Pianis Indonesia, Joey Alexander membuat banyak orang berdecak kagum, bahkan tak sedikit media asing yang menempatkannya sebagai bocah ajaib yang memukau dengan permainan Piano Jazz nya kala tampil dalam penghargaan musik dunia Grammy Award 2016.


Joey, bocah berusia 12 tahun itu ternyata juga menyimpan kisah menarik dan pesan yang dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi kita semua.


Seperti dikutip dari laman BBC, musisi dengan tembang andalannya Giant Steps ini menuturkan asal muasal minatnya terhadap jazz.


“Semuanya datang dari orang tua saya. Sebenarnya ayah saya bisa sedikit bermain piano dan gitar. Saya mencintai suara piano dan itu yang membuat saya berminat. Seperti layaknya orkestra, ada 80 kunci dan ada suara bass-nya. Ini adalah alat musik yang lengkap dan itu menarik minat saya,” kata Joey.


Joey, yang kini tinggal di New York, Amerika Serikat, diketahui merilis album debutnya berjudul My Favorite Things pada Mei 2015 lalu.


Selama beberapa tahun terakhir, Joey telah menampilkan bakatnya pada berbagai pagelaran jazz, seperti Rochester Jazz Festival, Newport Jazz Festival, dan Jazz at Lincoln Center.


(Joey Alexander Saat Tampil di Grammy Award/asiancorrespondent.com)

Menurut Joey, hal yang membuatnya jatuh hati pada jazz adalah ‘kebebasan’ dalam bermusik.

“Kebebasan untuk mengekspresikan diri. Hal yang saya sangat sukai ialah swing dan improvisasi, bisa sedih atau senang. Jazz untuk semua kalangan, terutama anak-anak. Jazz bebas dan menyenangkan dan itu adalah jati diri seorang anak, bersenang-senang dan bebas. Ketika saya tampil, saya selalu mencoba menikmati bermain dengan rekan-rekan satu band dan dengan para penonton. Pada momen itu, saya merasakan yang saya rasakan,” kata Joey.


Untuk bisa tampil optimal, Joey mengaku berlatih selama dua hingga lima jam sehari. Namun, dia memastikan bahwa dirinya masih anak-anak.


“Saya masih suka bermain dengan mainan saya, saya bermain tenis dan berenang. Saya masih berusia 12 tahun dan saya masih Joey. Saya selalu ingin bermain musik ini, yaitu jazz. Saya ingin bermain bersama banyak musisi, saya ingin mengomposisi musik lebih banyak lagi, mengaransemen musik, dan pergi tur keliling dunia dengan musik saya,” ujarnya.


Joey pun menitipkan pesan semangat kepada para anak muda Indonesia, terkhusus kepada yang mengambil jalan musik sepertinya.


“Kamu harus punya harapan dan lakukan apa yang harus kamu lakukan dan jangan pernah menyerah !” ungkapnya.


Joey, kami tunggu karyamu selanjutnya.

Source : bbc.com

Foto : ted.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP