Kampanye kebersihan di Indonesia terus ditingkatkan tidak hanya tentang membuang sampah pada tempatnya, namun juga mulai menghindari penggunaan sampah plastik karena dianggap mencemari lingkungan. Sehingga mendorong anak-anak bangsa melalui komunitas yang peduli, melakukan deklarasi Indonesia bebas sampah 2020 yang dilakukan serentak pada 21 Februari yang lalu. Tidak hanya komunitas yang peduli terhadap isu sampah tersebut, peneliti pun juga melakukan hal yang sama dengan menemukan plastik yang ramah lingkungan. 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siaran persnya mengungkapkan bahwa telah ditemukan bahan pelentur plastik yang lebih ramah lingkungan dan juga bioplastik. Selain berusaha mengubah bahan plastik, LIPI juga berusaha membangun sistem pengolahan sampah yang efisien dan praktis. 
 
Bahan pelentur plastik yang dimaksud adalah plastik yang dibuat dengan bahan turunan minyak sawit, atau plasticizer. Senyawa campuran plastik jenis ini dianggap ramah lingkungan dan tidak mengancam kesehatan manusia. 
 
Plastcizer adalah bahan kimia yang ditambahkan ke dalam formulasi plastik untuk menambah sifat kelenturan plastik, terutama jenis plastk polivinil klorida (PVC). Beberapa jenis plasticizer yang umum digunakan saat ini adalah turunan phthalate yang bisa menyebabkan gangguan reproduksi dan hormonal pada kesehatan manusia. Penggunaannya sudah dilarang di banyak negara, terutama Uni Eropa.
 
Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Agus Haryono mengatakan plastik terbuat dari minyak bumi melalui proses polimerisasi dimana ikatan kimia pada polimer terebut sangat kuat dan sulit diputuskan. Proses penguraian sampah plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun. Penguraian itu semakin sulit karena penambahan bahan-bahan kimia, seperti pelentur (plasticizer), antioksidan, stabilizer, dan kandungan aditif lainnya.
 
Inovasi LIPI lainnya adalah bioplastik berbahan tapioka, selulosa dan poliasam laktat. Bioplastik ini bisa menjadi alternatif pengganti plastik konvensional sebab sifatnya mudah terurai secara sempurna oleh mikroba dalam tanah atau air.
 
 
Penemuan ketiga yang dibuat oleh LIPI adalah berupa sistem pengolahan plastik yang praktis, berupa mobile insenerator. Terkait penemuan ini, Agus menjelaskan bahwa sifat limbah plastik yang ringan namun volumenya tinggi sehingga tidak ekonomis jika diolah secara terpusat. Jika limbah dibakar di lingkungan terbuka, itu juga berbahaya karena menimbulkan gas dioksin dan furan yang memicu kanker. Sehingga perlu diciptakan sebuah sistem pengolahan yang mampu meminimalisir dampak tersebut.
 
Mobile insenerator adalah alat pengolah limbah, termasuk limbah plastik yang bisa berpindah-pindah tempat sesuai dengan kebutuhan. Pengolahan limbah plastik dengan menggunakan mobile insenerator dapat membantu untuk mengatasi permasalahan limbah plastik yang dikumpulkan pada beberapa tempat. Insenerator ini dapat mengolah sampah plastik tanpa perlu khawatir timbulnya gas dioksin yang berbahaya.
 
LIPI sendiri pada tahun lalu juga mengumumkan telah berhasil membuat sistem insinerator sampah yang lebih mutakhir yang mampu meminimalisir dampak polusi udara dari alat konvensional.
 
Penemuan LIPI ini merupakan kabar gembira bagi upaya mengurangi dampak sampah utamanya sampah plastik di Indonesia dan menjadi momentum untuk anak-anak bangsa menemukan solusi yang tepat bagi permasalahan global tersebut. Seperti diketahui bahwa permasalahan plastik tidak hanya menerpa Nusantara namun juga seluruh dunia.

Sumber : LIPI.go.id
Sumber Gambar Featured : BBC.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
 "Sorry, Mister. I am Tidak Sengaja"
"Sorry, Mister. I am Tidak Sengaja"
Seorang porter di Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate yang berusia muda tersebut kemudian menghampiri sang turis dan menyalaminya sambil membungkukkan sedikit badannya.
Peringati Peristiwa GMT, Palangkaraya Bangun Prasasti Gerhana
Peringati Peristiwa GMT, Palangkaraya Bangun Prasasti Gerhana
Euforia peristiwa alam gerhana matahari total (GMT) di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah dirayakan dengan cara yang sedikit berbeda dengan kota-kota lainnya. Di kota yang
Teliti Air Seni Ibu Hamil, Professor Asal Indonesia Temukan Obat Regenerasi Sel
Teliti Air Seni Ibu Hamil, Professor Asal Indonesia Temukan Obat Regenerasi Sel
Dunia mengenal Profesor Robert Charles Gallo sebagai salah satu peneliti yang diakui sebagai penemu virus HIV yang merupakan agen penyebab AIDS (1984). Tapi tahukan
Penemu 4G LTE, asli Kediri Jawa Timur
Penemu 4G LTE, asli Kediri Jawa Timur
Jakarta - Di negara-negara maju, teknologi Long Term Evolution (LTE) sudah bisa dicicipi sejak lama. Sedangkan Indonesia, baru menggelarnya di tahun 2014. Itu pun
Benteng Martello Pulau Bidadari
Benteng Martello Pulau Bidadari
Pulau Bidadari pulau resort yang terdekat dari Jakarta, sekitar 30 menit dari Marina Ancol jakarta dengan menggunakan kapal speedboat. Akomodasi cottage dibangun di darat
Wow, Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Cibodas
Wow, Bunga Bangkai Raksasa Mekar di Cibodas
Alam Indonesia menampakkan pesonanya. Kali ini bunga kebanggan alam Indonesia, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum Becc.) yang merupakan koleksi Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan