4 Pelabuhan Skala Internasional Baru akan di Bangun di Indonesia Timur

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Pengembangan bidang kemaritiman Indonesia yang terus didorong menuntut adanya infrastruktur yang memadai seperti pelabuhan-pelabuhan baru. Tidak hanya untuk kebutuhan eksplorasi hasil laut namun juga untuk tujuan pariwisata. Oleh karena itu upaya pembangunan akan dilakukan di empat kota di wilayah Indonesia tengah dan timur berupa pelabuhan berskala Internasional.

Pelabuhan berskala internasional tersebut akan dibangun pada posisi yang strategis. Pembangunan tersebut digagas Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bidang Kelautan dan Perikanan bersama Komite Pembangunan Tiongkok.

pelabuhan

Empat kota yang mendapat prioritas untuk menjadi lokasi pembangunan pelabuhan, adalah Sorong (Papua Barat), Bitung (Sulawesi Utara), Kendari (Sulawesi Tenggara), dan Morowali (Sulawesi Tengah). Pembangunan tersebut murni dilakukan antara pelaku usaha Indonesia dan Tiongkok (business to business).

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, pembangunan pelabuhan dan dermaga yang akan dilakukan tersebut, adalah bagian dari komitmen KADIN untuk bersinergi dengan program Pemerintah yang saat ini fokus membangun Indonesia menjadi negara maritim yang kuat.

“Kita ingin terlibat dan menjadi bagian dari pembangunan poros maritim yang sekarang sedang dijalankan Presiden Jokowi. Karenanya, kita mengajak pengusaha Tiongkok untuk mewujudkan pembangunan pelabuhan,” ucap Yugi.

Terkait alasan mengapa memilih kota-kota tersebut, Yogi mengungkapkan, bahwa saat ini pelabuhan yang ada di kota-kota tersebut kondisinya relatif masih kecil dan belum dikembangkan untuk aktifitas skala besar. Sementara, kalau memilih membangun pelabuhan yang ada di Pulau Jawa atau Sumatera, kondisinya akan lebih sulit karena sudah terbangun dengan baik.
“Bukan berarti di Indonesia Timur dan Tengah belum terbangun dengan baik ya, saat ini dermaga dan pelabuhan yang ada sudah baik. Tetapi, memang potensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan skalanya jauh lebih besar di Indonesia timur dan tengah,” tutur Yugi.
Untuk rencana awal, KADIN merencanakan pelabuhan yang akan dibangun di Bitung sebagai pelabuhan berskala paling besar dibandingkan dengan tiga kota lain yang juga akan dibangun pelabuhannya. Selanjutnya, pelabuhan tersebut ditargetkan menjadi hub utama di Indonesia Timur menuju Tiongkok dan sekitarnya.

mongabay.co.id

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ