Satu-satunya di Indonesia, Museum Kerang dari Pulau Dewata

Written by Asrari Puadi Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang pesona keindahan Bali, mulai dari keindahan pantainya, budaya dan tradisi serta banyak lagi.  Tetapi sudahkah kamu tahu kalau Bali juga punya museum kerang pertama dan satu-satunya di Indonesia?

Museum yang terletak di kawasan Kuta ini menyimpan banyak kejutan yang tidak bisa kita temukan di tempat lain. Bali Shell Museum didirikan oleh seorang kolektor kerang. Pada awalnya, sang pemilik restoran pernah tertegun ketika menemukan cangkang kerang di Pantai Nusa Dua. Ketertarikan tersebut membuatnya terus mempelajari dan mengumpulkan aneka kerang dan fosil laut selama 25 tahun. Hingga akhirnya di tahun 2009, ia memutuskan untuk mendirikan museum kerang di Bali.

Menurut sang pemilik Bali Shell Museum, Indonesia adalah negeri dengan potensi laut yang sangat kaya. Sehingga hal ini membuat Indonesia patut memiliki museum untuk memperkenalkan kekayaan lautnya, terutama aneka jenis molusca (keluarga kerang-kerangan).

Gedung berlantai 3 yang ditempati Bali Shell Museum memiliki lebih dari 10.000 spesies kerang dan fosil laut. Seluruh koleksinya ditata secara menarik dan rapi untuk memikat para pengunjung. Fosil-fosil binatang laut yang berada di museum tersebut ternyata bukan hanya berasal dari laut saja. Melainkan juga banyak berasal dari daerah pegunungan, gurun, dan perbukitan.

Aneka fosil menarik yang dipamerkan di Bali Shell Museum kebanyakan berasal dari spesies hewan laut yang sudah punah selama beberapa puluh juta tahun yang lalu. Di samping itu, aneka benda etnik berbahan dasar kerang yang berasal dari seluruh penjuru nusantara juga menjadi koleksi museum yang tak kalah menarik untuk diamati.*

(inddit.com)

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ