Pariwisata Indonesia yang sedang naik daun di dunia internasional membuat banyak wisatawan mancanegara datang ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Potensi pendapatan dan peningkatan kualitas perekonomian lokasi-lokasi wisata tentu saja menjadi meningkat. Namun meski mendapat banyak keuntungan, lokasi-lokasi pariwisata tersebut harus tetap mampu untuk dijaga kelestariannya. Transplantasi Terumbu Karang. Salah satu program yang dilakukan Yayasan Karang Lestari. (Foto: Bali Dive Academy)

Terkait pelestarian dan upaya meningkatkan kualitas pariwisata tersebut, tiga projek pariwisata dari Indonesia masuk dalam nominasi penghargaan United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Exellence and Innovation Tourism yang ke-12. Ajang penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan di sektor wisata di seluruh dunia dengan melihat dampaknya terhadap pemerintahan serta masyarakat lokal.

Projek pertama yang masuk dalam nominasi adalah Inovasi pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk ketersediaan informasi kepariwisataan, projek ini masuk dalam kategori UNWTO Award in Innovation in Public Policy and Governance.

Upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memanfaatkan teknologi informasi memang terlihat begitu serius ketika menyampaikan berbagai informasi melalui situs resminya. Hal ini terlihat dari begitu lengkapnya informasi tentang pariwisata Banyuwangi yang ada di situs mereka.

Mulai dari deskripsi tentang destinasi wisata, seni, budaya, dan kekayaan lainnya yang dimiliki Banyuwangi tersaji dalam bentuk tulisan, foto, maupun video. Termasuk sebuah program inovatif baru yang memampukan para pengunjung situs untuk melakukan turvirtual di Pendopo Banyuwangi yang diberi nama "Banyuwangi 360".

Dalam kategori ini Banyuwangi harus bersaing dengan perwakilan dari Tiga negara lainnya yaitu Kolombia, Kenya, dan Puerto Rico.

Kemudian dalam kategori Innovation in Enterprises, Garuda Indonesia mendapat nominasi berkat programnya yang bernama Bali Beach Clean Up. Progam ini merupakan bentuk kepedulian Garuda Indonesia terhadap kebersihan pantai-pantai di Bali.

Upaya yang dilakukan Garuda Indonesia untuk membantu pembersihan pantai adalah dengan menyumbangkan dua unit mesin pembersih pantai Barber Surf Rake yang mampu menyapu berbagai jenis sampah dari atas pasir dengan instan. Kedua unit mesin itu dioperasikan untuk membersihkan garis pantai sejauh 9,6 km terhitung dari pantai Kuta, Seminyak, Jimbaran, Legian, hingga Kedonganan.

Nominasi terakhir yang didapatkan Indonesia dalam penghagraan UNWTO tersebut adalah dalam kategori Innovation in Non-Governmental Organizations yang diwakili oleh Yayasan Karang Lestari dengan program Coral Reef Reborn. Sebuah program yang mengupayakan pelestarian kembali karang-karang yang rusak dan memperbaiki ekosistem laut di beberapa perairan Indonesia.

Pengumuman pemenang UNWTO Awards yang ke-12 akan diselenggarakan pada 20 Januari 2016 mendatang di Madrid, Spanyol, bersamaan dengan pelaksanaan Madrid International Tourism Trade Fair.

UNWTO merupakan organisasi pariwisata dunia yang menjadi bagian dari PBB. Organisasi ini bertugas untuk mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan yang inklusif dan kelestarian lingkungan di berbagai wilayah di dunia. UNWTO juga menjadi agen dalam melakukan riset-riset terkait kepariwisataan dan kemajuan pengetahuan tentang kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

Saat ini anggota UNWTO telah terdiri dari 157 negara, dengan 6 anggota asosiasi serta lebih dari 480 anggota afiliasi yang berasal dari berbagai pihak seperti sektor swasta, lembaga pendidikan, asosiasi pariwisata dan otoritas pariwisata setempat.

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
 Indonesia adalah rumah bagi beberapa tempat menyelam terbaik di dunia. Dengan perairan yang berkilau, suhu yang hangat, kehidupan laut yang bervariasi, para penyelam dari penjuru
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Pesona Pulau Rumberpon serpihan Syurga di Papua Barat.
Berbicara parawisata Papua memang tak akan pernah ada habisnya, Papua benar seperti kata orang-orang: Surga kecil yang jatuh ke Bumi.Jika Raja Ampat merupakan salah
Perlu waktu 4 tahun, pelabuhan atas laut ini selesai juga
Perlu waktu 4 tahun, pelabuhan atas laut ini selesai juga
Pengembangan fisik pelabuhan di atas laut bernama Pelabuhan Kalibaru, atau New Priok Container Terminal 1 di Jakarta Utara sudah rampung 100%.New Priok Container Terminal
Kapal Pesiar Bakal Mudah Bersandar di Indonesia
Kapal Pesiar Bakal Mudah Bersandar di Indonesia
Berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan perizinan kapal pesiar yang ingin melakukan kunjungan
Dua Perusahaan Negara Bersinergi Wujudkan BUMN yang Unggul
Dua Perusahaan Negara Bersinergi Wujudkan BUMN yang Unggul
Dunia teknologi informasi memungkinkan perusahaan melakukan optimalisasi keunggulan. Sebab teknologi tersebut tidak hanya untuk manajemen tetapi juga dapat digunakan sebagai strategi perusahaan kedepan. Paham
Ini Dia 14 Perusahaan Digital Yang Wakili Indonesia Dalam Ajang CeBIT 2016 di Jerman
Ini Dia 14 Perusahaan Digital Yang Wakili Indonesia Dalam Ajang CeBIT 2016 di Jerman
Perusahaan digital asal Indonesia mulai mendapatkan tempat untuk tampil di muka internasional. Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, kali ini 14 perusahaan digital anak bangsa