KAI Luncurkan “Kereta Kesehatan” Pertama di Indonesia

Written by Asrari Puadi Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Sabtu (12/12) bertempat di Stasiun Pasar Senen, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro secara resmi meluncurkan Rail Clinic. Kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia tersebut mendapat piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diserahkan secara langsung oleh Pendiri MURI, Jaya Suprana. Dengan memanfaatkan jalur KA, keberadaan Rail Clinic tersebut sebagai salah satu program CSR KAI untuk membantu masyarakat, khususnya yang berada di daerah terpencil sehingga sulit dilalui kendaraan bermotor.

“Dengan adanya Rail Clinic ini, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah-daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PT KAI sebagai organisasi perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat,” ujar Edi Sukmoro.

Selain itu, kereta tersebut juga sebagai pelayanan bagi para pegawai dan dapat digunakan bersama kereta penolong untuk memberikan bantuan ketika terjadi situasi gawat darurat. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut menjaga kereta api pada umumnya dan Rail Clinic khususnya, sebagai fasilitas publik milik negara yang juga milik masyarakat.

Untuk kemudahan dalam operasinya, armada Rail Clinic tidak menggunakan lokomotif, namun lebih mengandalkan tenaga kereta rel diesel (KRD). Sebagai alat transportasi kesehatan, Rail Clinic ini juga dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan.

Rangkaian Rail Clinic yang terdiri atas dua unit kereta ini memiliki fasilitas ruang monitoring dokter, ruang emergency, pemulihan, pemeriksaan gigi, laboratorium, ibu hamil, menyusui, bersalin, pemeriksaan umum dan  edukasi,  serta  pelayanan farmasi.*

(108jakarta.com)

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ