Jembatan Terpanjang di Kalimantan yang Menghebohkan Sosial Media

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
3 replies

Jembatan Tayan di Kalimantan Barat telah diuji beban beberapa waktu lalu. Jika hasil ujinya sudah keluar, jembatan tersebut siap digunakan dan peresmiannya direncanakan pada Januari 2016.

Di sosial media banyak masyarakat yang mengupload foto-foto keindahan Jembatan Tayan yang bisa menjadi daya tarik destinasi wisata. Indahnya..

Jembatan Tayan adalah sebuah jembatan yang akan melintang di atas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Jembatan ini akan menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Jika proyek tersebut selesai, jembatan itu menjadi yang terpanjang di Kalimantan dan nomor dua di Indonesia setelah Suramadu di Jawa Timur. Konstruksi proyek pembangunan jembatan itu diperkirakan memakan waktu hingga 900 hari. Saat ini, penyeberangan kendaraan antara Tayan menuju Piasak dan sebaliknya, dilayani oleh dua kapal feri berukuran kecil yang dioperasikan oleh PT ASDP. Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.440 meter. Sementara lebar jembatan adalah tiga jalur kendaraan atau sekitar 11 meter. Tinggi jembatan dari muka air Sungai Kapuas saat banjir tertinggi 13 meter.

Konstruksi jembatan tersebut terbagi dalam dua bentangan yang menghubungkan Kota Tayan dengan Desa Piasak. Bentangan pertama jembatan dari arah Kota Tayan menuju Pulau Tayan. Sedangkan bentangan kedua adalah jembatan dari arah Pulau Tayan menuju Desa Piasak. Bentangan pertama yang menghubungkan Kota Tayan dengan Pulau Tayan memiliki panjang sekitar 300 meter. Sedangkan bentangan kedua yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Piasak memiliki panjang sekitar 1.140 meter.

Tribunnews

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ