Wakatobi Siap Gelar Festival Bahari Terbesar yang pernah Ada di Indonesia

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak sekali lokasi-lokasi wisata bawah laut. Beberapa diantaranya bahkan sudah dikenal secara internasional, salah satunya adalah Wakatobi. Sebuah destinasi bawah laut yang terletak di tenggara pulau Sulawesi.

Wakatobi yang saat ini telah resmi menginjak usia 12 tahun pada bulan Desember mendatang mulai berbenah diri dan menunjukkan diri sebagai salah satu destinasi wisata bawah laut favorit di Indonesia. Pemerintah Kabupaten Wakatobi bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia menggelar Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (Wakatobi Wave) 2015 pada tanggal 22, 26, 27 dan 28 November 2015.

Wakatobi

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, bahwa acara tersebut ditujukan untuk meningkatkan kunjungan ke Wakatobi.

“Penyelenggaraan event ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kunjungan wisawatan ke Kabupaten Wakatobi, yang sudah dikenal sebagai surga bawah laut Indonesia dan termasuk dalam segitiga karang dunia,” ujar Arief Yahya.

“Kami menargetkan paling tidak sebanyak 12 juta wisatawan bisa datang ke Wakatobi pada 2015 ini,” tambah Menteri Arief.

Ia juga menjelaskan bahwa Wakatobi kini memang telah mendunia. Pasalnya, Wakatobi terkenal sebagai pusat segitiga karang dunia. Dengan 750 dari 850 spesies terumbu karang dunia ada di Wakatobi.

“Terumbu karang Indonesia, 90 persennya ada di Wakatobi,” jelasnya.

Selain meningkatkan kunjungan wisata, festival ini juga ditujukan untuk menggerakkan dan memajukan perekonomian masyarakat setempat. Nadar selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi juga menambahkan, untuk upaya tersebut tentu saja membutuhkan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat setempat dan pemerintah agar ekonomi kreatif meningkat.

“Dengan adanya acara ini secara otomatis ikut meningkatkan ekonomi kreatif dan mendorong masyarakat setempat untuk turut andil mengembangkan industri pariwisata di Wakatobi,” ujar Nadar.

Sementara itu, Bupati Wakatobi, Hugua, mengklaim bahwa Wakatobi Wave adalah festival budaya bahari terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Acara ini akan diisi dengan prosesi Akbar Kariaa Wakatobi yang meliputi Lengko, Kandadio, Kansoda’a, Tari Kolosal, dan Liwo Raksasa “Pesona Wakatobi Indonesia.”

Selain itu, ada pula beberapa lomba yang ditawarkan, yakni Lomba Foto Pesona Budaya dan Alam Pesisir Wakatobi, balapan Bodi Batang (perahu bermotor), parade perahu hias, hingga triathlon. Namun triathlon ini cukup unik karena pesertanya akan berkompetisi di tengah laut.

“Jadi nanti mereka akan berenang lalu memanjat tiang seperti panjat pinang dengan hadiah yang sudah disiapkan di atasnya. Tapi uniknya mereka akan memanjat itu di tengah laut,” terang Hugua.

liputan6.com

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ