Tahun Baru, Empat Anak Bangsa Harumkan Nama Indonesia di Negeri Tirai Bambu

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Mengawali tahun baru, lembaran-lembaran target pencapaian baru tentu saja menjadi hal yang lumrah. Terkait pencapaian tersebut, terdengar kabar menggembirakan dari Negeri Tirai Bambu. Pasalnya empat mahasiswa Indonesia mendapatkan penghargaan pada perayaan tepat pada malam tahun baru di Nanchang University, Cina yang beritanya tenggelam diantara hingar bingar kemeriahan malam pergantian tahun.

Keempat mahasiswa/i yang mengharumkan nama Indonesia tersebut sedang menuntut studi S-2. Mereka adalah Marvilo Junelton Nathaniel Jacob yang terpilih menjadi the excellent Student untuk tahun 2014/2015, sementara tiga orang lainnya adalah Arini Junaeny, Sitti Marwah dan Muh. Nurckhalik Djirimu yang dianugerahi predikat Best Students in Sport and Art tahun 2014-2015.

tahun baru cina

Memang, sejak awal datang ke Nanchang untuk melanjutkan pendidikan, keempat mahasiswa tersebut sudah aktif mengikuti berbagai kegiatan kampus, baik itu yang dilakukan di lingkungan kampus Universitas Nanchang maupun di lingkungan International Exchange Collage itu sendiri. Berbagai prestasi dan penghargaan juga mereka raih.

Saat ini Marvilo terdaftar sebagai mahasiswa magister semester satu jurusan Komunikasi. Berbagai prestasi dan penghargaan sudah didapatkannya seperti juara satu lomba menyanyi Bahasa Mandarin tingkat mahasiswa asing, juara empat lomba menyanyi tingkat universitas 2015, dan Excellent Prize pada lomba Chinese Contest ke tiga yang diadakan oleh Provinsi Jiangxi.

Sedangkan Arini adalah mahasiswi magister semester satu jurusan Linguistik. Dirinya telah beberapa kali mendapatkan penghargaan, diantaranya Outstanding Prize pada lomba Chinese Competition tingkat mahasiswa asing 2014, juara satu pada lomba The First International Student’s Art Contest Painting Group dan International Exchange Collage di tahun 2015.

Srikandi selanjutnya adalah Marwah yang merupakan mahasiswi magister semester satu jurusan Hubungan Internasional. Dirinya adalah peraih berbagai juara kompetisi bahasa dan sastra di negeri panda tersebut. Beberapa pencapaiannya adalah juara tiga lomba pidato Bahasa Mandarin tingkat mahasiswa asing 2014, juara dua lomba Nanchang University 1st Confucius Institute Cup Original Literature and Art Work Contest 2015 serta juara tiga lomba pidato Bahasa Mandarin tingkat mahasiswa magister Universitas Nanchang 2015.

Anak bangsa terakhir adalah Nurckhalik yang saat ini aktif sebagai mahasiswa jurusan Tourism. Prestasi yang didapatkannya adalah juara dua lomba pidato Bahasa Mandarin tingkat mahasiswa asing 2014, juara dua lomba menyanyi Bahasa Mandarin tingkat mahasiswa asing 2014, juara tiga lomba fotografi tingkat kampus 2015, dan juara satu lomba ICC snapsot “Akulah duta kampong halamanku” 2015.

Istimewanya lagi, keempat mahasiswa berprestasi tersebut merupakan jebolan Universitas Hasanuddin Makassar.

Empat mahasiswa Indonesia peraih penghargaan dari Nanchang University, China. Dari kiri ke kanan: Marvilo, Arini, Marwah, Ckhalik. (Foto: Sitti Marwah / Okezone)

Empat mahasiswa Indonesia peraih penghargaan dari Nanchang University, China. Dari kiri ke kanan: Marvilo, Arini, Marwah, Ckhalik. (Foto: Sitti Marwah / Okezone)

“Saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME karena rahmatnya saya bisa sehat dan mampu memberikan yang terbaik dalam studi sehingga saya mampu menjadi perwakilan dari Indonesia mendapatkan predikat sebagai excellent student. Penghargaan ini tentunya juga tidak terlepas dari dukungan para guru dan teman-teman semua yang ada di sini,” ujar Marvilo sebagaimana dikutip dari Okezone.

Dia berharap, selalu diberikan kesehatan, kemampuan serta persahabatan yang lebih mendalam antara sesama mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing dan mahasiswa lokal. Sebab, kata Marvilo, hidup sebagai mahasiswa asing dan jauh dari keluarga adalah hal yang berat, tetapi adanya dukungan dari teman-teman bisa membuatnya semakin semangat dan lebih giat lagi dalam belajar dan berkarya.

“Saya juga berharap agar saya dan teman-teman bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar dengar menorehkan prestasi-prestasi, baik itu prestasi di bidang akademis maupun prestasi dalam setiap kegiatan dan lomba yang diadakan oleh kampus. Kita harus buktikan bahwa kita adalah bangsa yang hebat dengan tunas-tunas bangsa yang berkualitas,” tegasnya.

Acara penganugerahan tersebut berlangsung di lantai 1 Gedung International Exchange Collage, Universitas Nanchang dengan dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa. Acara dibuka oleh direktur International Exchange Collage Prof. Li Bao Ming dengan menyampaikan selamat tahun baru kepada seluruh mahasiswa asing , pejabat serta dosen-dosen yang hadir saat itu. Dia juga menyampaikan harapannya agar tahun-tahun kedepannya kita semua mendapatkan kebahagiaan.

Hingga tahun ini mahasiswa asing yang belajar di Universitas Nanchang sebanyak 771 orang. Mereka berasal dari berbagai belahan dunia seperti Pelestina, Yordania, Afrika Selatan, Papua Nugini, Arab Saudi, Bangladesh, India, Pakistan, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia, Tonga, Mauritius, Korea, Yaman, Prancis, dan Indonesia.

Perayaan malam tahun baru di Universitas Nachang sendiri dimeriahkan dengan cukup berbeda. Sebab malam perayaan dimeriahkan dengan penampilan dan pertunjukan dari para mahasiswa asing, seperti menari, menyanyi, berpuisi, pemapilan double stick, dan fashion show yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa asing dari berbagai negara. Setiap mahasiswa asing memakai pakaian tradisional negara masing-masing tidak terkecuali mahasiswa dan mahasiswi Indonesia. Selanjutnya acara akhiri dengan memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi tahun 2014-2015, kemudian ditutup dengan foto bersama.

sumber: Okezone

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ