Jenazah mendiang bintang rock legendaris, David Bowie, yang meninggal akibat kanker pada 10 Januari 2016 lalu, diketahui telah dikremasi dua hari setelah kematiannya. Apa yang belum sempat terungkap adalah bahwa abu dari proses kremasi jenazahnya itu ternyata ditebarkan di Bali, Indonesia, berdasarkan permintaan Bowie sendiri.

Tidak diperoleh keterangan apakah penebaran abu jenazah di Bali itu sudah dilakukan, sedang dijadwalkan, atau belum. Sejauh ini juga belum ada keterangan dari pihak keluarganya. Tapi yang jelas, sebagaimana antara lain dilansir Associated Press dan New York Daily News yang mengaku mendapatkan salinan surat wasiatnya, pesan itu secara jelas dicantumkan oleh Bowie.

( David Bowie, rocker asal Inggris yang meninggal beberapa waktu lalu | foto: Suara.com)

Dalam surat wasiat setebal 20 halaman yang sudah disiapkan sejak tahun 2004 itu, disebut bahwa Bowie ingin abu jenazahnya ditebar di Bali "sesuai dengan ritual Buddha". Disebutkan juga bahwa jika proses kremasi tak memungkinkan dilakukan di Bali, maka bisa dikremasi lebih dulu dan abunya tetap ditebarkan di Bali. Sertifikat kematiannya sendiri menyebut bahwa kremasi jenazah Bowie sudah dilakukan di New Jersey, pada 12 Januari lalu.


Dalam dokumen surat wasiat itu pula, disebutkan bahwa janda Bowie, supermodel bernama Iman, mendapatkan warisan kurang lebih separuh dari kekayaan sang superstar yang bernama asli David Robert Jones. Iman juga berhak atas apartemen mewah SoHo yang sebelumnya mereka tempati bersama. Selain itu, dua anak Bowie pun tak ketinggalan menerima warisannya.

Duncan Jones (44 tahun), putra pertama dari pernikahan Bowie sebelumnya dengan Angela Barnett, mendapatkan 25 persen dari total kekayaan Bowie yang ditaksir berjumlah USD100 juta (sekitar Rp1,36 triliun). Sementara Alexandria, putri Bowie dan Iman yang kini berusia 15 tahun, juga mendapatkan 25 persen, plus rumah di kawasan pegunungan Ulster County.

Tak ketinggalan menerima warisan Bowie adalah mantan asisten setianya yang juga sempat diisukan punya hubungan spesial dengannya, Corinne Schwab, yang mendapatkan USD2 juta (sekitar Rp27,4 miliar). Satu orang lagi yang masih diingat Bowie adalah Marion Skene, mantan pengasuh anaknya, yang diberikan warisan sebesar USD1 juta (sekitar Rp13,7 miliar).

Sebagaimana catatan SMH, kecintaan Bowie pada Bali agaknya berawal dari tur yang dijalaninya bersama Iggy Pop pada awal tahun 1980-an. Perjalanan itu pula yang disebut menginspirasi tembang yang dirilisnya tahun 1984, Tumble and Twirl.

Lantas tahun 1991, Bowie juga sempat membuat versi Bahasa Indonesia untuk salah satu lagunya, You Belong in Rock n' Roll. Informasi lainnya adalah bahwa salah satu villa milik Bowie di Mustique, sebuah pulau di Karibia, juga dibangun menggunakan inspirasi arsitektur Bali dan Jawa.

Suara.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Foto Indonesia dari Angkasa yang Membuat Takjub Astronot Jepang
Foto Indonesia dari Angkasa yang Membuat Takjub Astronot Jepang
"Ini foto-foto Indonesia. Negara yang sangat luas dan indah, dengan banyak pulau! Saya ingin mengunjungi negara menakjubkan ini!"Siapa sangka, tulisan pujian untuk Indonesia ini dibuat oleh Kimiya Yui, seorang astronaut berkebangsaan Jepang, dari stasiun luar angkasa.Kimiya Yui, sejak Juli lalu menjalani misi Expedition 44 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pada
10 Hal Tentang Asal-Usul Nama Indonesia yang Mungkin Belum Anda Tahu
10 Hal Tentang Asal-Usul Nama Indonesia yang Mungkin Belum Anda Tahu
Jauh sebelum Proklamasi Kemerdekaan, nama Indonesia sudah berseliweran dalam berbagai aktivitas politik kaum pergerakan: rapat akbar, aksi massa, pawai, famplet, koran, pemogokan, risalah-risalah, dan lain sebagainya. Kapan nama Indonesia pertamakali dipergunakan? Siapa sang penemunya? Dan bagaimana nama tersebut diadopsi menjadi nama sebuah nation dan negara? Mungkin diantara kita masih ada yang
Reblood, Startup Penyambung Nyawa Inisiasi Srikandi asal Surabaya
Reblood, Startup Penyambung Nyawa Inisiasi Srikandi asal Surabaya
Mengarungi dunia teknologi digital saat ini tidak lagi didominasi oleh kalangan pria, namun kalangan perempuan juga diberikan jalan yang luas untuk berperan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya perempuan yang berperan. Salah satunya dengan startup yang bergerak dibidang transfusi darah ini.
Aplikasi Karya Anak Bangsa ini Juara Asia Pasifik
Aplikasi Karya Anak Bangsa ini Juara Asia Pasifik
Satu lagi aplikasi karya anak bangsa yang kembali menunjukkan taring di kancah internasional. Adalah Bulp, aplikasi customer relations management (CRM) ini meraih prestasi di kompetisi startup se-Asia Pasifik.
"Temukan Bumi", Mahasiswi Indonesia ini Raih Penghargaan Dunia
Manuela Wijayanti, mahasiswi asal Indonesia, meraih penghargaan bergengsi, Edward L Ryerson Fellowship 2015, dari The School of the Art Institute of Chicago (SAIC) atau Sekolah Institut Seni Chicago, Amerika Serikat.Mahasiswi Bachelor of Fine Arts di bidang seni lukis dan menggambar itu meraih penghargaan atas karya penelitiannya berupa manuskrip dan artefak
Karya Anak SMA Sumatera Utara Akan Diluncurkan ke Luar Angkasa
Karya Anak SMA Sumatera Utara Akan Diluncurkan ke Luar Angkasa
Siapa yang menyangka ternyata karya penelitian Putra/i SMA di Indonesia ternyata layak untuk diikutkan dalam penerbangan luar angkasa NASA. Penelitian tersebut merupakan hasil flight test micro laboratorium karya siswa SMA Unggul Del, Sumatera Utara yang diuji di Valley Christian High School (VCHS) bekerja sama dengan NASA, Amerika Serikat.