Keren, Kini Hewan Punya Kapal Khusus

Written by Asrari Puadi Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
2 replies

Tak hanya manusia, kini hewan pun bisa berkapal mengelilingi Nusantara dengan aman dan nyaman sesuai standar animal welfare.

Camara Nusantara I, Kapal motor dengan daya angkut 500 sapi dan kerbau itu baru saja diresmikan Presiden Jokowi di galangan kapal PT Adi Luhung, Desa Ujung Piring, Kecamatan Kota, Pada november silam.

KM Camara Nusantara I yang diproduksi pada tahun 2014 – 2015 itu menggunakan dua mesin berkekuatan masing – masing 1100 host power (HP) yang akan membawanya menjelajah ke pulau – pulau terjauh di nusantara dengan kecepatan maksimal hingga mencapai 13 knot.

Presiden Jokowi menyatakan, pengiriman sapi dan kerbau dari NTT ke Jakarta kini tidak lagi menggunakan truk yang dinaikkan kapal. “Setiba di Jakarta, sapi lemas karena selama perjalanan tidak terawat dan diperlakukan dengan baik,” katanya seperti dikutip dari laman Tribunnews.

“Kekalahan kita dengan Australia selalu pada angkutan. Sapi Australia masuk ke Jakarta dengan harga kompetitif karena biaya transportasinya sangat murah,” ungkap Jokowi.

Ke depan, lanjutnya, Indonesia akan kembali membuat kapal khusus hewan ternak lainnya. Dengan harapan, arus barang dan ternak dari pulau – pulau terjauh bisa dipasarkan di kota – kota besar.*

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ