By Akhyari Hananto

Tanpa kita sadari, era Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah kita masuki sejak 2 hari lalu. Inilah era yang penuh tantangan, penuh persaingan, dan tentu saja penuh dengan harapan dan kesempatan. Indonesia, sebagai negara terluas, terbesar di ASEAN, adalah pemain paling penting di kawasan Asia Tenggara.

Sebelum melangkah jauh, ada baiknya kita menengok ke belakang dan mengenal para pendirinya.

1. Adam Malik

Adam Malik merupakan salah satu tokoh pendiri ASEAN yang saat itu menjabat sebagai menteri luar negeri Republik Indonesia. Negarawan kelahiran Pematang Siantar (Sumatera Utara), 22 Juli 1917 pernah menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia pada masa orde baru yang saat itu presidennya adalah Soeharto. Beliau dikenal sebagai orang yang cerdas dan memiliki hobi baca buku.

2. Tun Abdul Razak

Tun Abdul Razak merupakan menteri luar negeri Malaysia (saat itu) yang menjadi salah satu tokoh pendiri organisasi internasional ASEAN. Negarawan Malaysia yang lahir pada 11 Maret 1922 ini dikenal cerdas, sejarah mencatat bahwa beliau pernah mengenyam pendidikan diluar Malaysia yaitu di Inggris. Karena jasanya kepada negara Malaysia, beliau diberi gelar Bapak Pembangunan Malaysia.

3. Thanat Khoman

Tokon pendiri ASEAN yang tidak kalah peranannya adalah Thanat Khoman yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Thailand. Negarawan yang dikenal cerdas ini merupakan sedikit dari orang Thailand yang bergelar doktor dari universitas ternama di Prancis. Nama beliau sangat harus dimata masyarakat Thailand, dan puncak karir politiknya adalah Wakil Perdana Menteri Thailand.

4. Narciso Ramos

Narciso Ramos merupakan salah satu pendiri ASEAN yang saat itu merupakan menteri luar negeri negara Filipina. Masyarakat Filipina mengenalnya sebagai tokoh yang karismatik, beliau pernah menjabat sebagai diplomat, politikus, pengacara dan juga wartawan. Perlu kalian ketahui semuanya bahwa Narciso Ramos merupakan orang pertama yang memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

5. S. Rajaratnam

Tokoh pendiri ASEAN lainnya yang peranannya begitu besar adalah S. Rajaratnam yang merupakan perwakilan Singapura yang saat itu adalah menteri luar negeri negara Singapura. Negarawan Singapura kelahiran Sri Lanka ini dikenal sebagai politikus hebat Singapura dimana puncak karir politiknya adalah wakil Perdana Menteri Singapura yang pernah dijabatnya selama lima tahun (1980 - 1985).

Selamat menyambut MEA !
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Raih Predikat Terbaik se-Asia, Mahasiswa UI Harumkan Indonesia Lewat Ini
Raih Predikat Terbaik se-Asia, Mahasiswa UI Harumkan Indonesia Lewat Ini
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan menjadi yang terbaik se-Asia pada lomba mobil hemat bahan bakar di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia, 3-6 Maret 2016 di Manila, Filipina.
Taman Digital Baru, di Mukomuko
Taman Digital Baru, di Mukomuko
Menyediakan ruang terbuka taman untuk masyarakat, tampaknya menjadi sesuatu yang populer saat ini bagi para pemimpin daerah. Selain bermanfaat untuk memberikan tempat rekreasi gratis, taman juga dapat menjadi lokasi bertemunya masyarakat. Sebagai pelengkap, taman tersebut juga bisa dilengkapi dengan koneksi internet agar menjadi taman digital. Terkait upaya tersebut, kabar gembira
Trapobana Tanah Misterius di Timur, Perdebatan Para Penjelajah Dunia
Trapobana Tanah Misterius di Timur, Perdebatan Para Penjelajah Dunia
Bangsa Eropa melakukan eksplorasi besar-besaran pada abad ke-15 yang kemudian di kenasl sebagai Abad Penemuan (Age of Discovery). Ketika itu banyak penjelajah Eropa yang berlomba-lomba untuk menemukan dunia yang baru. Dunia baru artinya wilayah baru dan kekayaan baru. Hanya saja saat itu peta sangat minim dan sering terjadi perdebatan tentang
Otak-Atik Algoritma Matematika Hasilkan Desain Batik Skala Internasional
Otak-Atik Algoritma Matematika Hasilkan Desain Batik Skala Internasional
Akhir 2006 lalu, tiga orang asal ITB berkumpul, mereka adalah Nancy,Muhammad Lukman dan Yun Hariadi. Tak disangka dari hasil pertemuan tersebut menghasilkan suatu karya yang dapat tembus hingga pasar Internasional.
Pengguna Ponsel di Indonesia Mulai Giat Berbelanja Secara Digital
Pengguna Ponsel di Indonesia Mulai Giat Berbelanja Secara Digital
Potensi e-commerce Indonesia yang pada tahun 2016 diperkirakan akan mencapai 13 miliar dolar Amerika menarik berbagai investor baik lokal maupun internasional untuk membangun media jual beli online. Data terbaru juga menunjukkan bahwa ternyata pengguna telepon pintar di Indonesia telah banyak menggunakan perangkatnya untuk jual beli. Berdasarkan data yang dirilis MasterCard dalam Mobile
Aplikasi Pencari Kerja Bagi Difabel dari Yogyakarta
Aplikasi Pencari Kerja Bagi Difabel dari Yogyakarta
Perhatian terhadap para penyandang disbilitas dikalangan anak muda tampaknya semakin meningkat. Setelah sebelumnya terdapat kafe berkonsep Tunarungu yang ada di Pamulang, kini muncul juga sebuah aplikasi ponsel khusus yang ditujukan untuk para penyandang disabilitas. Aplikasi tersebut bernama Kerjabilitas. Aplikasi yang dibuat oleh Rubby Emir tersebut merupakan aplikasi yang menjadi media penghubung