Masyarakat tengah khawatir dengan kemampuan Indonesia bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Namun ditengah kekhawatiran tersebut perusahaan garmen asal Indonesia ini malah melakukan langkah strategis dengan melakukan ekspansi ke pasar negara Kamboja.

Perusahaan itu adalah PT Sri Rejeki Isman Tbk atau yang lebih dikenal dengan Sritex. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sritex telah mencapai kesepakatan untuk membangun pabrik baru di Kamboja untuk memenuhi permintaan di negara tempat Angkor Wat berada.

Sritex nantinya akan menyediakan seragam bagi petugas kepolisian Kamboja melalui anak perusahaannya, PT Panen Lestasi Bersama. Kerja sama ini telah ditanda tangani oleh Presiden Direktur PT Panen Lestari Bersama, Budi Susanto Soewono dengan Dirjen Logistik dan Keuangan Kementrian Dalam Negeri Kamboja, Jendreal Mao Bunarin pada 17 Februari yang lalu.
 
Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Kamboja Pitono Purnomo dan para pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri Kamboja.

Dubes Pitono Purnomo dalam sambutannya mengungkapkan rasa gembira dan menyambut baik kerja sama antara Sritex dan Kementerian Dalam Negeri Kamboja.

Dia juga menyampaikan bahwa Sritex merupakan salah satu produsen garmen terbaik di Indonesia dan telah memiliki reputasi internasional. Untuk itu, dia berharap agar kerja sama tersebut dapat berjalan baik sesuai dengan rencana. 

Pitono menyebutkan bahwa kerja sama pembangunan pabrik garmen itu sebenarnya adalah tindak lanjut dari hasil pembicaraan antara Presiden RI dengan Perdana Menteri Kamboja di sela-sela rangkaian kegiatan Konferensi Asia-Afrika pada 2015.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dalam pernyataannya kepada pers seusai pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, menyatakan harapannya agar pemerintah Kamboja dapat membeli pakaian seragam dan peralatan militer dari Indonesia, sebagai tindak lanjut dari rangkaian pelatihan yang diberikan Indonesia kepada sekitar 6.000 personel militer Kamboja dalam kerangka program bantuan peningkatan kapasitas.

Langkah strategis Sritex ini membuktikan bahwa garmen Indonesia telah mampu bersaing dalam skala Global. Perusahaan yang berbasis di Solo tersebut sebelumnya juga telah terkenal sebagai produsen seragam militer untuk pasukan NATO

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Featured : FinanceAsia.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Unik! Garam di tempat ini bukan dari laut
Unik! Garam di tempat ini bukan dari laut
Peribahasa garam di laut dan asam di gunung ternyata tidak selamanya benar. Di Desa Long Midang, Kalimantan Timur, garam justru dihasilkan di atas gunung. Ada hal tak biasa yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Garam yang biasanya berasal dari laut, bisa Anda temukan di gunung Kaltim, tepatnya
Industri Alutsista Indonesia, Amunisi Pertahanan Nasional
VIDEO 9 hours ago
Family Help Family, Program Merentaskan Kesenjangan Sosial dari Bandung
Family Help Family, Program Merentaskan Kesenjangan Sosial dari Bandung
Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Bandung akan meluncurkan sebuah program baru bernama “Family Help Family”, yaitu sebuah program sosial dimana Pemkot Bandung akan memfasilitasi keluarga kurang mampu untuk dipertemukan dengan keluarga asuh.
Tulehu, Negeri Samba di Tanah Maluku
Tulehu, Negeri Samba di Tanah Maluku
Siapa yang tak mengenal Lionel Messi, Neymar, hingga Cristiano Ronaldo. Legenda-legenda baru dari tanah Eropa dan Amerika ini memang telah mempesona banyak orang dengan sihir permainannya yang memukau. Tapi siapa sangka, di sebuah kampung di Maluku terdapat sebuah kampung bernama Negeri Tulehu, yang dikenal sebagai Negeri Samba dari tanah Maluku. Di negeri Tulehu talenta-talenta pesepakbola tangguh tanah air lahir disini.
Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
Desainer-Desainer Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
Sebagai negeri dengan latar belakang budaya dan kesenian yang sangat kaya dan beragam, Indonesia melahirkan para perancang-perancang busana dengan karya yang luar biasa. Seni dan budaya bangsanya menginspirasi karya karya mereka yang diakui oleh dunia. Beberapa diantaranya:Harry HalimCiri dari karya Harry Halim adalah perpaduan keindahan yang elegan dan berani. Salah satu
Menengok Tiga Desa Terbersih di Dunia
Menengok Tiga Desa Terbersih di Dunia
Seringkali kita lihat, desa-desa di Indonesia adalah sebuah 'laboratorium' sosial yang begitu kompleks dan menawan, menawarkan berbagai hal untuk kita pelajari. Tata sosial mereka, cara mereka terus menjaga hubungan kekerabatan antar anggota warga pedesaan, hingga kearifan lokal mereka dalam menjadi lingkungan hingga asri dan nyaman. Di desa saya dulu di