Bayi Naga Smaug ada di Indonesia?!

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Anda pernah menonton film The Hobbit? Bila pernah Anda pasti mengetahui tentang perjalanan seorang manusia kerdil (Hobit) yang memutuskan untuk keluar dari kampung halamannya dan berpetualang ke tanah Middle Earth yang ganas dan misterius. Hobit ini kemudian mendapat misi untuk mengambil sebuah permata dari sebuah naga besar yang tertidur disebuah istana. Lalu, apa hubungannya The Hobbit dengan Indonesia?

Naga

Indonesia, ternyata bukan hanya memiliki hobit namun ternyata di Indonesia juga ada bayi Naga Smaug! Pasti Anda tidak akan percaya kalau Smaug, si naga jahat di trilogi The Hobbit itu benar-benar memiliki bayi di dunia nyata.

Naga ini bernama Agni, spesies naga baru yang “ditemukan” di sebuah hutan di Indonesia. Para peneliti memberinya nama berdasarkan nama sansekerta yang berarti “Api” karena warna merah pada sayapnya.

Baby-Smaug

Sayangnya, kabar penemuan itu adalah kabar tipuan. Sebab sebenarnya hewan ini bukan benar-benar sebuah naga, namun seekor kadal terbang yang memiliki nama ilmiah Draco Volans. Seperti dikutip dari wikipedia, ternyata spesies ini sudah ditemukan sejak 1758. “Naga” ini dapat ditemui di hutan-hutan tropis di Asia Tenggara. Terutama banyak ditemukan di Malaysia, Indonesia, India Selatan, dan Philipina. Di Indonesia sendiri kebanyakan hidup di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Ukuran dewasanya bisa mencapai sekitar 23-40 sentimeter dan memakan rayap dan semut. Smaug kecil ini menggunakan sayapnya untuk hinggap dari pohon satu ke pohon lainnya dan yang terpenting dia tidak bisa menyemburkan api jadi tidak perlu khawatir untuk mendekatinya. Bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

flying-tiny-dragon-lizard-2

Hewan ini menjadi heboh di dunia internet beberapa waktu lalu akibat sebuah situs menyebutkan “Telah ditemukan naga di Indonesia,” bahkan beberapa menyebutnya sebagai bayi Naga Smaug.

Betapapun hebohnya hewan ini, satu hal yang pasti adalah Indonesia ternyata memang memiliki banyak keanekaragaman fauna yang unik. Sudah sepatutnya kita bangga akan hal ini.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ