Di Sukabumi, Ada Panti Pertama untuk ODHA

Written by Asrari Puadi Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

 

Susah kiranya menemukan tempat khusus untuk para ODHA saling mengenal dan belajar berbagai hal, apalagi ditengah stigma negatif masyarakat terhadap ODHA yang hingga kini masih saja terjadi.

Kini hal diatas tidak lagi susah, Kementerian Sosial RI lewat Subditjen Pelayanan Sosial ODHA dan Kelompok Minoritas telah membangun suatu panti khusus untuk ODHA Bernama “Rumah Perlindungan Sosial ODHA” di daerah Sukabumi, di tempat ini para ODHA mendapatkan bimbingan dari para ahli di bidang sosial, psikologi dan keahlian khusus seperti menjahit, sablon, bertani, dll. Sesekali juga ODHA diajak untuk piknik ke tempat wisata terdekat untuk merekatkan kekeluargaan dan melatih kerjasama tim.

Untuk menuju lokasi pun tidaklah susah cukup menggunakan kereta listrik dari arah Jakarta menuju Bogor, kemudian lanjut dari Stasiun Bogor menggunakan kereta kembali kearah stasiun Cibadak Sukabumi, selanjutnya tidak terlalu jauh cukup dengan menggunakan angkutan umum kita akan sampai ke RPS ODHA Sukabumi.

RPS ODHA Sukabumi tiap tahunnya membuka dua angkatan, dengan masing-masing angkatan mendapat kesempatan belajar dan menjadi penghuni selama enam bulan. Diakhir periode angkatan, ODHA yang menjadi penghuni RPS ODHA diberikan pelatihan tentang kewirausahaan kreatif yang selanjutnya dibimbing dan diberikan modal usaha pada akhir periode bimbingan, dengan harapan ODHA dapat membangun wirausaha mandiri di daerah asalnya.

Selain untuk para ODHA, RPS ODHA Sukabumi juga membuka kerjasama dari berbagai pihak untuk bersama-sama memberikan pelatihan dan kegiatan lain yang mendukung keterampilan para ODHA agar terus produktif dan bersemangat dalam menjalani hidup.

Info lebih lanjut dapat menghubungi : (0266) 537033

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ