Siapa yang menyangka ternyata karya penelitian Putra/i SMA di Indonesia ternyata layak untuk diikutkan dalam penerbangan luar angkasa NASA. Penelitian tersebut merupakan hasil flight test micro laboratorium karya siswa SMA Unggul Del, Sumatera Utara yang diuji di Valley Christian High School (VCHS) bekerja sama dengan NASA, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Facebook SMA Unggul Del, hasil lab bertopik "Microaerobic Fermentation Under Microgravity" yang diuji pada 24-28 Januari 2016 dan akan diluncurkan ke ruang angkasa pada 30 Maret 2016.

Proyek yang dilakukan SMA Unggul Del di San Jose, Amerika Serikat ini merupakan salah satu program International Space Station (ISS) Project. Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara SMA Unggul Del dengan Valley Christian High School (VCHS) dan NASA, di Amerika Serikat.

Program ini mengundang dan menyeleksi sekolah menengah atas dari seluruh dunia untuk meneliti di stasiun ruang angkasa internasional. Tahun ini, penelitian ISS dari sekolah menengah Indonesia yang berhasil lolos uji coba dan akan diluncurkan ke luar angkasa.


"Kegiatan utama ISS Project adalah melakukan penelitian di stasiun ruang angkasa milik NASA. VCHS ditunjuk sebagai sekolah pelaksana kegiatan. Tahapan ISS Project mencakup Workshop Mentor, Penyiapan Dokumen dan Perakitan Microlab, Engineering Test, Flight Test, Launch Microlab ke ISS dan Analisis Data. Intinya proyek penelitian tim ISS dirancang dalam sebuah microlab yang akan dikirim ke ISS melalui roket tanpa awak," demikian dikutip dari laman Facebook SMA Unggul Del.

Program tersebut sudah dilakukan selama 15 kali (15 tahun) ini. Untuk tahun 2016 diikuti oleh 22 tim. Terdapat dua tim dari Indonesia, salah satunya yaitu SMA Unggul Del.

Minggu, 24 Januari, dua orang guru dan dua siswa dari SMA Unggul Del berangkat dari Jakarta menuju NASA di San Jose,...

Posted by Luhut Binsar Pandjaitan on Monday, January 25, 2016

Pada keikutsertaan pertama kali ini tim SMA Unggul Del terdiri dari 10 orang siswa, dua orang mentor (guru), dan satu orang administrator.

Tim ISS SUD telah melampaui beberapa tahapan dan tiba pada tahapan Flight Test. Microlab diuji di VCHS, San Jose, California apakah layak terbang atau tidak.

Sehingga dua orang mentor dan dua orang siswa SMA Unggul Del diutus untuk mengikuti Flight Test Microlab pada 24 - 28 Januari 2016. Dua siswa SMA Unggul Del tersebut masing-masing adalah Gilbert Nadapdap dan Gomos Parulian Manalu.

Maju terus dunia astronomi Indonesia!


Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 7 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Masjid ini dahulu pernah direnovasi oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Lokasi masjid sebelumnya merupakan kediaman Sultan Umar Akamuddin I (1708-1732M) yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah mushola. Inilah Masjid Jami Kesultanan Sambas yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Barat. Pemberian nama masjid ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Masjid ini
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sejak dahulu tanah Maluku terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Masyarakat Maluku bahkan pandai untuk memodifikasi atau meracik berbagai ragam kuliner mulai dari makanan hingga minuman dengan bahan dasar rempah. Ragam kuliner tersebut menghasilkan sajian istimewa nan khas yang mampu menggugah selera setiap orang yang mencicipinya.