Perhatian terhadap para penyandang disbilitas dikalangan anak muda tampaknya semakin meningkat. Setelah sebelumnya terdapat kafe berkonsep Tunarungu yang ada di Pamulang, kini muncul juga sebuah aplikasi ponsel khusus yang ditujukan untuk para penyandang disabilitas. Aplikasi tersebut bernama Kerjabilitas.
 
Aplikasi yang dibuat oleh Rubby Emir tersebut merupakan aplikasi yang menjadi media penghubung antara pencari kerja dengan perusahaan. Secara konsep, aplikasi ini kurang lebih sama seperti aplikasi pencari kerja lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada penggunanya yang ditujukan untuk para penyandang disabilitas sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
 
Secara umum Kerjabilitas menyediakan tiga fitur utama, yaitu Disability Accessible Job Search, Career Networking, dan Career Online Course. Fitur andalan Kerjabilitas adalah Disability Accessible Job Search dan Career Online Course karena keduanya merupakan inti dari layanan ini.
 
Sebagaimana dirilis TechinAsia, Rubby tidak sendiri, dirinya membangun kerjabilitas beserta enam co-founder lainnya, mereka adalah Tety Sianipar (CTO), Ludmilla Williyanti (CFO), Alfian Firdaus (Programmer), Anisah Puji Astuti (Programmer), Ndaru Patma (Content Developer & Graphic Design), dan Eva Trisnawati (Admin & Social Media Marketing). Mereka berbasis di Jalan Sidikan Yogyakarta.
 
"Kami mencoba memfasilitasi mereka untuk menjadi pegawai di perusahaan," kata Rubby Emir seperti dikutip dari Republika.co.id, (08/03/2016).
 
Proses penggunannya cukup mudah, yakni pendaftar cukup melakukan registrasi, dan memilih perusahaan untuk tempat bekerja. Kemudian Kerjabilitas akan mencocokkan permintaan calon pekerja pada pihak perusahaan. Untuk memenuhi kriteria pekerja memang dibutuhkan beberapa persyaratan. Misalnya, pekerja tetap harus mempunyai jenjang pendidikan formal. Namun pihak Kerjabilitas akan meminta sedikit keringanan perihal tersebut. Sebab kemampuan atau pendidikan formal bagi penyandang disabilitas masih belum diperhatikan di Indonesia, karena ini juga Kerjabilitas menyediakan fitur Career Online Course.
 
Pengguna tidak hanya diberi kemudahan dalam mencari pekerjaan, pengguna seperti Tuna Netra juga diberikan kemudahan melalui fitur penerjemahkan teks ke suara (screen reader) beserta respon balik (talkback) sehingga dapa melakukan navigasi secara mudah. Perangkat akan membantu mengeluarkan suara sesuai dengan yang tampil di layar ponsel.
 
Kesuksesan aplikasi ini juga telah terbukti, hingga saat ini kurang lebih sebanyak 1500 pendaftar sudah tercatat sebagai member aktif Kerjabilitas.
 
‎"Sudah ada 20 pendaftar yang diterima bekerja di perusahaan," ujar pria lulusan Universitas Negeri Surabaya tersebut.
 
Rubby menjelaskan bahwa sekitar 250 perusahaan telah menjadi mitra dalam mempekerjakan para pekerja berkebutuhan khusus. Kerjabilitas berupaya bisa menjadi wadah para pekerja dengan kebutuhan khusus.

Sumber : Republika.co.id; techinasia.com
Sumber Gambar Featured: odr.dc.gov

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
 Beberapa kota di Indonesia memang menarik dan unik, baik dari budaya yang dimiliki maupun aktifitas pemerintahan yang tak jarang menjadi percontohan bagi banyak kota
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Minat pelajar asing untuk ke Indonesia diperkirakan akan meningkat pesat. Hal ini berkat kebijakan pemerintah terbaru yang akhirnya menerbitkan student visa (visa pelajar). Langkah
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Karya anak bangsa kembali lahir, Helion namanya, yang merupakan jawaban atas beberapa permasalahan yang dihadapi di Indonesia.Menurut data dari Bank Dunia, baru sekitar 29%
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Perairan Indonesia memiliki dua palung yang sangat dalam. Palung Laut Banda dan Palung Jawa di Samudera Hindia. Palung Jawa dalamnya 2500 meter sampai 5000
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
 Indonesia adalah rumah bagi beberapa tempat menyelam terbaik di dunia. Dengan perairan yang berkilau, suhu yang hangat, kehidupan laut yang bervariasi, para penyelam dari penjuru
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Berbicara parawisata Papua memang tak akan pernah ada habisnya, Papua benar seperti kata orang-orang: Surga kecil yang jatuh ke Bumi.Jika Raja Ampat merupakan salah