Ilmuwan-ilmuwan Indonesia terus menerus mendapatkan penghargaan internasional. Berkat kemampuan dan kontribusinya yang dianggap penting dalam bidang hidrologi, Guru Besar bidang Geofisika dan Meteorologi, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Dr. Hidayat Pawitan mendapat United Nation Education Science and Cultural Organization - International Hidrologycal Programme, Regional Steering Committee for Southeast Asia and the Pacifik (UNESCO-IHP RSC-SEAP) Award.

Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi dan dedikasi Prof. Hidayat dalam berbagai kegiatan UNESCO-IHP RSC-SEAP. Penghargaan ini diberikan oleh Ketua UNESCO-IHP RSC-SEAP, Kaoru Takara saat 50th Anniversary of UNESCO IHD and IHP di Medan.
Prof. Hidayat Pawitan (Foto: Jafkhairi / ANTARA)

Prof. Hidayat mengatakan, anggota peneliti IHP dari Indonesia hanya 20 orang dan tiap enam tahun di-update. Mereka berasal dari LIPI, Pekerjaan Umum, balai-balai penelitian dan perguruan tinggi. “Sudah lebih dari 20 tahun saya ikut berkontribusi dan berkiprah sebagai anggota IHP. UNESCO menerbitkan katalog mengenai kondisi sungai-sungai di dunia (Catalog of Rivers), saya menjadi editor pada dua dari 50 volume katalog tersebut. Karena itulah mereka memberikan penghargaan tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan katalog tersebut berisi perkembangan terkini kondisi sungai-sungai di dunia dan secara berkala dilakukan revisi. Katalog ini menjadi salah satu acuan para peneliti dan stakeholder untuk melakukan penelitian dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Menurutnya, tidak mudah untuk menjadi anggota UNESCO-IHP RSC-SEAP. Ada seleksi ketat dan rekomendasi dari tim khusus. Sejak tahun 1996, Prof. Hidayat selalu mengikuti berbagai pertemuan ilmiah dan kegiatan aksi UNESCO-IHP-RCS-SEAP di berbagai negara.

sumber: IPB News

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Gerakkan UKM Dari Offline Menuju Online Telkom Bangun Kampung UKM Digital
Gerakkan UKM Dari Offline Menuju Online Telkom Bangun Kampung UKM Digital
Sejak Juni 2015 lalu, sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui ICT maka Telkom membangun Kampung UKM Digital dengan bantuan sejumlah produk-produk Telkom, seperti Jarvis Store, BosToko, Blanja, dan Direktori UKM Smart Bisnis.
BASARNAS Bakal Semakin Tangguh Dengan Fasilitas Baru ini.
BASARNAS Bakal Semakin Tangguh Dengan Fasilitas Baru ini.
Aktifitas Search and Rescue atau yang lebih sering dikenal dengan SAR merupakan opoerasi yang sangat beresiko. Tidak hanya bermisi untuk menyelamatkan korban tragedi ataupun bencana alam, namun tenaga yang diterjunkan juga harus mampu kembali dengan selamat. Sehingga perlu pelatihan, peralatan dan informasi yang memadai.  SAR Indonesia sendiri telah dikenal sebagai badan
Kainka: Karya Mahasiswa ITB yang Ramah Lingkungan dan Berbudaya
Kainka: Karya Mahasiswa ITB yang Ramah Lingkungan dan Berbudaya
Kainka adalah produk fashion outer yang terbuat dari kain tenun tangan, dengan perpaduan motif batik khas pekalongan dan proses pewarnaannya menggunakan bahan pewarna alami.
Startup Indonesia Ini Tengah Berjuang Ikuti Program Accelerator di Silicon Valley
Startup Indonesia Ini Tengah Berjuang Ikuti Program Accelerator di Silicon Valley
Mereka adalah tim dari Badr Interactive. Perusahaan tersebut menjadi perusahaan Indonesia pertama yang masuk dalam program inkubasi 500 Startups Accelerator yang berlangsung selama 5 bulan terhitung sejak Januari 2016 lalu.
BUMN ini Akhirnya Membuka Kantor di Silicon Valley
BUMN ini Akhirnya Membuka Kantor di Silicon Valley
Perusahaan BUMN ini membuat membuat kejutan pada 18 Februari 2016 lalu, dengan membuka kantor pertamanya di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS). PT Telkom Indonesia, melalui anak perusahaannya Metra Digital Investama (MDI) membuka kantor di wilayah negara bagian California tersebut, dengan menggandeng Perusahaan AS Plug n Play (PNP) untuk mendukung aksinya membangun ekonomi digital.  PnP
 Printer 3D dari Cirebon
Printer 3D dari Cirebon
Perkembangan masa depan teknologi terus menerus tidak dapat diprediksi. Tren demi tren baru datang menggantikan teknologi yang lama. Tidak terkecuali pada dunia cetak atau printing yang metode dua dimensi lama mulai tergantikan oleh teknologi tiga dimensi. Saat ini teknologi cetak tiga dimensi disebut-sebut sebagai masa depan dari kreatifitas. Berdasarkan laporan yang