Mungkin kawan-kawan masih mereka-reka, seperti apakah webtoon itu? Webtoon, atau sering juga disebut webcomics, adalah komik yang didistribusikan lewat jaringan internet. Webtoon awalnya diinisiasi di Korea Selatan yang bisa kita baca dalam satu strip panjang (satu halaman website) dan juga berwarna. Di Korea Selatan biasa disebut Manhwa. Beda dengan manga (komik Jepang) yang biasanya hanya hitam putih.

Saat ini, Webtoon sudah menjadi salah satu pilihan bahan bacaan yang digemari segala umur. Hal ini juga seiring dengan terus berkembangnya tren smartphone yang membuka banyak peluang bagi orang-orang yang kreatif.

Dengan semakin populernya webtoon di Indonesia, semakin banyak juga anak bangsa yang menuaikan ide kreatifnya di bidang komik yang didistribusikan melalui jaringan internet ini.

Berikut ini beberapa komik karya kreatif anak Indonesia yang berhasil menduduki posisi popular di jaringan webtoon seperti dilansir harian Fajar.

1. My Pre-Wedding – Annisa Nisfiani

My Pre-wedding | foto zilliun.com


Webtoon karya Annisa Nisfihani ini menarik perhatian karena menggunakan kehdupan cinta sesame Pegawai Negeri Sipil atau PNS sebagai latar belakang ceritanya. Bercerita tentang Adelia, seorang wanita yang bekerja sebagai PNS yang tiba-tiba dilamar oleh Adimas yang tak lain adalah seorang PNS tampan yang selama ini hanya dia tahu namanya saja. Komik My Pre-Wedding ini sendiri adalah pemenang pertama dari Lomba Komik Webtoon yang diadakan beberapa bulan yang lalu.

 2. Eggnoid – Archie The Redcat

Eggnoid
Eggnoid


Komik Eggnoid merupakan salah satu peserta dari Lomba Komik yang diadakan oleh aplikasi yang menyiarkan Webtoon. Pada saat itu Archie The Redcat selaku penulis, berhasil menjadi salah satu dari pemenang kedua dari perlombaan kreativitas ini. Bercerita tentang, kehidupan seorang gadis yatim piatu bernama Kirana, yang menemukan telur berukuran besar yang berisi anak manusia tampan seusia dirinya.

 3. Flawless – Archie The Redcat dan Shinshinye

Flawless
Flawless

 

Archie The Redcat, Shinshinhye selaku penulis komik kali ini mengambil kisah seorang remaja buta bernama Elios yang berkenalan dengan Sarah secara tidak sengaja. Sejak pertemuan itu Sarah selalu memikirkan Elios, karena baginya Elios memang buta tapi sama sekali tidak seperti orang buta biasanya.

. 4. No Homo -Apitnobaka

No Homo
No Homo

 


Tidak seperti tiga komik di atas yang berlatar belakang percintaan. No Homo adalah kisah persahabatan sejati dua orang anak kuliahan yang sudah terjalin sangat dekat tapi malah sering di salah artikan oleh orang-orang di sekitar mereka. Brian dan Ditya adalah dua orang yang sudah tumbuh bersama sejak mereka kecil. Karya Apitnobaka ini sudah berhasil mendapat rate tinggi dari pembaca setianya, yaitu 9,58 rate.  Setiap episode diperbaharui setiap minggunya dengan mendapat sekitar 15ribu like setiap episodenya.

5. Nusantara Droid War – Satriaekz dan Vega Mandalika

Nusantara Droid War
Nusantara Droid War


Nusantara Droid War adalah komik dengan genre science-fiction buatan asli komikus Indonesia. Di dalam komik ini kamu akan diajak berfantasi ke dunia dimana sebuah game modern dengan karakter yang hidup saling unjuk kemampuan dan kekuatannya. Webtoon ini adalah buatan antara dua komikus berbakat bernama Satriaekz dan Vega Mandalika.


6. Si Juki: LIKA LIKU ANAK KOS – Faza Meonk

Si Juki Lika-liku Anak Kos
Si Juki Lika-liku Anak Kos

Si Juki sebenarnya sudah cukup populer dalam lingkungan anak muda Indonesia bahkan sebelum dimasukkan ke dalam Webtoon. Hingga saat ini Si Juki yang telah terbit hingga tamat pada episode ke 50 ini selalu memperoleh jumlah like sekita 25.000 likes. Hebat bukan. Walau sudah tamat Faza Meonk selaku penulis dari komik ini masih sering memberikan beberapa sekuel dari komik yang mendapat rating hingga 9,67 rate ini.

7. Tahilalats Nurfadli Mursyid

Tahilalats
Tahilalats

 

Tahilalats hadir dengan berbagai koleksi cerita pendek yang menyoroti kehidupan masa kini dengan kemasan yang dibumbui humor. Sampai saat ini komik karya Nurfadli Mursyid ini telah dipublikasikan sebanyak 78 episode di line webtoon dengan jumlah rating mencapai 9,64 rate. Setiap episode juga mendapat sekitar 25ribu like oleh para penggemarnya.

Sebenarnya masih banyak komikus lainnya yang telah mempublikasikan komiknya, namun yang disebutkan di atas adalah beberapa dari komik asli buatan anak bangsa yang populer. [ats]

Sumber: Fajar.co.id

Gambar; dari berbagai sumber

Gambar utama : anuraagh.blogspot.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
 Beberapa kota di Indonesia memang menarik dan unik, baik dari budaya yang dimiliki maupun aktifitas pemerintahan yang tak jarang menjadi percontohan bagi banyak kota
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Minat pelajar asing untuk ke Indonesia diperkirakan akan meningkat pesat. Hal ini berkat kebijakan pemerintah terbaru yang akhirnya menerbitkan student visa (visa pelajar). Langkah
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Karya anak bangsa kembali lahir, Helion namanya, yang merupakan jawaban atas beberapa permasalahan yang dihadapi di Indonesia.Menurut data dari Bank Dunia, baru sekitar 29%
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Perairan Indonesia memiliki dua palung yang sangat dalam. Palung Laut Banda dan Palung Jawa di Samudera Hindia. Palung Jawa dalamnya 2500 meter sampai 5000
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
 Indonesia adalah rumah bagi beberapa tempat menyelam terbaik di dunia. Dengan perairan yang berkilau, suhu yang hangat, kehidupan laut yang bervariasi, para penyelam dari penjuru
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Berbicara parawisata Papua memang tak akan pernah ada habisnya, Papua benar seperti kata orang-orang: Surga kecil yang jatuh ke Bumi.Jika Raja Ampat merupakan salah