Musim durian tampaknya sudah tiba. Buah yang menjadi ciri khas ASEAN ini telah panen diberbagai tempat. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Filipina, Malaysia dan Thailand. Meski buah durian ini sangat populer di ASEAN, namun tetap saja durian masih dianggap sebagai buah yang dilarang untuk dibawa di beberapa tempat seperti hotel. 

Nah, kabar baiknya bagi Kawan Goodnews yang sangat gemar menyantap durian. Kota Semarang tidak lama lagi akan diserbu ribuan durian dalam rangka Festival Durian. Festival Durian ini akan digelar di Kecamatan Mijen, Kota Semarang, bakal diisi oleh sekitar 15.000 buah durian.

Festival yang akan digelar pada 23-24 Januari mendatang tersebut menghimpun sekitar 15 petani dari berbagai wilayah di Kota Semarang untuk membuka stan di lokasi.

Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto mengatakan Festival Durian merupakan pagelaran rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

"Hal ini dilakukan untuk mengangkat potensi produk durian yang berasal dari Kota Semarang, khususnya durian kholil yang dikembangkan oleh petani di Mijen," ujar Tavip.

Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui bahwa Kota Semarang juga memiliki mempunyai produk buah durian unggul dan dapat dikenal di Indonesia.

Selain akan ada ribuan durian dijajakan, festival ini akan diramaikan dengan berbagai perlombaan seperti Lomba Durian Unggul; Lomba Makan Durian; Lomba Makan Rambutan; hingga Lomba Olahan Pangan Durian. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Lapangan Jatisari Mijen.

Menariknya, bagi pengunjung yang tidak menyukai durian, festival ini juga akan terdapat buah-buahan lain hasil produksi kebun lokal yang akan dipamerkan, seperti klengkeng, rambutan, srikaya, jambu kristal dan lain-lain.

sumber: Bisnis Indonesia

0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Penyair Asal Indonesia Raih Penghargaan di Malaysia
Anak bangsa kembali mengharumkan nama Indonesia. Kali ini kabar gembira datang dari dunia sastra.Seorang penyair wanita asal Indonesia, Sastri Bakry terpilih sebagai peraih Anugerah Srikandi Numera 2016. Penghargaan tersebut, menurut rencana, akan diserahkan pada acara Ekspresi Puisi Dunia Numera yang diadakan oleh Persatuan Sasterawan Numera Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia,
Aplikasi Karya Anak Bangsa ini Juara Asia Pasifik
Satu lagi aplikasi karya anak bangsa yang kembali menunjukkan taring di kancah internasional. Adalah Bulp, aplikasi customer relations management (CRM) ini meraih prestasi di kompetisi startup se-Asia Pasifik.
Ini Dia Kapal Perang Karya Anak Bangsa yang Mencatat Sejarah
Kapal buatan anak bangsa yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Senin (18/1/2016) yang lalu, PT PAL Indonesia (Persero) secara resmi memperkenalkan 2 jenis kapal perang produksinya yakni Strategic Sealift Vessel (SSV) pesanan militer Filipina dan kapal Guided Missile Frigate/Perusak Kawal Rudal (PKR) pesanan TNI AL.
Jejak Satelit Indonesia
Sepanjang sejarah, satelit milik Indonesia yang telah diluncurkan mencapai 13 satelit. Selama 36 tahun sejak pertama kali Satelit Indonesia mengorbit pada 1976, tiga satelit gagal beroperasi secara penuh.
Jaringan Pipa Gas Sepanjang Lebih dari Jarak Sabang-Merauke
Penggunaan bahan bakar berbasis gas tampaknya mulai menggeliat di Indonesia. Semenjak minyak tanah digantikan oleh tabung-tabung LPG beberapa tahun silam, popularitas bahan bakar sepertinya mulai meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan terus berkembangnya jaringan pipa miliki PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) hingga akhir tahun lalu telah menjadi jaringan pipa
Eksotisme Hutan Mati Papandayan
Kawasan ini merupakan salah satu bagian eksotis dari Gunung Papandayan. Sebuah padang yang menyajikan pemandangan pohon-pohon kering dan memberikan pesona keindahan yang eksotis. Inilah Kawasan Hutan Mati, kawasan yang biasa dilewati para pendaki Gunung Papandayan sebelum sampai ke puncak Tegal Alun. Merunut pada sejarah, pemandangan pohon-pohon mati di Hutan Mati ini