Salah satu dataran tinggi di Indonesia ternyata memiliki potensi alam berupa produksi kopi terbaik yang memiliki kadar asam dan kafein yang rendah serta kaya akan khasiat untuk berbagai macam penyakit. 

Di manakah daerah itu?


Ternyata di ujung Timur Indonesia yaitu dataran tinggi Papua merupakan tempat salah satu kopi terbaik yang dimiliki Indonesia.


“Kopi arabika yang ditanam di area puncak pegunungan Jayawijaya memiliki kadar asam yang mendekati nol, dan kafein yang rendah. Karena semakin tinggi tempatnya, kopi arabika akan semakin bagus,” ujar Kwei Ing, salah satu penyedia kopi arabika Papua saat Organic Weekend Festival di Hotel Crowne Plaza Bandung, Sabtu (19/03).


Menurut Ing, kopi arabika yang ditanam di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, secara geografis termasuk yang tertinggi di dunia. Sehingga bebas polusi, bebas hama, dan tidak membutuhkan pupuk.


Kopi istimewa tersebut telah diekspor ke beberapa negara Eropa bahkan Amerika, tapi masyarakat Indonesia banyak yang belum mengetahui kehebatan kopi Papua tersebut.


Menurutnya kopi organik tersebut memiliki antioksidan 10 kali dari buah lemon, dan digunakan sebagai obat beberapa penyakit di Amerika, seperti kanker payudara dan vertigo. Kafein yang didapat dari dataran tinggi papua merupakan pencegah kanker payudara terbaik.


Untuk menjaga kualitas biji kopi yang dipanen maka salah satu kopi arabika organik asal Papua ber label Hibo, setelah dipanen langsung diolah dan dikemas.


“Kopi arabika yang rentan terhadap hama, ditanam secara organik dan diberi perlakuan khusus agar bebas hama. Untuk menjaga kualitas, langsung di-roasted di Papua, baru dibawa keluar setelah siap,” ujar Ing.


Hibo sendiri mengeluarkan dua varian rasa yang berbeda sesuai dari tahapan pengolahannya. Pertama dark french yang lebih ringan dan memiliki warna yang lebih tembus pandang sedangkan black italian memiliki cita rasa arabika lebih kuat dan lebih hitam.
Ciri lainnya adalah Dark French memiliki rasa pahit yang sama seperti arabika pada umumnya tapi rasa asamnya lebih tipis. Sedangkan Black Italian, memiliki aroma dan pahit yang lebih kuat, tapi sama sekali minim rasa asamnya.


Ampas dari kopi organik tersebut baik untuk detoksifikasi. Caranya adalah dengan diseduh ulang dengan menggunakan air panas, dan diminum tanpa campuran.


Kopi arabika organik dari Papua tersebut dapat Anda dapatkan di Natural Farm, Trans Studio Mall Bandung, dan Graha Radio Maestro, Jalan Kacapiring nomor 12, Bandung. Untuk takaran 100 gram seharga Rp 65.000 dan 200 gram seharga Rp 100.000.



Sumber : travel.kompas.com 
Sumber Gambar : efekgila.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Selamat Datang di Aceh, Leonardo DiCaprio
Selamat Datang di Aceh, Leonardo DiCaprio
Bintang film dunia Leonardo DiCaprio ternyata menghabiskan hari Minggu (27/3/2016) kemarin dengan berwisata di Indonesia.Aktor yang baru saja meraih Oscar untuk perannya sebagai Hugh
2020 yang Menjanjikan
2020 yang Menjanjikan
Pasar e-commerce di Indonesia akan bergerak pesat dari US$ 1,3 miliar pada 2015, menjadi US$ 7,9 miliar pada 2020. Demikian sebuah laporan hasil riset
Makna Batik Parang yang Tak Sembarangan
Makna Batik Parang yang Tak Sembarangan
Saat ini penggunaan batik sudah tak lagi menjadi hal yang kuno dan dapat dijumpai dengan mudah setiap harinya tak lagi hanya hari Jumat dan
Sumur Panas Bumi Sedalam 3 km pun Tembus Sudah
Sumur Panas Bumi Sedalam 3 km pun Tembus Sudah
PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) proyek Hululais, berhasil menembus sumur panas bumi terdalam di Indonesia. Sumur itu memiliki kedalaman akhir mencapai 3.203 meter
Ini Dia 7 Situs Ramsar Yang Kamu Perlu Tahu
Ini Dia 7 Situs Ramsar Yang Kamu Perlu Tahu
Situs Ramsar merupakan kawasan-kawasan yang ditetapkan untuk melindungi kelestarian dan fungsi lahan basah di dunia. Penetapan Ramsar Site ini merupakan bentuk dari Konvensi Ramsar
Pisau Buatan Bandung ini digunakan Pasukan Khusus AS dan Yordania
Pisau Buatan Bandung ini digunakan Pasukan Khusus AS dan Yordania
Anda pernah mendengar nama pisau Victorinox buatan Swiss? Jika ya, mungkin Anda juga familiar dengan pisau Kardin. Di kalangan kolektor pisau, nama pisau Kardin