Kemarin (23/03) dua perangkat eksperimen siswa Indonesia diluncurkan ke antariksa dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat dengan Cygnus Cargo Freighter di atas roket Atlas 5 menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Eksperimen yang dibuat oleh oleh siswa-siswa SMA Unggul Del di Lagubotti, Samosir, Sumatera Utara tersebut ingin mengetahui pertumbuhan ragi di antariksa serta mengetahui apakah ada perbedaan dengan di muka bumi. (Baca juga: Hasil Penelitian Siswa SMA Unggul Del dari Indonesia Siap Diluncurkan NASA ke Luar Angkasa )

"Ini merupakan eksperimen pendahuluan sebelum meluncurkan eksperimen berikutnya untuk mempelajari how to grow tempe in space," kata JW Saputro yang memimpin proyek pelibatan siswa Indonesia dalam riset antariksa ini.

Eksperimen lain yang dikirim ke antariksa berasal dari tim siswa Jakarta dan Bandung. Eksperimen itu untuk mengetahui pertumbuhan padi di antariksa.

Setelah sampai ke antariksa, perangkat eksperimen akan dipindahkan ke Nanoracks, fasilitas penelitian milik United States National Lab di ISS.

Perangkat eksperimen yang dirancang oleh siswa-siswa Indonesia dilengkapi dengan kamera digital dan pengontrol mikro sehingga pertumbuhan padi dan ragi bisa diamati dari wilayah mana pun di bumi yang terhubung internet.

Beberapa hari setelah peluncuran ini, tim siswa akan mulai melakukan pengamatan dengan cara mengunduh foto-foto perkembangan eksperimen yang dikirim langsung dari ISS.

Dari hasil pengamatan tersebut siswa-siswi Indonesia akan mempresentasikan hasil penelitian di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC bulan November 2016.

Perangkat eksperimen dari siswa Indonesia diluncurkan bersama sejumlah perangkat canggih lainnya milik NASA, Badan Antariksa Kanada, Badan Antariksa Eropa (ESA), serta Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAEA).

 
Sumber : sains.kompas.com 
Sumber Gambar : wikipedia.org 

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
2020 yang Menjanjikan
2020 yang Menjanjikan
Pasar e-commerce di Indonesia akan bergerak pesat dari US$ 1,3 miliar pada 2015, menjadi US$ 7,9 miliar pada 2020. Demikian sebuah laporan hasil riset
Makna Batik Parang yang Tak Sembarangan
Makna Batik Parang yang Tak Sembarangan
Saat ini penggunaan batik sudah tak lagi menjadi hal yang kuno dan dapat dijumpai dengan mudah setiap harinya tak lagi hanya hari Jumat dan
Sumur Panas Bumi Sedalam 3 km pun Tembus Sudah
Sumur Panas Bumi Sedalam 3 km pun Tembus Sudah
PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) proyek Hululais, berhasil menembus sumur panas bumi terdalam di Indonesia. Sumur itu memiliki kedalaman akhir mencapai 3.203 meter
Ini Dia 7 Situs Ramsar Yang Kamu Perlu Tahu
Ini Dia 7 Situs Ramsar Yang Kamu Perlu Tahu
Situs Ramsar merupakan kawasan-kawasan yang ditetapkan untuk melindungi kelestarian dan fungsi lahan basah di dunia. Penetapan Ramsar Site ini merupakan bentuk dari Konvensi Ramsar
Pisau Buatan Bandung ini digunakan Pasukan Khusus AS dan Yordania
Pisau Buatan Bandung ini digunakan Pasukan Khusus AS dan Yordania
Anda pernah mendengar nama pisau Victorinox buatan Swiss? Jika ya, mungkin Anda juga familiar dengan pisau Kardin. Di kalangan kolektor pisau, nama pisau Kardin
Salah Satu Kopi Terbaik Indonesia Asal Papua Ini Ternyata Ampuh Cegah Kanker
Salah Satu Kopi Terbaik Indonesia Asal Papua Ini Ternyata Ampuh Cegah Kanker
Salah satu dataran tinggi di Indonesia ternyata memiliki potensi alam berupa produksi kopi terbaik yang memiliki kadar asam dan kafein yang rendah serta kaya