PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) proyek Hululais, berhasil menembus sumur panas bumi terdalam di Indonesia. Sumur itu memiliki kedalaman akhir mencapai 3.203 meter kedalaman ukur (mku).

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Geothermal Energy, Tafif Azimudin mengatakan, sumur Hululais yang terletak di Provinsi Bengkulu itu pertama dibor pada 28 November 2015 dan dinyatakan selesai pada 12 Maret 2016.

"Tentunya, pelaksanaan sesuai target telah ditetapkan," ucap Tafif melalui rilis.

Sumur geothermal terdalam di Indonesia sebelumnya adalah sumur AWI 9-9 di lapangan panas bumi Gunung Salak dengan kedalaman akhir mencapai 3170 mku. Sumur HLS-E/1 merupakan sumur pemboran berarah tipe big hole dengan sudut inklinasi mencapai 40,6 derajat.

Sumur itu terletak di Cluster E Proyek Hululais PGE. Sumur ini memperlihatkan potensi produksi yang cukup menjanjikan. Dari profil pemanasan (heating up) selama 13 jam, sumur HLS-E/1 dapat mencapai temperatur 270 derajat Celcius.

PLTP Kamojang
PLTP Kamojang

 

"Artinya sumur ini sangat memungkinan untuk mampu melakukan self-discharge sehingga dapat berproduksi lebih lama dari sumur lainnya," tutur Tafif.

Kemudian, zona loss sumur ini juga cukup tebal, ±1400 meter. Berpotensi untuk memberikan kontribusi produksi fluida besar sehingga kapasitas produksi sumur diharapkan dapat di atas target (ekivalen >10 MWe).

Keberhasilan ini sekaligus membuktikan kemampuan anak negeri dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi serta ketepatan model Geosains dan Reservoir yang telah disusun secara akurat.

Proyek ini sangat diandalkan untuk membantu mengatasi kekurangan kebutuhan energi listrik di wilayah Bengkulu dan sekitarnya.

"Melalui project Hululais, PGE diharap mampu menyumbang listrik sebesar 1x55 MW pada Januari 2018 dan tambahan 1x55 MW pada Desember 2019," ujarnya.

Proyek Panas Bumi Hululais, Bengkulu
Proyek Panas Bumi Hululais, Bengkulu



Seperti diketahui, PT PGE mengoperasikan delapan lapangan secara 'Own Operation' terdiri dari empat lapangan komersial, antara lain Kamojang (235 MW), Ulubelu (110 MW).

Kemudian, Lahendong (80 MW) dan Sibayak (12 MW). Sedangkan empat lapangan dalam tahap pengembangan (Lumut Balai, Karaha, Hululais, Sungai Penuh).

Saat ini, total kapasitas terpasang PT PGE sebesar 437 MW--setelah--beroperasinya PLTP Kamojang Unit 5--merupakan pengembangan dari Area Kamojang.

 

____

Money.id

gambar utama : Our-energy.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Inilah Kisah yang Mengubah Hidup Penulis Eat, Pray, Love Ketika Berkunjung ke Indonesia
Inilah Kisah yang Mengubah Hidup Penulis Eat, Pray, Love Ketika Berkunjung ke Indonesia
Penulis novel best seller, Elizabeth Gilbert, akhirnya angkat bicara mengenai perjalanan yang telah mengubah hidupnya.Namun siapa yang menyangka perjalanan tersebut adalah perjalanannya ketika berkunjung
Gunung Api Bawah Laut Mahangetang, Kedahsyatan Cincin Api Indonesia
Gunung Api Bawah Laut Mahangetang, Kedahsyatan Cincin Api Indonesia
Wilayah Sulawesi termasuk dalam wilayah pertemuan lempeng bumi. Kondisi geografis yang demikian menyebabkan Pulau Sulawesi memiliki kekayaan hayati yang mengagumkan. Termasuk diantaranya kekayaan hayati
Jembatan Udara Beijing - Lombok
Jembatan Udara Beijing - Lombok
Maskapai Citilink bakal membuka rute penerbangan dari Beijing, China menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai Juni tahun ini. Seperti diungkapkan  Kepala Dinas Kebudayaan dan
Karangsambung di Kebumen Akan Dikembangkan Jadi Geopark
Karangsambung di Kebumen Akan Dikembangkan Jadi Geopark
Alam Indonesia yang rentan terhadap pengerusakan terus diupayakan untuk dapat dilindungi dan lestari. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan wilayah tersebut menjadi
Inilah 10 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia
Inilah 10 Film Pertama yang Diproduksi di Indonesia
1. Loetoeng Kasaroeng (1926) Loetoeng Kasaroeng adalah sebuah film Indonesia tahun 1926. Meskipun diproduksi dan disutradarai oleh pembuat film Belanda, film ini merupakan film pertama
Pencak Silat Sunda Semakin Mendunia
Pencak Silat Sunda Semakin Mendunia
Pencak silat tradisional Jawa Barat semakin diminati oleh masyarakat di luar negeri. Tokoh pencak silat Sunda, Gending Raspuzi, akan melatih pencak silat pada tanggal