Sepenggal Krypton di Ujung Lombok

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

by Akhyari Hananto

Lombok memang tak setenar Bali di bidang pariwisata. Namun justru karena itulah, berwisata di Lombok sering menjadi pilihan, apalagi di masa libur panjang seperti sekarang ini, karena relatif lebih lengang, dan jalan menuju tempat-tempat wisata tidak macet. Kedekatan geografis dengan Bali, juga membuat Lombok makin hari makin dikenal, dan sering mendapatkan “tumpahan” turis yang merasakan Bali yang sangat padat. Dengan adanya Lombok yang mudah dijangkau dari Bali, ada banyak keuntungan, selain ‘beban’ Bali berkurang (meski sesaat), turis yang datang ke Bali juga punya pilihan lain di luar Bali, yang menawarkan sesuatu yang berbeda.

Sewaktu saya mendarat di Bandara Internasional Lombok beberapa waktu lalu, saya melihat sebuah poster bergambar Pantai Semeti, yang juga tertulis “pantai Krypton”. Krypton adalah nama planet fiktif tempat Superman dilahirkan. Batu dari planet tersebut datang bersamaan dengan Kal-el (nama asli Superman) waktu datang ke bumi dan merupakan sisa dari planet Krypton yang meledak akibat perebutan kekuasaan bangsa Kryptonian. Batu Krypton yang berwarna hijau yang bisa membuat Superman merintih kesakitan hingga bisa membuatnya mati.

Planet Krypton (foto : superman.wikia.com)

Nah. Pantai Semeti Kabupaten Lombok, Tengah, Pulau Lombok (NTB). Inilah satu dari atraksi wisata yang luar biasa di pulau yang kira-kira 6x lebih luas dari Singapura ini. Di pantai ini, kita bisa menemukan batu-batuan yang pipih panjang, terjal dan menjulang tinggi dalam jumlah yang banyak membuat tempat ini dijuluki sesuai dengan  planet asal sang superhero.

Pantai Semeti (foto : wisatalombok.com)

Untuk menuju ke Pantai Semeti Lombok, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari jantung kota Mataram.  Memang perlu perjuangan ekstra untuk menemukan pantai eksotis ini, namun sesampainya di Semeti, perjuangan tersebut sangat sepadan.

Tersembunyi di balik jejeran perbukitan menghijau daerah Selong Belanak yang indah, pantai berpasir putih yang sama seperti Pantai Kuta Lombok, ini cukup berbeda dengan pantai lainnya di Pulau Lombok diantaranya adalah bebatuan karang dan birunya air laut yang..seolah kontras.

Pantai Semeti (foto: Jose Hamra)

Bebatuan berbentuk unik ini membuat kita ingin selalu berlama-lama. Selain keindahannya, melihat binatang-binatang laut yang tersesat di antara bebatuan tersebut adalah keunikan tersendiri.  Inilah akuarium alam yang dipenuhi oleh terumbu-terumbu karang dengan ikan-ikan kecil yang selalu menemaninya, dan senantiasa terhempas buih-buih ombak lautan.  Ketika ombak menjauh, terlihatlah hewan-hewan laut beraneka ragam.

Jika ke Lombok, sempatkan ke sini. Unik !

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ