan performa terbaik.

After Party       : Menyediakan media bagi para delegasi untuk berinteraksi terakhir kalinya sebelum kembali ke daerah dan negara masing-masing.

SIDE EVENT

Parallel Discussion     : Untuk memperdalam pengetahuan peserta JMUN 2013 mengenai tema yang sedang dibahas, JMUN akan menghadirkan berbagai pakar dari bidang terkait. Melalui diskusi ini, diharapkan agar resolusi yang dihasilkan JMUN 2013 lebih bersifat substantive.

International Fair        : Di saat delegasi melakukan konferensi, akan ada stand-stand dari berbagai kedutaan negara-negara sahabat untuk membuka wawasan delegasi tentang kondisi negara lain di berbagai belahan dunia. Tidak hanya kedutaan-kedutaan saja, International Fair juga akan mengundang organisasi-organisasi non pemerintah dan kepemudaan untuk berpartisipasi dalam acara ini.

City Tour         : Setelah empat hari berkutat dengan diskusi dan resolusi, peserta akan diajak berkeliling Jakarta dengan mengunjungi beberapa institusi internasional yang ada di Jakarta. Delegasi akan dibawa ke European Union, ASEAN Headquarter, dan Kementrian Luar Negeri untuk menambah wawasan peserta.

Councils

Asia Pacific Economic Cooperation (APEC)

Indonesia akan menjadi tuan rumah dari pertemuan APEC di tahun 2013. Ini merupakan momentum yang sangat bagus untuk mensosialisasikan APEC kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu, Jakarta MUN mengambil APEC sebagai salah satu council di dalam konferensi. Tema yang diusung oleh council ini adalah ketahanan energi.

World Trade Organization (WTO)

Perdagangan adalah salah satu sumber utama kehidupan negara. Tidak adanya perdagangan menjadikan sebuah negara tidak dapat mengembangkan perekonomian dalam negara. Akan tetapi, perdagangan tidak selamanya lancar. Ada pertentangan antara masing-masing aktor yang terlibat di dalamnya. Masyarakat khususnya generasi muda harus memahami bagaimana perdagangan berlangsung dan bagaimana permasalahan diselesaikan. Oleh karena itu, WTO menjadi salah satu council utama di dalam Jakarta MUN 2013 ini.

World Health Organization (WHO)

Perubahan keadaan alam membuat dunia dihadapkan pada banyaknya jenis penyakit yang baru. Banyak negara menjadi korban dari perubahan keadaan alam yang banyak disebabkan oleh pemanasan global. Di berbagai negara, muncul berbagai jenis penyakit. Melihat situasi yang mendesak tersebut, Jakarta MUN merasa perlu mengangkat isu tersebut dan meletakkannya di dalam council khusus yakni WHO.

The United Nations Children’s Fund (UNICEF)

Anak-anak adalah aset berharga yang dimiliki oleh negara. Sebuah bangsa akan dapat maju jika mempunyai anak-anak yang tumbuh dengan baik. Sayangnya tidak semua orang tahu akan hal tersebut. Banyak kelompok masyarakat yang tidak memberikan hak sepenuhnya kepada anak-anaknya. Di beberapa negara, anak kecil telah dilengkapi dengan senjata untuk ikut bertempur dalam peperangan. Situasi ini mendorong Jakarta MUN memasukkan UNICEF ke dalam daftar council dalam konferensi.

 

North Atlantic Treaty Organization (NATO)

Dalam hubungan internasional, Isu keamanan adalah salah satu isu penting yang tidak bisa dihindarkan. Keamanan menyangkut eksistensi sebuah negara. Ada kepentingan negara yang bermain di situ. Menyikapi hal tersebut, NATO menjadi bagian dari Jakarta MUN 2013. Tema yang diangkat dalam council ini adalah NATO di Afghanistan paska 2014.

Registrasi

1.Apa saja kualifikasi untuk menjadi delegasi di JMUN 2013?

JMUN 2013 diperuntukan bagi Mahasiswa maupun pelajar Sekolah Menengah Atas, dari dalam negeri (nasional) hingga internasional. Mereka yang memiliki ketertarikan akan isu global, nantinya akan menjadi representasi sebuah negara dalam simulasi sidang PBB serta turut terlibat dalam penyusunan resolusi PBB. Selain itu dengan menjadi bagian dari JMUN 2013, para delegasi tidak hanya dapat menambah pengalaman dan pengetahuan, namin juga mendapat kesempatan untuk lebih mengeksplor Jakarta.

Namun, untuk dapat bergabung menjadi delegasi 2013 kamu harus terkebih dahulu menjawab sejumlah pertanyaan yang terdapat dalam formulir pendaftaran JMUN secara on­-line. Dari jawaban-jawaban yang tertera dalam formulir tersebutlah commite JMUN melakukan seleksi bagi mereka yang dapat berpartisipasi dalam konferensi JMUN 2013 ini. Jadi diharapkan semua peserta dapat mengisi formulir dengan baik dan serius.

2. Berapa banyak alokasi delegasi di tiap council-nya?

Dibawah ini merupakan jumlah delegasi yang akan ditempatkan ditiap council di JMUN 2013:

  • Asia Pacific Economic Coperation (APEC)  = 21 delegates
  •  World Trade Organization (WTO) = 190 delegates
  •  World Health Organization (WHO) = 120 delegates
  •  United Nations International Children Education Fund (UNICEF) = 120 delegates
  •  North Treaty Atlantic Organization (NATO)  = 28 delegates

 

3. Apakah kamu memerlukan partner untuk dapat berpartisipasi di tiap councilnya?

Setiap council di JMUN hanya menyediakan single delegates untuk tiap councilnya.

4. Apakah saya dapat memilih negara yang akan saya wakilkan dalam tiap councilnya?

Kami sangat memahami bahwa pilihan negara yang akan kamu wakilkan nantinya akan mempengaruhi pengalaman dan performamu dalam JMUN 2013. Oleh sebab itu, kamu dapat mencantumkan paling banyak 3 (tiga) negara yang kamu kehendaki untuk dapat kamu perankan dan commite JMUN juga akan menempatkan anda di council yang menjadi pilihanmu. Namun, karena tidak tertutup kemungkinan akan adanya kesamaan pilihan negara antar delegasi, maka alternatif lain yang dapat kami lakukan untuk tetap menampung aspirasi-mu dalam JMUN 2013 adalah dengan memberikan negara secara acak.

5. Kapan pendaftaran dapat dilakukan?

Pendaftaran dilakukan secara on-line dari tanggal 11 Maret hingga 8 April 2013

 

Registration Process

1. Bagaimana cara registrasi JMUN2013?

Buka dan isi link pendaftaran online dibawah ini dan kemudian klik submit :

https://docs.google.com/forms/d/1MW5Xk3N6WaaB-7GHdEcABljZQVW5JDCRmYqsY3WsZL8/viewform?token=XrbBVj0BAAA.eJrT-SM8L92sGSnKsEfg1A.GK8-jw9YtpVssuDH8r6VYw

Komite JMUN akan memberikan konfirmasi segera setelah formulir pendaftaran kami terima. Jika konfirmasi proses pendaftaran belum juga anda dapatkan dalam waktu 24 jam setelah anda melakukan registrasi, anda dapat menanyakan status pendaftaran anda melalui email kami [email protected] atau ke @jakartamun.

2. Jika saya telah mengirimkan formulir pendaftaran, bagaimana saya bisa mengetahui bahwa saya telah diterima?

Kami akan mengirimkan e-mail terkait status pendaftaran anda pada tanggal 15 April 2013

Biaya pendaftaran
1. Berapa biaya yang harus kami bayarkan untuk ikut serta dalamJMUN 2013?
Biaya pendaftara:

Delegasi nasional (Indonesian)           : Rp. 550.000,00

Delegasi internasional                         : 60 USD

2. Apa saja yang akan kami dapatkan dengan biaya pendaftaran tersebut?
Melalui biaya pendaftaran tersebut kamu akan mendapatkan: makan siang selama 5 hari, snacks untuk  workshop and opening ceremony, gala dinner, and the social events (cultural night).

3.  Apakah saya harus membayar lagi untuk agenda social event lainnya?

Komite menyediakan beberapa tempat alternatif di Jakarta bagikamu untuk merasakan suasana malam Jakarta, namun tidak termasuk transportasi, makanan, dan  miuman.

4.Kapan kah kami harus membayar biaya registrasi?Haruskah saya membayar biaya pendaftaran segera setelah mengirimkan formulir pendaftaran saya?

Biaya pendaftaran harus dibayarkan  pada tanggal yang telah ditentukan. Akan ada 2 fase pembayaran (silahkan lihat “IMPORTANT DATES JMUN 2013”). Kamu harus membayar biaya registrasi segera setelah mendapatkan email pemberitahuan dari kami untuk segera membayar. Bayarlah sebelum batas pembayaran yang ditentukan, atau tempatmu dalam konferensi JMUN 2103 akan segera diberikan kepada delegasi lain yang belum mendapatkan tempat karena keterbatasan kuota.

 

 

IMPORTANT DATES JMUN 2013

  • 11 March 2013
    Registration Open

  • 8 April 2013
    Registration Closed

  • 15 April 2013
    Announcement of the accepted delegates (Phase I)

 

  • 15 – 22 April 2013
    Payment phase I

 

  • 23 April 2013
    Announcement of promoted delegate from waiting list

 

  • 23 – 27 April 2013
    Payment phase for promoted delegate

 

About author
Comments

No comments yet.

Be first to leave your comment!

Nickname:

E-mail:

Homepage:

Your comment:

Add your comment