Mahasiswa UNS Solo: Tak Sekedar Belajar Teori, Ini Saatnya Beraksi

Written by Hello Kemujan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Kemujan, Kecamatan Karimun Jawa, selama 40 hari. Kegiatan yang diadalakan pada bulan Januari hingga Februari 2016 ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) kepada masyarakat. Dibawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UNS tim KKN UNS Desa Kemujan melakukan pengembangan potensi masyarakat dengan tema “Pengembangan Potensi Desa Kemujan Menuju Desa Wisata Terintegrasi”.

Program kerja yang dijalankan difokuskan pada pengembangan potensi wisata, meliputi Workshop Tourism Skill Development, Sosialisasi Potensi Wisata Desa Kemujan, Tourism Mapping, pembuatan dan pengelolaan akun media sosial dan website Kemujan, dan publisitas di media massa. Selain program tersebut, akan dilaksanakan pula program kerja terintegrasi dalam rangka mewujudkan Desa Wisata Kemujan. Diantaranya: pendirian pos baca dan belajar untuk anak-anak, pengadaan tempat sampah di lokasi wisata, pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas, pelatihan pembuatan nuget ikan dan manisan rumput laut, serta pelatihan pembuatan pupuk dari jambu mete.

Kegiatan KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta ini selain mengembangkan masyarakat, juga bertujuan untuk pemerataan pembangunan di daerah atau pulau terpencil di Indonesia, yang pada dasarnya mempunyai potensi, namun belum dikembangkan dan belum terjangkau. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan dengan 17.504 pulau kecil yang 55% nya masih belum terjangkau oleh pemerataan pembangunan. Sementara kondisi Pulau Kemujan saat ini tidak ada akses internet, listrik hanya menyala selama 6 jam dalam sehari, dan keterbatasan buku, bahan bakar, serta bahan pangan saat musim hujan karena akses keluar pulau terbatas. Padahal Desa Kemujan seniri memiliki banyak potensi wisata alam.

”Diharapkan nantinya program ini sustain artinya setelah kegiatan kami selesai, masyarakat Kemujan secara mandiri dan terus menerus meningkatkan potensi desa, terutama disektor ekonomi kreatif dan pariwisata,” jelas Afri Winursito, koordinator Tim KKN Desa Kemujan.

Tim KKN UNS Surakarta Desa Kemujan 2016 | Email: [email protected] | CP: Afri Winursito +6281391717184

Written by Hello Kemujan Member at GNFI

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) kepada masyarakat. Dibawah bimbingan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) UNS, terbentuklah tim KKN untuk ditempatkan dan melakukan pengembangan masyarakat. Ditindaklanjuti dengan komunikasi antara anggota KKN dengan pemerintah daerah dan diwujudkan dalam program kerja KKN.

More post by Hello Kemujan