Kembali, putera-puteri Indonesia mengukir prestasi di kancah global. Kini, mahasiswa-mahasiswi dan dosen Telkom University (Tel-U) menunjukkan kepiawaiannya menjadi salah satu yang terbaik dalam ajang bergengsi Global Mobile Innovators Tournament 2016 di Barcelona, Spanyol. 

Ajang ini diselenggarakan oleh IBM 4YFN (4 Years From Now), AT&T, KPN, Rogers Communications, and Vodafone di Fira Montjouic. Setelah bertarung dengan sembilan tim dari berbagai negara pada tahap semifinal, dua tim Tel-U Brainstat Studio yang mengusung konsep Transportation Safety dan tim Hoome yang mengusung konsep Smart Home berhasil lolos ke Barcelona hingga akhirnya berhasil menyisihkan empat finalis lainnya pada puncak acara.

The Global Mobile Innovators Tournament
The Global Mobile Innovators Tournament

Kedua tim tersebut terdiri dari tiga mahasiswa program studi Informatika, satu mahasiswa Teknik Elektro, satu dosen Informatika, dan satu dosen Fakultas Ilmu Terapan Tel-U.

Perjuangan mereka membuahkan hasil yang manis. Akhirnya Tim Brainstat Studio berhasil menjadi juara pertama pada kategori Connected Travel & Transportation, dan Tim Hoome berhasil menjadi Best Innovation pada kategori Smart Homes and Buildings.

Juara Satu! (foto dok.Telkom U)
Juara Satu! (foto dok.Telkom U)

Penghargaan yang sangat bergengsi,  mengingat keunikan hasil karya kedua tim dengan kategori yang berbeda.

"Tim Brainstat Studio mampu memonitor kondisi driver, apakah lelah atau mengantuk, guna mencegah terjadinya kecelakaan. Sedangkan Tim Hoome melibatkan Internet of Things, mampu mengatur suasana rumah sesuai dengan kondisi orangnya," papar Said Al Faraby dari Kemahasiswaan Fakultas Informatika.

Sajian solusi inovatif yang telah mereka lakukan, seperti dilansir situs resmi pengembang IBM, bahwa di samping mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil karyanya di IBM booth, mereka juga mendapatkan kesempatan besar untuk bertemu langsung dengan para investor di sana.

4yfn.com

Sehingga, kesempatan emas pun menghampiri mereka di mana kedua Tim Tel-U berhasil meraih simpatik dari Vodafone sebagai investor mereka saat ini Dody Qori selaku dosen Fakultas Informatika sekaligus pembina kedua tim mengaku sangat bersyukur karena jalan panjang mendekati kenyataan.

"Insya Allah, Vodafone akan membantu mewujudkan sebagai investor buat kami, semakin dekat ke jalan bahwa brainstat akan menjadi protokol standar keamanan transportasi dan Hoome akan menjadi rumah pintar pertama yang mengerti kita 100%," ujarnya.

 

 

Sumber : detik.com

gambar utama : goodnewsfinland.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Perhelatan Musik International Java Jazz 2016 Mengangkat Tema Exploring Indonesia
Perhelatan Musik International Java Jazz 2016 Mengangkat Tema Exploring Indonesia
Java Jazz adalah sebuah acara Musik International yang secara brandnya sudah cukup terkenal.Setiap tahunnya acara Java Jazz selalu ada yang Menarik, selain Musisi - musisi dunia yang akan tampil di acara ini, adalagi hal yang paling menarik di acara ini. yaitu bungkus kemasan acaranya yang disebut dengan Tema Acara.Di tahun
Lewat Hijab, Indonesia Tampil di Ajang Fesyen Internasional
Lewat Hijab, Indonesia Tampil di Ajang Fesyen Internasional
Indonesia yang dikenal sebagai negara yang toleran dan memiliki pandangan global saat ini dianggap sebagai negara yang banyak turut mewarnai dunia. Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak dunia, muslim Indonesia kerap menjadi panutan dunia dalam berbagai hal. Tidak terkecuali dalam hal fesyen, utamanya fesyen hijab.  Sekali lagi, anak bangsa Indonesia mendapatkan
Ini Dia Aplikasi-Aplikasi Andalan Anak Bangsa (I)
Ini Dia Aplikasi-Aplikasi Andalan Anak Bangsa (I)
Aplikasi digital telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat aplikasi juga, berbagai kebutuhan menjadi lebih mudah dan ringkas. Indonesia yang saat ini sedang mengalami bonus demografi dengan jumlah penduduk produktifnya mulai memuncak, membutuhkan inovasi-inovasi baru yang mampu memaksimalkan potensi demografi tersebut. Salah satunya adalah dengan optimaliasi ekosistem
Potensi Kontribusi UKM Tinggi, UKM E-commerce Makin Digarap
Potensi Kontribusi UKM Tinggi, UKM E-commerce Makin Digarap
Saat ini, Menteri Komunikasi dan Informatika akan fokus menggarap pengembangan perdagangan dan transaksi elektronik (e-commerce) pada usaha kecil dan menengah (UKM). "Kita fokus garap UKM, karena potensinya besar," kata Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Senin, seusai konferensi pers Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE).
Heera SKV: Dalam Hidup Selalu Ada yang Bisa Disyukuri
Heera SKV: Dalam Hidup Selalu Ada yang Bisa Disyukuri
Menjadi perempuan bukan alasan untuk tidak berkarya dan berdaya. Itulah prinsip dari Heera SKV, seorang entrepreneur muda yang sukses menjadi Owner & CEO Bursa Sajadah dalam 7 tahun terakhir.Sebagai generasi ke-dua, Heera, begitu ia biasa disapa, membawa Bursa Sajadah sebagai pusat oleh-oleh dan perlengkapan haji/umroh dengan konsep one-stop shopping pertama di Indonesia. Di bawah
Restoran di Bali Ini Masuk Dalam Daftar 50 Restoran Terbaik Se-Asia
Restoran di Bali Ini Masuk Dalam Daftar 50 Restoran Terbaik Se-Asia
Membuka usaha kuliner khususnya dengan konsep restoran tidak pernah mudah. Selain persaingan yang sangat tinggi, setiap restoran juga dituntut mampu untuk memberikan suasana dan kesan baik bagi pelanggan. Upaya yang dilakukan untuk menarik pelanggan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas dan menjaga layanan agar tetap baik. Beberapa lembaga penilaian restoran tingkat