Jomblo merupakan bahasa percakapan yang sering digunakan untuk orang yang tidak memiliki pasangan, dan mungkin kata ini sudah sangat tidak asing di telinga kita semua. Namun tahukah kamu bagaimana sejarah kata Jomblo itu sendiri ?

Sebenarnya kita selama ini salah dalam bentuk penulisan dan maknanya.  Kata Jomblo tidak akan kita jumpai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia manapun. Yang ada adalah kata Jomlo, tanpa menggunakan huruf b di tengah katanya.

Kata Jomlo sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang sudah dibakukan ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki arti negatif yaitu gadis tua. Makna kata ini merujuk pada seorang perempuan yang sudah tua umurnya tetapi belum juga menikah atau memiliki pasangan.

Namun penggunaan kata Jomblo kini mengalami perluasan makna. Yaitu perubahan makna kata yang khusus atau sempit menjadi makna yang lebih umum atau luas. Jomblo tidak hanya digunakan untuk seorang perempuan saja, kata ini juga digunakan untuk laki-laki.

Metamorfosis itu juga ternyata tidak hanya perubahan istilah dari Jomlo menjadi Jomblo. Sekarang Jomblo mendapatkan satu posisi yang berbeda, tidak dianggap aneh dan sememalukan lagi seperti dulu. Ada juga sih yang memandang Jomblo itu secara negatif (mungkin juga sinis *eh).

Tapi karena dampak modernisasi, kesibukan semakin padat sehingga orang jadi tak mau repot memikirkan pasangan hidup. Bisa jadi juga karena perbedaan jumlah antara cewek dan cowok sudah sedemikian lebar, selebar jurang antara aku dan kamu (yang ini bukan curcol).

Perbedaan jumlah dari jenis kelamin tadi membuat orang jadi makin banyak yang nge-Jomblo, orang lain pun kemudian menjadi biasa pula memandang Jomblo.

Inilah yang terjadi dengan kata Jomblo. Ia mengalami perluasan sejarah, tak hanya perubahan kata namun juga makna.

Bagaimana sekarang sudah mengerti sejarah Jomblo ?

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
 Maret 1940: Kekuatan Cinta pada Bangsa dan Kekalahan sang Adidaya
Maret 1940: Kekuatan Cinta pada Bangsa dan Kekalahan sang Adidaya
by Akhyari Hananto Bagi anda yang suka membaca sejarah, tentu tak akan melewatkan satu episode sejarah yang secara tragis mengubah wajah dunia selamanya. Yakni World War II, atau Perang Dunia II, sebuah tragedi kemanusiaan terbesar dalam sejarah umat manusia, yang melibatkan atau setidaknya mempengaruhi hampir semua negara, dan menghilangkan sekitar 80 juta
(Video) Petani Coklat Indonesia yang Akhirnya Menikmati Rasa Coklat Untuk Pertama Kali
(Video) Petani Coklat Indonesia yang Akhirnya Menikmati Rasa Coklat Untuk Pertama Kali
Tahukah anda, bahwa banyak petani coklat di Indonesia belum pernah merasakan coklat yang sering kita beli di toko-toko ? Indonesia adalah negeri penghasil coklat terbesar ke-3 di dunia, setelah Pantai Gading dan Ghana. Itulah yang kami ketahui saat berkunjung sentra perkebunan coklat di Lampung. Ketika kami tawarkan coklat ke para petani
Tanpa Awan di Bengkulu, Dunia Kiamat ?
Tanpa Awan di Bengkulu, Dunia Kiamat ?
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengungkapkan, bahwa penelitian cuaca dan iklim di Bengkulu yang telah dilakukan pihaknya akan berdampak besar terhadap dunia, karena iklim di Bengkulu dinilai mempengaruhi wilayah lainnya.
6 Aplikasi Buatan Anak Indonesia yang Mendunia
6 Aplikasi Buatan Anak Indonesia yang Mendunia
Dunia teknologi informasi berupa software berkembang pesat tiap harinya. Salah satu teknologi tersebut adalah perangkat lunak mobile. Di ujung dunia bagian A baru dikenalkan dengan salah satu teknologi tertentu namun di ujung dunia yang lain teknologi tersebut sudah
Ini Dia Aplikasi Informasi Cuaca Asli Indonesia, Sudah Coba?
Ini Dia Aplikasi Informasi Cuaca Asli Indonesia, Sudah Coba?
Kondisi cuaca yang tidak menentu mengharuskan kita untuk lebih sering melihat prakiraan cuaca beberapa hari kedepan. Namun permasalahannya adalah sering kali prediksi kondisi cuaca di setiap daerah masih bergantung pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat dan informasinya cenderung sulit untuk diketahui. Nah, kabar baiknya adalah untuk mengatasi keterbatasan
Penemu Circularly Polarised Synthetic Aperture Radar berasal dari Indonesia
Penemu Circularly Polarised Synthetic Aperture Radar berasal dari Indonesia
Sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali peneliti dan ilmuwan berbakat yang sangat berpotensi dan disegani.Meskipun demikian, dengan banyaknya ilmuwan dalam negeri justru tidak banyak yang mengetahui keberadaan mereka serta apa saja hasil penemuan yang ternyata sangat bermanfaat dan sudah diapresiasi oleh dunia secara luas. Dari sekian banyak ilmuwan yang mendunia dari